Percaya Diri

access_time | label Lainnya
Percaya Diri

Percaya Diri ...


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, percaya diri adalah keyakinan akan kemampuan atau kelebihan seseorang atau sesuatu (bahwa akan bisa memenuhi harapannya, dsb).
Mungkin terkesan absurd, tapi rasa percaya diri memang dibutuhkan banyak orang dalam kehidupan sehari-hari.
Tapi, bagaimana jika kita tidak percaya diri alias nggak pede?
Mungkin, Anda bisa ikuti kiat-kiat berikut. Sederhana, tapi sangat bermanfaat untuk Anda.


Banyak Bergerak
Gerakkan tubuh Anda. Gunakan tangga ketimbang lift, meski kantor Anda terletak di lantai 9. Berjalan-jalanlah di taman, atau bersepeda hingga berkeringat, untuk melatih otak dan paru-paru Anda. Juga penting guna meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh, disamping mengurangi kemarahan dan rasa frustasi.


Perhatikan Penampilan
Pada saat perjumpaan pertama, orang akan memperhatikan busana yang kita pakai. Apa pun yang Anda kenakan, fakta membuktikan, pakaian merefleksikan selera, nilai estetika dan style Anda. Jika busana yang Anda kenakan tidak pantas, kolega Anda mungkin akan mempertimbangkan kemampuan Anda sebagai seorang pemain yang penting.

Ada lima faktor penunjang sukses penampilan Anda :

- Tak perduli apakah Anda mengenakan busana dari perancang terkenal atau tidak, yang terpenting adalah pantas dan layak pakai.
- Dry clean atau mesin cuci bisa merusak baju Anda. Pastikan pakaian Anda bersih, tanpa kerutan, benang yang menjulur atau kancing yang copot.
- Setiap orang akan memperhatikan sepatu. Oleh karena itu, jagalah sepatu agar tetap bersih, bersinar dan ter-reparasi dengan baik.
- Senyumlah. Pepatah mengatakan, senyum bisa menghangatkan suasana dan membuat diri kita lebih baik.
- Enerjik. Biasanya orang sangat suka jika melihat kita berenerji dan selalu bersemangat setiap hari.


Tarik nafas panjang
Jika Anda merasa depresi menghadapi situasi yang tidak menguntungkan, tugas bertumpuk, dan sebagainya, carilah tempat untuk menenangkan diri. Tarik nafas panjang berkali-kali. Ada baiknya Anda mempelajari tehnik pernafasan perut dan tarik nafas Anda lewat perut. Tehnik ini cukup baik untuk mengurangi tekanan dalam diri. Anda bisa mempraktekkan di mana pun Anda berada. Di elevator, kamar mandi, keramaian, atau pada saat Anda butuh sendiri untuk mencari ketenangan.


Disiplin
Jadilah orang yang disiplin dan tepat waktu. Jika Anda selalu berhasil memenuhi target yang ingin dicapai, maka hal itu akan menjadi efek yang sangat hebat atas kualitas pada pribadi dan hubungan profesional Anda.


Saling menerima dan saling memberi
Berikan apa yang Anda inginkan. Jika Anda ingin memperoleh rasa kooperatif dan respek, maka berilah sikap kooperatif dan respek. Jika Anda ingin sukses, maka bantulah orang lain untuk meraih sukses. Jika ingin lebih senang, ya, senangkan diri Anda dengan kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki.

Cobalah untuk terbuka pada diri sendiri. Hormati diri Anda saat menentukan pilihan antara ya dan tidak.

Mungkin Anda berfikir, kiat di atas kelihatannya sangat mudah. Tapi penerapannya, belum tentu semudah itu. Namun, satu hal yang harus Anda ketahui, bahwa ...

kebanyakan orang yang memiliki rasa percaya diri, biasanya menjalani hidup dengan mudah dan tak membiarkan hidupnya berlebihan...

 

Sumber: NN

Penulis

foto Endah Swaningrum
Endah Swaningrum
Universitas Lampung

Share

Komentar