Logo Eventkampus

Manfaat Buah Pepaya

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Manfaat Buah Pepaya

Buah ini kaya akan vitamin dan serat yang dapat melancarkan pencernaan, terutama jika dikonsumsi secara rutin. Manfaat pepaya terhadap pencernaan memang sudah diketahui oleh semua orang dan terbukti. Berikut beberapa manfaat pepaya untuk pencernaan yang dapat kamu rasakan.

Manfaat Pepaya bagi Sistem Pencernaan

Pepaya adalah salah satu buah yang sangat mudah untuk didapatkan, terutama di toko buah dan pasar. Buah ini terbilang murah, sehingga semua orang dapat mengonsumsinya secara rutin. Selain murah, manfaat pepaya juga sangat besar, terutama untuk sistem pencernaan.

Mengonsumsi buah ini juga dapat melancarkan buang air besar bagi seseorang yang mengalami kesulitan. Ternyata, manfaat pepaya untuk pencernaan didapatkan dari enzim-enzim yang terkandung di dalamnya. Enzim tersebut antara lain papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase.

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa manfaat dari pepaya untuk sistem pencernaan. Di antaranya:

  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat pepaya pertama yang dapat kamu rasakan adalah melancarkan pencernaan. Buah ini mengandung enzim papain yang paling tinggi ketika buah tersebut matang. Enzim tersebut dapat membantu mencerna protein yang masuk ke tubuh. Selain itu, buah ini merupakan sumber zat fermentasi yang baik untuk kesehatan.

  1. Mengatasi Sembelit

Seseorang mungkin saja mengalami gangguan pada pencernaan, seperti sembelit dan perut kembung. Ternyata, manfaat pepaya yang dapat kamu rasakan ketika mengonsumsinya secara rutin adalah mengatasi gangguan-gangguan tersebut. Selain itu, pepaya juga dapat mengatasi iritasi yang terjadi pada sistem pencernaan di tubuh

  1. Membunuh Parasit pada Usus

Ternyata, bukan hanya dagingnya saja yang dapat memberikan manfaat. Biji dari buah pepaya juga berguna untuk membunuh cacing usus dan parasit amuba pada tubuh. Kandungan karpain pada pepaya dapat membantu menyingkirkan parasit pada saluran pencernaan tersebut.

  1. Menyembuhkan Luka pada Lapisan Perut

Manfaat pepaya lainnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan adalah dapat menyembuhkan luka yang terjadi pada lapisan perut dan sistem pencernaan lainnya. Kandungan dari buah tersebut dapat membantu tubuh untuk melindungi sistem pencernaan. Maka dari itu, buah ini cocok untuk seseorang yang mengidap penyakit maag.

 

Penulis

foto Fajar
Fajar
Perkenalkan Nama: Fajar Agus Prasetyo Alamat: Dukuh Rt03/02 Jati Jaten Karanganyar Asal sekolah: SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar