Logo Eventkampus

5 Khasiat Kunyit untuk Wajah, Nomor 5 Paling Didambakan Wanita

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
5 Khasiat Kunyit untuk Wajah, Nomor 5 Paling Didambakan Wanita

Subhanallah, Inilah 5 Khasiat Kunyit untuk Wajah, Nomor 5 Paling Didambakan Wanita

 

Kunyit memiliki banyak khasiat untuk wajah

Sama seperti jahe, kunyit ternyata juga memiliki khasiat hebat untuk kesehatan. Selain kesehatan, rempah berwarna kuning dan sering disebut sebagai safron India ini juga punya khasiat untuk kecantikan.

Khasiat kunyit untuk wajah ini disebabkan oleh senyawa aktif curcumin di dalam umbi rimpang tersebut. Sudah ratusan tahun lalu, orang di seluruh dunia mengaitkan khasiat kunyit untuk bahan penyembuh dan kecantikan.

Berikut 5 khasiat kunyit untuk wajah yang murah dan mudah :

1. Wajah bercahaya. Kunyit mengandung senyawa antioksidan dan anti-pembengkakan. Senyawa ini akan membantu membuat wajah lebih cerah secara alami dan sehat.

2. Menyembuhkan luka. Luka di wajah pasti menyebalkan dan memalukan bagi wanita. Namun dibanding pakai obat-obatan yang mahal, cobalah untuk memakai kunyit. Senyawa aktif curcumin akan membantu mempercepat penyembuhan luka dengan mengurangi pembengkakan dan oksidasi. Selain itu penelitian juga menyebutkan bahwa kunyit bisa berdampak positif pada jaringan tisu dan kolagen. Kolagen inilah yang menyebabkan kulit bisa beregenerasi dengan baik dan membuat kulit jadi terlihat lebih muda serta kenyal.

3. Anti jerawat. Untuk wajah, kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan jerawat dan luka bekas jerawat. Bahan aktif curcumin ini akan membantu mengurangi jerawat, blackheads, whiteheads, pustules. Dalam studi yang dilakukan pada 2013, kunyit yang dikombinasikan dengan asam lauric adalah cara terbaik untuk membasmi bakteri penyebab jerawat.

4. Pencerah kulit. Dalam sebuah penelitian, minyak esensial berbahan kunyit ini terbukti bisa mencerahkan kulit dalam tiga minggu. Kunyit sebagai pencerah kulit ini juga diklaim alami dan tak berbahaya.

5. Mencegah keriput dan penuaan dini. Sinar UV adalah musuh besar untuk kulit dan wajah. Sinar ini bisa mengakibatkan kulit terbakar, kanker kulit, garis halus, keriput, dan hiperpigmentasi. Dalam sebuah studi, kandungan antioksidan dalam kunyit akan membantu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dan menurunkan risiko penuaan dini. Kunyit akan menghalangi terbentuknya enzim elastase yang bisa mengurangi kemampuan kulit untuk memproduksi elastin yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit dan menjaga kekenyalannya.

Penulis

foto Cahyo Bagus Putro Pratomo
Cahyo Bagus Putro Pratomo
SMK Bhina Karya Karanganyar

Artikel Terkait

12 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan & Kulit
29 Januari 2018
4 Bahaya Menggunakan Earphone Saat Tidur
29 Januari 2018
Skills yang Perlu Disertakan dalam CV Desainer
23 Maret 2018
5 Kebiasaan Ini Ternyata Tidak Baik
26 Februari 2020
5 Cara atau Ritual Wajib Sebelum Tidur Agar Muka Glowing Alami
26 Februari 2020
Sejarah pencak silat
27 Februari 2020

Komentar