Logo Eventkampus

Inilah Beberapa Makanan dan Minuman Yang Dapat Menyebabkan Asam Urat

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Inilah Beberapa Makanan dan Minuman Yang Dapat Menyebabkan Asam Urat

Taukah kamu apa itu asam urat. Asam urat adalah kondisi yang terjadi ketika adanya tumpukan kristal di area persendian yang menyebabkannya meradang.

Penting untuk dipahami lebih dulu bahwa tubuh seseorang bisa membuat asam urat setelah memecah zat purin yang ditemukan dalam beberapa jenis makanan, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat menimbulkan asam urat apabila kita mengonsumsinya terlalu banyak. Apa sajakah makanan dan minuman itu, berikut makanan dan minuman penyebab asam urat.

1. Alkohol

Mengonsumsi alkohol bagi penderita asam urat sangatlah tidak disarankan. Alkohol dapat membuat semakin parah gejala yang akan dirasakan.

Mengonsumsi alkohol pun bisa meningkatkan risiko kesehatan lain seperti sakit jantung. Disarankan untuk minum banyak air putih saat gejala dirasakan maupun untuk mencegah kondisi ini terjadi lagi dikemudian hari.

2. Minuman Manis

Minuman-minuman dengan fruktosa tinggi tidak disarankan karena justru asupan pemanis ini bisa membuat kadar asam urat melonjak. Sebaiknya hindari asupannya yang terlalu berlebihan dari segi frekuensi dan jumlah.

3. Bayam

Ternyata bayam juga bisa menjadi penyebab asam urat. Walaupun kandungan vitamin dan seratnya cukup tinggi, mengonsumsi bayam kurang disarankan bagi penderita asam urat.

4. Daging Merah

Walau kandungan protein hewaninya baik bagi tubuh, tapi kandungan purin dalam berbagai jenis daging ini cukup tinggi. Mulai lebih banyak mengonsumsi sayuran rendah purin bisa menjadi pilihan.

5. Kalkun

Unggas seperti kalkun dan angsa merupakan sumber pangan hewani lain yang memiliki kandungan purin tinggi. Karna kandungan purinnya tinggi sebaiknya mengonsumsinya tidak berlebihan.

6. Kerang

Tak hanya kurang ramah bagi seseorang yang mengalami alergi, konsumsi kerang juga tidak disarankan untuk penderita asam urat karena kandungan purinnya yang terbilang tinggi.

7. Asparagus

Asparagus yang ternyata memiliki kandungan purin yang lebih tinggi dibandingkan sayuran jenis lainnya. Jadi sebaiknya kurangi konsumsi sayuran ini.

Itulah makan dan minuman yang dapat menyebabkan asam urat jika mengonsumsi terlalu banyak, sebaiknya konsumsi lah secukupnya saja.

Semoga Bermanfaat :)

Penulis

foto Yoga
Yoga
KARANGANG BANGUN, MATESIH

Artikel Terkait

Tak Hanya Gunakan Medsos, Ini Tips Kembangkan Bisnis Kecil Era Daring
27 Desember 2019
10 Tips Cantik Alami Ini Layak Kamu Coba, Demi Wajah yang Makin Memesona!
30 Desember 2019
Cara Membuat Es Pisang Ijo
28 Januari 2020
Cara Membersihkan Sensor Kamera yang Aman dan Benar
18 Februari 2020
Cara Membuat Diri Agar Disiplin Dan Komitmen
25 Februari 2020
Banyak tugas di kantor, cepat membuat Anda menjadi stres... Mau tau apa sih cara menghilangkan stress karena banyak tugas di kantor? Oke berikut ini ada beberapa cara menghilangkan stress..
03 Maret 2020

Komentar