Logo Eventkampus

5 Cara Mengisi Baterai Smartphone dengan Cepat

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
5 Cara Mengisi Baterai Smartphone dengan Cepat

5 Cara Mengisi Baterai Smartphone dengan Cepat

Baterai merupakan salah satu point penting dalam sebuah alat electronik. Apalagi dalam sebuah smartphone, karna dizaman media sosial sekarang ini banyak kegiatan sehari-hari yang harus ditinjau. Maka dari itu di zaman modern ini produsen smartphone baik itu handphone maupun laptop juga dibuat baterai yang memiliki kapasitas yang besar.

Namun apa yang terjadi jika kapasitas baterai besar atau kecil tetapi ingin cepat mengisi daya baterai smartphone.Dalam waktu singkat, memang tidak dapat mengisi daya baterai hingga penuh dengan cepat meskipun sudah menggunakan pengisian daya yang cepat.

Langkah yang pertama yang mungkin dilakukan yaitu memastikan arus tegangan listrik yang stabil dan tidak menggunakan ponsel dalam keadaan pengisian daya.

Berikut ini beberapa cara agar mengisi daya smartphone lebih cepat dan efektif.

1. Matikan Ponsel dan Jangan Pakai Ponsel

Pastikan Anda jangan menggunakan ponsel saat pengisian daya. Jika perlu matikan smartphone, untuk pengisian daya agar cepat mengisi baterai. Ketika smartphone dimatikan, pengisian daya tidak terbuang sia-sia untuk menjaga smartphone agar tetap menyala. Dan juga untuk menjaga kesehatan dari batrai tersebut.

2. Gunakan Steker Listrik

Pastikan pada saat mengisi daya menggunakan adaptor smartphone yang dihubungkan ke steker listrik. Dan tidak mengisi daya baterai di port usb, sebab port usb hanya memberi daya ke output listrik sebesar 0,5A.

Gunakan steker listrik karna biasanya memberikan daya keluar sebesar 1A. Sebenarnya tidak masalah menggunakan daya listrik rendah, perangkat juga tidak akan rusak. Akan tetapi, pengisian baterai smartphone akan menghabiskan waktu yang lebih lama.

3. Airplane Mode atau Minimal Matikan Jaringan Seluler

Metode ini sering dipakai oleh banyak orang, karna ini merupakan cara yang mudah dan cepat untuk mengisi baterai. Namun, jika ingin menggunakan cara ini daya baterai anda disarankan diatas 30 sampai 50% untuk mempertahankan kesahatan baterai. Cara metode ini, smartphone anda hanya perlu dinon-aktifkan saja atau gunakan mode pesawat.

Sinyal jaringan merupakan salah satu penguras daya baterai. Apalagi ketika jika tinggal di daerah dengan kualitas sinyal yang buruk atau tidak stabil. Semakin buruk sinyal jaringan, maka semakin cepat juga baterai smartphone akan terkuras.

4. Hindari Pengisian Daya Baterai Nirkabel (Wireless)

Pengisian daya baterai secara wireless memang dianggap lebih efisien dan portabel karna pengguna bisa lebih bebas dan juga semakin memudahkan. Akan tetapi, pengguna wajib menghindari pengisian baterai wireles jika ingin mengisi baterai dengan cepat dan efisien.

Penulis

foto Cahyo Bagus Putro Pratomo
Cahyo Bagus Putro Pratomo
SMK Bhina Karya Karanganyar

Artikel Terkait

Sering Lupa Banyak Hal? Ini Tipsnya Biar Gampang Ingat
07 Januari 2020
Cara Atasi Susah Tidur (Insomnia?)
07 Januari 2020
Bagaimana Cara Memakai Masker Hidung yang Tepat
31 Januari 2020
Cara mengatasi internet yang lemot
21 Februari 2020
Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Mengonsumsi Daun Sereh
26 Februari 2020
Cara Membuat Cireng dengan Mudah
10 Maret 2020

Komentar