Logo Eventkampus

Menjaga Pola Hidup Sehat saat di Rumah

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Menjaga Pola Hidup Sehat saat di Rumah

Karena penyebaran virus corona yang sangat berbahaya, pemerintah menghimbau bagi seluruh warga negara Indonesia untuk tetap tinggal di rumah jika tidak ada keperluan yang sangat penting seperti membeli bahan makanan, obat-obatan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, semua urusan pekerjaan dan pendidikan juga sebisa mungkin dilakukan secara daring dari rumah masing-masing.

Himbauan tersebut bermaksud untuk meminimalisir/ menghentikan penyebaran virus corona yang bisa dikatakan proses penyebarannya sangatlah cepat. Dalam kurun waktu 2 bulan, virus corona sudah menyebar hingga ke 188 negara di dunia dan lebih dari 300 ribu orang yang terinfeksi. Sangat berbahaya bukan?

Saat di rumah kita tidak boleh hanya berdiam diri dan bermalas-malasan. Kita juga harus menjaga pola hidup yang sehat agar kondisi tubuh tetap prima dan terhindar dari penyakit lainnya. Berikut adalah beberapa tips menjaga pola hidup yang sehat saat berada di rumah:

1.       Makan dengan gizi yang seimbang & minum air putih 8 gelas/hari

Langkah yang paling utama adalah menjaga asupan makanan yang mengandung gizi seimbang. Hindari mengonsumsi junk food atau sejenisnya yang mungkin tidak baik bagi kesehatan. Saat tinggal di rumah dalam kondisi seperti ini aktifitas kita juga sangat terbatas, maka dari itu hindari makan dengan jumlah yang berlebihan karena beresiko menumpuk lemak/ kolesterol, gula, dan lain sebagainya di dalam tubuh.

2.       Olahraga dan istirahat yang cukup

Untuk menjaga kondisi tubuh pastinya juga harus berolahraga. Walau kondisi sekarang mengharuskan kita untuk tinggal di rumah, ada banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan saat di rumah seperti : Push up, sit up, jumping jack, leg lift, squat, angkat beban, dan lain sebagainya. Imbangi juga dengan istirahat yang cukup minimal 7 jam sehari.

3.       Hindari penggunaan gadget yang berlebih

Waktu senggang yang lumayan terkadang juga cukup membosankan dan pastinya membutuhkan hiburan. Kebanyakan orang memanfaatkan waktu senggangnya dengan gadget untuk mencari hiburan baik dengan menonton film, bermain sosial media, dan membaca berita. Boleh dilakukan dengan catatan tidak lupa waktu karena sangat berbahaya untuk kesehatan mata. Jika terpaksa untuk tetap berada di depan gadget dengan alasan mengerjakan tugas dan sebagainya, gunakan kacamata anti radiasi untuk mengurangi efek buruk dari radiasi layar gadget tersebut. Jika masih ada waktu senggang, lebih baik digunakan untuk berkumpul & bercengkerama bersama keluarga :)

4.       Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan juga sangatlah penting. Bersihkan lingkungan rumah dengan rutin agar debu tidak menumpuk dan tidak menimbulkan gangguan pernafasan. Tak hanya membersihkan lingkungan, badan kita juga harus dibersihkan rutin setiap hari. Hanya karena tidak bepergian/ keluar dari rumah, jangan dijadikan alasan untuk tidak mandi ya!

5.       Tidak merokok

Seperti yang kita tahu, rokok sangat berbahaya bagi kesehatan terutama paru-paru. Jika kita terinfeksi virus corona, virus tersebut juga menyerang paru-paru dan dikabarkan mengakibatkan luka cukup parah bagi penderita yang sudah sembuh. Sudah dapat resiko dari rokok, ditambah lagi resiko dari virus corona, menakutkan bukan? Bagi yang sudah kecanduan, setidaknya coba untuk menguranginya dan pastikan saat merokok jauh dari anggota keluarga yang lain.

6.       Berdoa

Tips yang terakhir adalah tetap berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Berdoa untuk diri sendiri dan untuk semua orang agar selalu diberikan perlindungan, kesehatan, dan semoga kondisi di bumi kita tercinta ini lekas membaik seperti semula.

 

Apakah teman-teman punya tips lain saat berada di rumah dalam kondisi seperti ini? Jangan sungkan untuk membagikannya ya!

Bagikan tips dan pengalaman lainnya melalui komentar atau juga bisa membuat artikel sendiri di website eventkampus.com melalui https://eventkampus.com/dashboard/artikelku (login/ daftar dulu).

Sedikit ilmu yang kita bagikan mungkin akan berarti banyak bagi orang lain.

Terima kasih. :)

Penulis

foto Eventkampuscom
Eventkampuscom
EventKampus

Komentar