Logo Eventkampus

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah


Anda pasti pernah merasakan masalah bibir kering dan pecah-pecah. Kondisi ini bukan hanya mengganggu penampilan, terkadang bisa membuat bibir terasa perih, tidak nyaman, bahkan berdarah.  Bibir kering dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari dehidrasi, salah pakai lipstik, hingga kekurangan nutrisi tertentu.

Bibir yang kering dan pecah-pecah bisa terjadi kapan saja, bukan hanya di musim dingin yang kering, tetapi juga bisa terjadi saat cuaca sedang cerah. Megalami bibir kering tentu sangat menggangu penampilan. Ada beberapa  cara mengatasi bibir kering yang bisa Anda lakukan berikut ini.

1.      Mengonsumsi air putih yang cukup  

Kondisi dehidrasi menjadi salah satu penyebab bibir kering. Cara mengatasi bibir kering yang pertama dan sangat mudah adalah dengan mengonsumsi air putih yang yang cukup agar tubuh, termasuk bibir, tetap terlindungi dan terhindar dari dehidrasi. Biasakan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau minimal 2 liter per hari.

2.      Banyak makan buah dan sayur

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin B dan vitamin C juga merupakan salah satu cara mengatasi bibir kering dan mulai pecah-pecah. Vitamin B dipercaya mampu membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Contoh makanan yang kaya vitamin B adalah makanan sumber protein seperti kacang-kacangan, ikan, dan unggas. Sementara buah apel, jeruk, dan papaya, serta sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis, termasuk ke dalam beberapa buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C.

3.      Kurangi mengonsumsi makanan asin dan pedas

Makanan asin atau pedas ternyata bisa menyebabkan bibir jadi semakin kering, bahkan membuatnya tak kunjung sembuh. Makanan asin dan pedas juga akan membuat tenggorokan semakin kering, sehingga Anda menjadi cepat haus dan mudah dehidrasi.

4.      Hindari menggigit bibir

Satu lagi kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang, khususnya perempuan, adalah menggigit bibir. Kebiasaan ini mungkin Anda lakukan ketika sedang merasa gugup atau saat bibir Anda mengelupas. Biarkan kulit bibir yang kering itu mengelupas dengan sendirinya. Hindari menggigitinya agar tidak menimbulkan luka yang besar atau lebih terbuka.

5.      Bernapas melalui hidung

Mungkin ada dari Anda yang lebih suka bernapas memakai mulut daripada hidung. Kebiasaan bernapas dengan mulut ini sebaiknya jangan dilakukan lagi karena akan memperburuk kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah. Biasakan untuk bernapas melalui hidung dari sekarang, ya!

6.      Gunakan lip balm setiap hari

Menggunakan lip balm atau pelembap bibir menjadi salah satu cara mengatasi bibir kering yang sebaiknya dilakukan setiap hari. Maka dari itu, selalu sediakan lip balm di tas Anda agar bisa dipakai kapan pun. Terutama saat Anda merasa bibir sudah terasa sangat kering.

7.      Kurangi kebiasaan menjilat bibir

Anda memiliki kebiasaan menjilati bibir? Jika ya, jangan lakukan itu lagi ya. Pasalnya menjilati bibir bisa membuat bibir semakin kering akibat air liur yang cepat menguap sehingga akan menambah kekeringan pada bibir. Jika menjilati bibir disebabkan oleh pemakaian lip balm yang mengandung rasa, maka pemakaiannya sebaiknya dihindari.

8.      Hindari minuman berkafein

Minuman yang memiliki kandungan kafein seperti kopi atau minuman bersoda serta minuman energi dan alkohol berisiko mengeringkan kulit bibir. Selain itu, minuman-minuman tersebut bisa memperberat kerja sistem pencernaan Anda. Maka dari itu, Anda wajib menghindari minuman mengandung kafein dan alkohol.

9.      Rajin melakukan scrub bibir

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya adalah dengan melakukan scrubbing pada bibir. Kebiasaan ini bisa mengangkat kulit mati dan mengurangi pecah-pecah pada bibir. Tidak sulit membuat scrub bibir alami sendiri di rumah. Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan gula pasir dan 1 sendok teh madu asli. Aduk rata, lalu oleskan dan gosokkan pada bibir secara perlahan untuk mengangkat sel kulit mati.

 

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Tips Memilih Makanan Sehat yang Baik untuk Tubuh
02 Januari 2020
Merasa Gabut di Kantor? 5 Hal Ini Dapat Kamu Lakukan di Waktu Senggang.
02 Januari 2020
Cara Merawat Bunga Mawar agar Berbunga Lebat
30 Januari 2020
Masih Bingung Dengan Makna Dari Kata Anak Jaman Sekarang?
21 Februari 2020
8 Tips Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak
26 Februari 2020
5 Cara Download Video YouTube Menggunakan HP,Mudah,Cepat dan Praktis.....
10 Maret 2020

Komentar