Logo Eventkampus

APA ITU KAFEIN? EFEKNYA BAGI KESEHATAN?

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
APA ITU KAFEIN? EFEKNYA BAGI KESEHATAN?

Trimethylxanthine atau kafein, adalah senyawa stimulan yang secara alami terdapat dalam beberapa jenis makanan. Kafein juga disebut-sebut setara dengan amfetamin, kokain, bahkan heroin. Ini karena kafein dan jenis obat-obatan tersebut bekerja dengan cara yang sama, yaitu menstimulasi kerja otak. Kafein juga dapat berfungsi untuk menstimulasi kerja jantung dan dapat meningkatkan produksi urin atau bersifat diuretik.

Berikut efek kafein bagi tubuh kita

1. Menurunkan berat badan

Kafein dapat membantu menurunkan berat badan atau mencegah kenaikan berat badan. kafein bersifat dapat menekan nafsu makan dan menstimulasi terjadinya termogenesis(suatu mekanisme tubuh yang bekerja dengan cara mengubah makanan menjadi panas dan energi). Jadi, untuk para wanita yang kurang pd dengan tubuhnya yang dirasa berlebihan,, bisa dicoba nih.. tapi ingat yah, jangan sampai berlebihan..

2. Mencegah penurunan fungsi otak

Dari beberapa penelitian mengungkapkan adanya hubungan yang bersifat protektif antara konsumsi kafein dalam jangka panjang dengan risiko mengidap Alzheimer dan Parkinson. Penelitian lain juga mengungkapkan konsumsi kafein dapat memperlambat proses penurunan fungsi otak yang diakibatkan oleh usia lanjut.

3. Meningkatkan tekanan darah

Kafein ternyata memicu tubuh mengeluarkan hormon adrenalin, yang dapat menaikkan tekanan darah. Suatu penelitian dilakukan terhadap mereka yang memiliki tekanan darah tinggi dan yang tidak. Pada penderita hipertensi, 250 mg kafein dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah yang berlangsung selama 2-3 jam. Sementara pada mereka yang tidak memiliki hipertensi, konsumsi 160 mg kafein saja sudah dapat menaikkan tekanan darah. Jadi, hai-hati nggih, untuk mengkonsumsi  kafein mulai sekarang

 

Dampak Bahaya dari Mengonsumsi kafein

Nah, ini yang ingin author juga sampaikan, bahwa segala sesuatu yang berlebihan tetaplah tidak baik untuk tubuh kita,, dan berikut dampak buruk jika mengonsumsi kafein secara berlebihan..

1. Berbahaya bagi janin dan bayi

Penelitian menemukan konsumsi kafein lebih dari 300 mg dapat menyebabkan keguguran atau terhambatnya pertumbuhan serta gangguan jantung pada janin. Sedangkan konsumsi kafein selama menyusui dapat menyebabkan bayi merasa gelisah dan sulit tidur karena kafein yang dikonsumsi ibu dapat diteruskan ke bayi melalui ASI.

2. Mengurangi tingkat kesuburan wanita

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi kafein dapat mengurangi aktivitas otot pada tuba falopi yang bertugas membawa sel telur dari ovarium ke rahim. Kafein menghambat kerja sel yang berfungsi untuk membantu kontraksi tuba falopi sehingga sel telur tidak bisa turun ke rahim dan dibuahi oleh sperma.

sumber:hellosehat.com

Penulis

foto Anggun Prastiwi
Anggun Prastiwi
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

TBI IAIN Surakarta Bekerjasama dengan FLP Karanganyar Selenggarakan Pelatihan Penulisan Populer
17 April 2018
BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN
30 Juli 2018
Tanda-tanda Orang Berbohong kepada Kamu
31 Juli 2018
Manfaat Belajar Puasa Bagi Anak-Anak
01 Agustus 2018
Menyikapi Hidup Dengan Baik Bagi Remaja
02 Agustus 2018
Cara Membuat Anak Tidur Nyenyak (Pulas)
08 Agustus 2018

Komentar