Logo Eventkampus

15 Tanaman Hias Gantung yang Mudah Dirawat di Rumah

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
15 Tanaman Hias Gantung yang Mudah Dirawat di Rumah

15 Tanaman Hias Gantung yang Mudah Dirawat di Rumah

Berminat mempercantik rumah atau kos-kosanmu dengan tanaman hias gantung? Jenis tanaman ini akan menyulap pekarangan atau terasmu menjadi lebih asri dan artistik. Selain itu, cara perawatannya tidak sulit.

Kamu juga akan merasakan manfaat dari memelihara tanaman atau bunga hias gantung. Namun untuk memilihnya tak boleh sembarangan karena harus disesuaikan bangunan/lingkungan di sekitarnya. Pilihan teraman adalah merawat tanaman hias gantung yang tahan panas dan hujan.

Oleh sebab itu, mari kita kenali jenis-jenis tanaman hias gantung yang tahan panas dan hujan, apalagi faktor cuaca belakangan waktu ini yang tidak menentu. Setidaknya, ada 15 jenis tanaman gantung yang perlu kamu pertimbangkan.

Apa sih yang dimaksud sebagai tanaman gantung?

Sebelumnya, apakah kamu sudah tahu apa yang sebenarnya dimaksud sebagai tanaman hias gantung? Ya, tentu saja tumbuhan yang ditanam dengan cara digantung, kan? Secara teknis memang begitu.

Tapi yang harus kamu ketahui, tidak semua jenis tumbuhan dapat ditanam dengan cara seperti itu. Pemilihannya tidak boleh sembarangan dan disarankan supaya memahami ciri-cirinya.

Jadi, apa ciri-ciri tanaman hias gantung?

Coba perhatikan bentuk dan ukuran daunnya. Umumnya, jenis tanaman ini daunnya tidak terlalu besar dan cenderung kecil-kecil.

Jenis tanaman ini tumbuh merambat namun cukup jarang.

Walaupun pertumbuhannya lambat, daun-daunnya nampak rimbun karena menutupi pot atau wadahnya.

Rata-rata jenis tanaman ini mudah layu atau meranggas kalau terkena sinar matahari langsung karena yang dibutuhkan biasanya cuma sekitar 65 persen.

Nah, ciri yang terakhir itulah yang menjadi alasan kenapa kita akan membahas apa saja jenis tanaman gantung yang bakal bertahan di segala kondisi termasuk di tengah terik panas dan hujan.

Lalu, apa manfaat tanaman hias gantung?

Jenis tanaman gantung outdoor biasanya dipilih sebagai solusi untuk teras atau pekarangan yang sangat sempit. Cara merawatnya pun tidak susah terlebih lagi sudah banyak yang dijual lengkap dengan pot dan tali-tali gantungannya.

Tapi apa sih sebenarnya manfaat dari jenis tanaman ini? Kalau dari aspek eksterior, sudah sangat jelas bahwa tanaman-tanaman ini akan mempercantik rumahmu. Tidak sebatas itu, ada serangkaian manfaat terkait kesehatan tubuh kita yang antara lain:

  •  Mengurangi/meredakan stress
  • Memberantas bakteri.
  • Sebagai aroma terapi.
  • Sebagai ramuan penambah nafsu makanan/penyedap makanan.
  • Meredakan flu.

Wah, banyak juga ya manfaatnya? Nah, sekarang kita bahas satu persatu jenis tanaman atau bunga hias gantung tahan panas dan hujan yang sebaiknya kamu pertimbangkan untuk dirawat.

Jenis-jenis tanaman hias gantung tahan panas dan hujan

1. Bunga Petunia

Tumbuhan ini sangat bisa diandalkan jika kamu hendak menanam dan menggantungnya di spot yang sering tersengat terik matahari. Bentuk bunganya menyerupai terompet dengan warna-warna indah. Ada yang berwarna ungu tua, biru, kuning pucat, putih, dan merah.

Petunia sering difavoritkan sebagai tanaman gantung outdoor karena Petunia merupakan tanaman hias gantung tahan panas. Petunia dapat tumbuh di media apa saja asalkan subur dan mudah dialiri air. Kamu bisa memakai media campuran tanah, kompos sekam, atau sekam.

2. Wisteria

Wisteria adalah jenis tanaman hias dinding yang dikenal karena keindahan warna dan panjangnya. Tanaman ini tumbuh secara merambat dengan panjang bisa mencapai sekitar 30 meter. Tanaman dinding ini biasanya tumbuh di musim semi dan sangat dikenal di Jepang.

Tapi jangan khawatir karena keindahan bunga ini tetap bisa kamu nikmati di negara kita asalkan perawatannya tepat. Nah, ini juga cocok sebagai tanaman hias yang tahan panas karena kamu harus menempatkannya di posisi yang terkena sinar matahari selama sekitar 6 jam.

3. Zygocactus

Tumbuhan ini masih satu famili dengan kaktus dan mampu bertahan hidup di cuaca panas. Posisi bunganya tumbuh menggelantung dan akan nampak sangat cantik sebagai hiasan di pekarangan rumah. Selain itu, kamu bisa memadukan tanaman ini dalam wadah-wadah unik.

Perawatannya harus agak telaten karena wajib terkena sinar matahari di pagi hari tapi kelembapannya mesti seimbang. Meski begitu, tumbuhan ini sangat awet jika sedari awal kamu menanamnya dengan tepat.

4. Portulaca

Ingin mempercantik halaman rumahmu dengan bunga hias gantung warna-warni? Portulaca sangat direkomendasikan sebagai tanaman gantung tahan panas. Sangat cocok jika kamu tempatkan persis di bawah jendela berukuran agak lebar.

Pertumbuhan tanaman ini cenderung lambat. Makanya itu, jika kamu berencana menanamnya, pastikan memilih media dan wadah yang tepat. Dijamin hasilnya sangat memuaskan saat kuncup-kuncup bunganya mulai bermekaran.

5. Million Bells

Tanaman yang unik karena kamu akan menjumpai lebih dari satu warna bunga. Warna-warna bunganya ada yang kuning, merah muda, ungu, dan biru. Sangat cocok jika kamu baru mencoba satu jenis tanaman gantung namun terkesan banyak.

Satu hal lagi, tumbuhan ini dapat tumbuh di setiap musim. Dengan kata lain, tumbuhan ini mampu bertahan di musim hujan dan kemarau dan bisa langsung kamu gantung di wadahnya. Perawatannya cukup sederhana yakni memperhatikan keseimbangan asupan air dan cahaya matahari.

6. Fuchsia

Tumbuhan ini harus ditanam dalam media dengan asupan air yang sangat mencukupi. Kondisi itulah yang memudahkanmu untuk menanam di waktu musim hujan atau di lingkungan yang sejuk. Fuchsia disarankan sebagai tanaman gantung yang mudah perawatannya bagi pemula.

Wujud tumbuhan ini cukup kecil dan jika belum berbunga lebih mirip semak belukar. Kamu harus bersabar menunggu bunganya tumbuh karena akan butuh waktu sekitar 3 bulan. Namun saat bunganya mulai bermekaran, warna-warnanya sangat cantik.

7. Lobelia

Warna yang umumnya dikenal dari tanaman ini adalah biru agak keunguan. Namun sebenarnya ada beberapa varian warna bunga lainnya seperti pink, putih, dan merah, yang tumbuh sangat cantik ketika sudah bermekaran.

Syaratnya mudah untuk merawat tanaman ini yaitu memberikan asupan pupuk cair setiap 6 minggu dan rutin menyiram air pada saat cuaca panas. Lobelia adalah jenis tanaman yang tahan panas dan justru membutuhkan banyak sinar matahari, tapi medianya tidak boleh kering.

8. Jenggot Putih

Tumbuhan ini punya banyak sebutan antara lain Jenggot Musa, Jenggot dewa, Jenggot nabi, dan Jenggot Firaun. Sesuai namanya, wujudnya memang sangat mirip jenggot yang sangat lebat dan berwarna putih. Panjangnya bahkan ada yang sampai 6 meter menjuntai ke bawah.

Cara menanamnya sangat gampang karena tidak butuh media. Letakkan ke pohon atau papan/pagar, maka tumbuhan ini beradaptasi cepat dalam kondisi panas dan hujan. Jika kandungan air cukup, warnanya putih kehijauan, kalau sudah mulai berkurang, warnanya abu-abu.

9. Bunga Lipstick

Dari namanya saja sudah terbayang bentuknya seperti apa. Warna bunga yang kerap dijumpai dari tanaman ini adalah merah menyala. Tapi kamu bisa memilih jenis tumbuhan ini dengan warna-warna bunga lainnya seperti kuning, pink, atau oranye.

Tanaman bunga ini mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan dan suhu sehingga perawatannya pun tidak ribet. Selama kamu merawatnya secara teratur, niscaya tanaman ini dapat bertahan di segala kondisi cuaca.

10. Kaktus Anggur

Wujudnya sekilas nampak seperti sayuran atau mungkin pisang-pisang kecil yang belum matang. Begitu kamu amati lebih seksama, tanaman ini sangat unik dan sangat artistik. Nama asli tanaman ini adalah Sedum Morganianum dan kadang di Indonesia disebut juga sebagai Ekor Keledai.

Kalau kamu menanamnya, pastikan berada di tempat yang sering terkena panas matahari. Alhasi, tanaman ini pun masuk kategori yang tahan cuaca panas karena sejatinya pun termasuk kategori kaktus. Penyiraman cukup dilakukan dua hari sekali dan tidak boleh banyak-banyak.

11. Anggrek

Anggrek adalah tanaman hias gantung yang sangat populer dengan ribuan jenis yang bisa kamu pilih sendiri. Tanaman ini juga dikenal memiliki daya tahan yang luar biasa karena mampu bertahan di segala kondisi cuaca, dan bisa hidup tanpa menempel pohon/tumbuhan lain.

Tanaman ini biasanya disarankan bagi pemula dengan cara perawatan tidak ribet. Anggrek juga sangat mudah dicari dan misal kamu tidak mau repot-repot pergi ke penjualnya, bisa saja minta ke tetangga atau teman yang berbaik hati.

12. Begonia

Kalau kamu ingin tanaman hias gantung yang cepat dan mudah berbunga, Begonia adalah pilihan tepat. Habitat asli tanaman cantik ini adalah daerah tropis sehingga sangat cocok ditanam di Indonesia dan tidak butuh waktu lama menunggunya berbunga.

Begonia adalah tanaman yang bakal awet meski cuaca sedang panas-panasnya, tapi disarankan untuk melindunginya di tempat yang ada atapnya/tertutup supaya tetap teduh. Sedangkan untuk media tanaman ini harus dijaga tingkat kelembapannya.

13. Lantana

Lantana akan sangat cocok bagi kamu yang ingin mempercantik teras/halaman di bangunan tinggi. Jadi, semisal kamarmu berada di lantai atas dan ada spot halaman, tak ada salahnya mencoba menanam Lantana.

Makin tinggi lokasi Lantana ditanam, proses pertumbuhan tanaman gantung outdoor ini bakal semakin mudah. Tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini memang sangat cocok ditanam di dataran tinggi. Bunga-bunganya yang kecil dan cantik juga akan mengundang kupu-kupu berdatangan.

14. Geranium

Mau memelihara tanaman hias gantung sekalian mengusir nyamuk? Geranium adalah jenis tanaman hias yang akan membebaskan area sekitarnya dari nyamuk apalagi saat musim kemarau. Warna-warna merah mencolok dari bunga Geranium juga merupakan daya tarik tumbuhan khas ini.

Ada banyak cara memasang Geranium sebagai tanaman hias. Kamu bisa memakai wadah-wadah yang unik semisal dari ban mobil bekas dan memadukannya bersama aksesoris-aksesoris lain yang menunjang eksterior rumahmu.

15. Bowiea Volubilis

Tanaman ini bisa kamu letakkan di bawah atau digantung dalam pot yang kuat. Wujudnya sangat unik dengan cara tumbuh merambat berwarna hijau segar. Nah, jika kamu perhatikan di gambar, semua cabang tanaman itu berpusat ke sebuah bulatan yang tertanam mirip bawang.

Tak mengherankan jika bentuknya seperti itu karena tanaman ini masih termasuk dalam famili bawang. Dalam Bahasa Inggrisnya disebut Climbing Onion alias Bawang Merambat. Wujudnya itulah yang sering dijadikan orang sebagai tanaman hias dengan daya tahan terbaik di segala cuaca.

Nah, itulah rekomendasi 15 tanaman hias gantung yang bisa kamu andalkan di kondisi panas terik atau musim hujan. Bingung mau pilih yang mana? Sesuaikan dulu dengan spot yang akan kamu gunakan supaya nanti lebih mudah dan cepat beradaptasi.


Penulis

foto Cahyo Bagus Putro Pratomo
Cahyo Bagus Putro Pratomo
SMK Bhina Karya Karanganyar

Artikel Terkait

Skills yang Perlu Disertakan dalam CV Desainer
23 Maret 2018
Cara Menggemukkan Badan Secara Alami Tanpa Obat
04 April 2018
Cara Mengecilkan Lengan
17 Januari 2020
Tips Agar Haid Lancar
18 Februari 2020
Inilah Manfaat Dari Buah Srikaya
24 Februari 2020
Tips Menghemat Data Internet
28 Februari 2020

Komentar