Logo Eventkampus

Mengejutkan Ini Rupanya Manfaat Buah Kersen atau Talok

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Mengejutkan Ini Rupanya Manfaat Buah Kersen atau Talok

Banyak orang yang tidak tau apa itu buah kersen atau talok, bahkan sebagian orang banyak yang meremehkan buah ini

Kersen, ceri asam atau kers adalah sejenis tumbuhan pohon ceri yang tergabung dalam marga Prunus, berasal dari kebanyakan Eropa dan Asia Barat. Tumbuhan ini berkerabat dekat dengan ceri manis, namun buah kersen memiliki kadar kemasaman yang lebih tinggi.

Buah ini sangat mudah ditemui karena tergolong pohon liar yang cepat tumbuh dengan tinggi yang mencapai 5-10 meter.

Meski seringkali dipetik untuk dimakan, nggak banyak orang tahu kalau ternyata buah kersen ini menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Nah berikut manfaat memakan buah kersen atau talok.

1. Anti-tumor

Ternyata buah ini mengesankan bahkan buah ini memiliki anti-tumor.Tidak hanya buah kersen, ternyata daun kersen juga memiliki efek anti-tumor. Perpaduan daun dan buah kersen ini ternyata mempunyai sifat anti-tumor yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, adanya kandungan antioksidan di dalam buah kersen yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker dan tumor.

2. Mengontrol Gula Darah

Buah kersen memiliki rasa yang manis. Tetapi buah ini sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, bahkan dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah. 

Hal ini membuktikan bahwa buah kersen memiliki kemampuan untuk mengontrol gula darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah kersen juga dapat membantu menstabilkan gula darah atau bahkan menurunkan dosis injeksi insulin.

3. Sumber Antioksidan

Buah kersen ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Pada buah kersen memiliki kurang lebih 24 senywa flavonoid dan fenonil di dalamnya. Hal inilah yang menandakan kalau buah kersen merupakan buah yang kaya akan antioksidan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Wow.. Masih mau meremehkan buah ini? Pada daun dan buah kersen memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Buah kersen ini memiliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah yang merupakan salah satu kriteria jantung yang sehat. Nah, jika aliran darah menuju jantung kamu tidak lancar, maka jantung akan berpotensi mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi buah kersen dan daunnya untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Sungguh manfaat yang mengejutkan bahkan dapat mengaja kesehatan jantung bagi yang mengonsumsinya

5. Mengurangi Rasa Sakit Asam Urat

Manfaat buah kersen lainnya adalah bisa mengurangi rasa sakit akibat asam urat. 

Tidak hanya buah kersennya saja, daunnya juga bisa kamu gunakan untuk meredakan nyerinya.

Semoga Bermanfaat :)


Penulis

foto Yoga
Yoga
KARANGANG BANGUN, MATESIH

Artikel Terkait

7 CARA CEPAT MENYEMBUHKAN SAKIT DIARE SECARA ALAMI
10 Juli 2018
Tips Kuliah Untuk Kamu yang Resmi jadi Mahasiswa Baru
26 Juli 2018
Cara Mengatasi Masuk Angin
27 Januari 2020
Tips Merawat Piano Akustik
18 Februari 2020
Inilah Beberapa Makanan dan Minuman Yang Dapat Menyebabkan Asam Urat
25 Februari 2020
Cara Meredakan Pilek
28 Februari 2020

Komentar