Logo Eventkampus

7 CARA CEPAT MENYEMBUHKAN SAKIT DIARE SECARA ALAMI

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
7 CARA CEPAT  MENYEMBUHKAN SAKIT DIARE SECARA ALAMI

7 CARA CEPAT  MENYEMBUHKAN SAKIT DIARE SECARA ALAMI

Diare adalah suatu penyakit yang ditandai dengan perubahan feses yang menjadi lembek atau juga bisa cair. Penderita diare akan bolak-balik ke toilet sedikitnya sebanyak tiga kali dalam sehari. Rangsangan untuk terus buang air besar akan terus terjadi pada penderita diare selama feses masih memiliki air ataiu cairan feses yang berlebihan. Penderita diare akan sembuh jika feses sudah berubah seperti sedia kala. Tidak ada cairan yang berlebih dan lain sebagainya

Diare anak biasanya akan sembuh dalam 5-7 hari atau di bawah dua minggu. Sementara pada orang dewasa, biasanya akan sembuh sendiri hanya dalam waktu 2-4 hari saja. Sistem kekebalan tubuh manusialah yang akan bekerja melawan penyebab diare secara alamiah. Meskipun demikian, gejala diare juga bisa berlangsung lebih lama tergantung dari penyebabnya, contohnya:

  • Diare yang disebabkan karena bakteri salmonella dan campylobacter biasanya akan berlangsung selama 2-7 hari.
  • Diare yang disebabkan karena norovirus biasanya berlangsung 2 hari
  • Diare yang diakibatkan karena rotavirus biasa berlangsung selama 4-8 hari
  • Diare yang disebabkan karena giardasis biasanya akan berlangsung selama beberapa minggu lebih lama.

Cara Mengatasi Diare Secara Alami

Meski bukan penyakit berbahaya, tapi diare tidak bisa disepelekan karena bisa membuat seseorang mengalami dehidrasi dan lemas. Nah, untuk itu penyakit diare perlu ditangani dengan baik agar tidak memberikan dampak yang semakin buruk. Inilah cara mengatasi diare yang dapat anda lakukan:

1. Mengkonsumsi Air Dengan Elektrolit

Elektrolit adalah zat yang ada di dalam air dan bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi dan kekurangan cairan. Sayangnya tidak semua air mengandung elektrolit. Air mineral pada umumnya tidak memiliki sejumlah kandungan eletrolit. Harga air elektrolit jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga air mineral biasa. Untuk mengubah air biasa menjadi air elektrolit dibutuhkan alat khusus yaitu water energizer. Air elektrolit bisa membuat cairan di dalam tubuh penderita diare tercukupi kembali.

2. Makan Sering Tapi Lambat

Untuk penderita diare sebaiknya memakan porsi sedikit tapi sering, selain itu jangan makan terlalu cepat. Kunyahlah makanan sampai lembut. Makanan yang dimakan terlalu cepat bisa membuat diare semakin parah.

 

3. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah cara mengatasi diare yang paling ampuh. Menjaga kebersihan bisa dimulai dari tubuh dan bisa membatasi penyebaran dari virus diare.

4. Menggunakan Oralit

Oralit adalah cairan khusus diare yang bisa digunakan untuk meredakan atau mengurangi cairan di dalam feses penderita diare. Cara membuatnya adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan 1 liter air matang.
  • Larutkan ke dalam air matang 1 sendok teh garam.
  • Larutkan 8 sendok teh gula.
  • Campurkan semua bahan sampai larut.
  • Minum secara teratur tiga kali atau empat kali sehari.

5.Mengompres dengan Air Hangat

Penderita diare akan merasakan sakit perut yang teramat sangat. Untuk menghilangkan dan meredakan sakit perut, bisa menggunakan kompresan air hangat. Sambil berbaring, kompreslah perut menggunakan air hangat.

6. Kaldu Dan Garam

Cara mengatasi diare, bisa menggunakan kaldu yang dicampurkan dengan garam. Caranya adalah dengan mencampurkan air kaldu bersama dengan garam, aduk sampai rata. Sebelum meminumnya, hiruplah dalam-dalam aroma kaldu tersebut baru diminum.

7. Obat

Obat diare kini banyak di apotek. Kita tinggal memilih obat diare apa yang cocok untuk tubuh. Minumlah obat diare ini saat kita benar-benar membutuhkannya, saat badan lemas dan cairan di dalam tubuh seakan habis. Namun jangan terlalu sering menggunakan obat-obatan kimia seperti

8. Minum Rebusan Daun Jambu

Daun jambu memiliki kandungan yang bernama flavonoid bisa mengatasi penyakit diare. Cairan di dalam feses dikurangi sedikit demi sedikit oleh zat flavonoid pada daun jambu. Cara membuat ramuannya adalah :

  • Siapkan 15 lembar daun jambu, cuci bersih.
  • Siapkan setengah liter air bersih.
  • Satu sendok teh garam.
  • Rebus daun jambu bersamaan dengan air dan garam.
  • Sisakan hanya setengahnya saja
  • Minum tiga kali sehari.

Penulis

foto wismaadiawang
wismaadiawang

Artikel Terkait

10 Tips Cantik Alami Ini Layak Kamu Coba, Demi Wajah yang Makin Memesona!
30 Desember 2019
Cara Membuat Bubur Sumsum
28 Januari 2020
Lawan Kolesterol, Berikut Cara Membuat Teh Apel di Rumah
30 Januari 2020
Tips Menyimpan Sayuran Agar Tahan Lama dan Segar di Dalam Kulkas
19 Februari 2020
Cara Membuat Diri Agar Disiplin Dan Komitmen
25 Februari 2020
Banyak tugas di kantor, cepat membuat Anda menjadi stres... Mau tau apa sih cara menghilangkan stress karena banyak tugas di kantor? Oke berikut ini ada beberapa cara menghilangkan stress..
03 Maret 2020

Komentar