Logo Eventkampus

Tips Agar Haid Lancar

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Agar Haid Lancar

 Haid yang tidak lancar bisa menyebabkan kaum hawa merasa tersiksa untuk melakukan kegiatan sehari-hari. 

Bagaimana cara melancarkan haid yang aman?

 Untuk dapat melancarkan haid, sebenarnya kamu harus mengenali penyebabnya terlebih dahulu. Meski demikian, kamu tetap bisa melakukan berbagai cara melancarkan haid yang aman dan minim efek samping, seperti:


1. Melakukan olahraga secara rutin

  Olahraga merupakan salah satu jenis aktivitas yang dapat memberikan efek positif bagi kesehatan, tak terkecuali melancarkan haid.

  Jika kamu mengalami haid yang tidak lancar akibat berat badan berlebih, olahraga secara rutin bisa menjadi salah satu solusinya.

 Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi gejala dismenorea. Dismenorea adalah suatu kondisi kelainan saat menstruasi berupa nyeri haid yang tidak tertahankan.


2. Melakukan yoga

   Yoga terbukti dapat melancarkan haid asal dilakukan selama 30-45 menit setiap hari dan rutin dalam lima hari seminggu, selama enam bulan berturut-turut. Yoga juga dapat mengurangi nyeri haid dan perubahan suasana hati akibat datang bulan.


3. Menjaga berat badan tetap ideal

   Memiliki tubuh yang terlalu gemuk atau kurus nyatanya juga dapat mengganggu siklus menstruasi. Maka dari itu, sangat penting untuk tetap menjaga berat badan tetap ideal.

  Jika kamu mencurigai masalah berat badan sebagai penyebab menstruasi tidak teratur, konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan rekomendasi menaikkan atau menurunkan berat badan secara aman.


4. Mengonsumsi vitamin D dan B lebih banyak

 Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kamu menderita menstruasi yang tidak teratur. Oleh karena itu, dianjurkan mengonsumsi suplemen vitamin D setiap hari agar haid kembali lancar.

   Selain itu, kamu juga bisa minum suplemen vitamin B untuk meringankan gejala PMS dan nyeri haid.

     Kamu juga perlu berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan rekomendasi yang tepat mengenai cara melancarkan haid berdasarkan penyebabnya.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Merasa Gabut di Kantor? 5 Hal Ini Dapat Kamu Lakukan di Waktu Senggang.
02 Januari 2020
Sering Lupa Banyak Hal? Ini Tipsnya Biar Gampang Ingat
07 Januari 2020
Tips Merawat Tas Kulit
31 Januari 2020
Cara mengatasi internet yang lemot
21 Februari 2020
Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Mengonsumsi Daun Sereh
26 Februari 2020
Cara Membuat Cireng dengan Mudah
10 Maret 2020

Komentar