Logo Eventkampus

KKN ITS Kenalkan Pengolahan Limbah Cair pada Masyarakat

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
KKN ITS Kenalkan Pengolahan Limbah Cair pada Masyarakat

Anggota KKN, Wanda Nabila Arisani menjelaskan, air bekas cucian dapat diolah dengan sistem penyaringan sederhana. Caranya, dengan menyusun arang, ijuk, pasir halus, ijuk, pasir kasar, dan kerikil secara berurutan. “Selanjutnya, penyaringan dilakukan dengan mengalirkan air melalui susunan tersebut,” ungkap Wanda dalam kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan itu.

Menariknya, masyarakat juga dikenalkan dengan metode fitoremediasi yang memanfaatkan tanaman air dengan kemampuan menyerap logam dan mineral penyebab polusi. Contoh tanaman air yang dapat digunakan ialah eceng gondok dan kayu apu. “Kayu apu mampu menyerap ion fosfat, sedangkan eceng gondok mampu menyerap logam berat seperti kadmium, merkuri, dan nikel,” terangnya.

Untuk jelantah sendiri, alih-alih dibuang ke sungai, limbah tersebut dapat diolah menjadi lilin. Proses pembuatannya terdiri dari pelelehan parafin dalam jelantah, penambahan pewarna dan aroma, lalu pencetakan dan pembekuan lilin. “Melalui proses yang ekonomis, lilin ini dapat diubah menjadi penerang rumah, hingga sebuah bisnis untuk meningkatkan pendapatan masyarakat,” sambungnya.

Di bawah bimbingan Ipung Fitri Purwanti ST MT PhD, Harmin Sulistyaning Titah ST MT PhD, Bieby Voijant Tangahu ST MT PhD, Dr Ir R Irwan Bagyo Santoso MT, serta Prof Dr Ir Sarwoko Mangkoediharjo MScES, kegiatan ini sukses diselenggarakan pada 27 Oktober lalu. “Untuk mengurangi mobilisasi di masa pandemi, kami memilih Kantor Kelurahan Kejawan Putih Tambak, Surabaya sebagai lokasi kegiatan.” ujarnya.

Meski sempat mengalami kendala dalam proses perizinannya, Wanda bersyukur lantaran kegiatan yang disiapkan selama 1,5 bulan ini dapat berjalan dengan lancar, serta disambut baik oleh warga setempat. “Sebenarnya khawatir karena adanya pembatasan jumlah undangan, namun ternyata jumlah yang datang sesuai target dan warga terlihat antusias dengan materi yang diberikan,” tuturnya.

Di akhir, Wanda beserta tim berharap agar masyarakat mampu melakukan pengolahan limbah cair secara sederhana untuk mencegah pencemaran lingkungan. “Kami juga berharap dapat melanjutkan kerja sama untuk melakukan sosialisasi, konsultasi, serta pembinaan kepada pengusaha cucian dan masyarakat,” tuturnya. (*)

Reporter: ion7

Redaktur: Heny Tri Hendardi



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2021/03/06/kkn-its-kenalkan-pengolahan-limbah-cair-pada-masyarakat/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Hakikat Pemuda Indonesia dalam Semangat Sumpah Pemuda
30 Oktober 2019
Tiga Emas Sukses Diborong Tim ITS dalam Dua Ajang Internasional
16 Desember 2019
Degradasi Moral Akademik Generasi Milenial, Salah Siapa?
20 Desember 2019
Melalui Kuliah Lapangan, Mahasiswa ITS Bantu UMKM
06 Januari 2020
Kunci Jaga Ekosistem dalam Keberlanjutan Industri Manufaktur
07 Februari 2020
ITS Ciptakan Tiga Inovasi untuk Menangani Virus Corona
24 Maret 2020

Komentar