Logo Eventkampus

Manfaat Tidur Dengan Lampu Mati

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Manfaat Tidur Dengan Lampu Mati

Tidur adalah aktivitas yang wajib kita lakukan minimal 8 jam sehari. Beristirahat di malam hari adalah kebutuhan bagi tubuh agar kembali fit beraktifitas pada esok paginya. Walaupun kelihatannya sepele, pola-pola tidur tertentu ternyata sangat berpengaruh bagi kualitas tidur dan juga kesehatan seperti penggunaan bantal, posisi dan porsi tidur, atau kebiasaan-kebiasaan tidur yang lain.

Kebiasaan tidur masing-masing orang berbeda. Ada yang suka tidur dengan lampu menyala, tapi ada juga yang lebih nyaman tidur tanpa lampu.

Inilah manfaat tidur dengan keadaan gelap

1. Pengaruh Cahaya Lampu Terhadap Hormon

Tanpa disadari, ketika seseorang tertidur terjadi pengeluaran beberapa hormon yang berperan penting bagi tubuh. Selain hormon pertumbuhan, salah satu hormon yang banyak dikeluarkan saat tidur adalah hormon melatonin.

Pengeluaran hormon melatonin ini sangat dipengaruhi oleh cahaya. Cahaya terang dapat menghambat pengeluaran hormon melatonin. Padahal, hormon melatonin ini sangat bermanfaat bagi tubuh jika dapat dikeluarkan secara normal.

2. Mencegah Gemuk

Manfaat tidur tanpa lampu berikutnya dapat mencegah kegemukan. Hal ini dikarenakan cahaya pada malam hari berkontribusi terhadap kenaikan berat badan, dengan mengubah waktu asupan makanan.

3. Kesehatan mata

Paparan cahaya kamar yang terang mempersingkat durasi melatonin untuk bekerja, sekitar 90 menit, dibandingkan dengan paparan cahaya redup.

 cahaya di kamar tidur Anda menyebabkan masalah. Ditambah dengan adanya gadget membuatnya semakin memburuk.

4. Terhindar dari kanker

Manfaat tidur tanpa lampu bagi kesehatan berikutnya adalah dapat terhindar dari kanker, semua ini disebabkan oleh gangguan hormon melatonin. Masalah seperti ini lebih rentan terjadi pada pekerja shift malam.

5. Mencegah Depresi

Tidur dengan lampu tak menyala membuat tubuh menjadi rileks. Keadaan ini membuat tubuh sepenuhnya beristirahat. Sebaliknya, dengan menyalakan lampu akan beresiko buruk terhadap perubahan stuktur otak yang dapat menimbulkan depresi.

Itulah Manfaat saat tidur dangan keadaan lampu mati.
Semoga Bermanfaat :)

Penulis

foto Yoga
Yoga
KARANGANG BANGUN, MATESIH

Artikel Terkait

Cara Atasi Susah Tidur (Insomnia?)
07 Januari 2020
Cara Mengatasi Kulit Berminyak tapi Kering
13 Januari 2020
Cara Membersihkan Layar HP yang Kotor
31 Januari 2020
Cara Membaca Pikiran Dari Pergerakan Mata Seseorang
21 Februari 2020
Inilah Cara Membedakan Tumbuhan Beracun
26 Februari 2020
Call Of Duty War Zone ada Mode Battle Royale,GRATIS?!
11 Maret 2020

Komentar