Logo Eventkampus

Menghadapi Masa Tua dengan Bijaksana

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Menghadapi Masa Tua dengan Bijaksana

Menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa itu  pilihan. Hal ini mengemuka dalam  Webinar Korpagama bertajuk Bagaimana Menghadapi Masa Tua dengan Bijaksana pada Jumat (23/04). Menua adalah kondisi fisik yang dialami setiap orang dan disertai penurunan metabolisme tubuh yang menurun sedangkan menjadi dewasa itu pilihan karena tidak semua orang dapat menjadi dewasa pada masa tuanya.

Bijaksana merupakan pengetahuan mendalam terhadap kehidupan serta kemampuan interpersonal yang berupa kematangan ego dan integritas. “Kognitif, afektif, dan reflektif merupakan faktor internal sedangkan lingkungan fisik dan sosial adalah faktor eksternal yang dapat memengaruhi kebijaksanaan,” tutur Aisah Indati, Dosen Fakultas Psikologi UGM.

Menurut Aisah kebijaksanaan pada lansia selaras dengan adanya kondisi mental yang sehat.  Kriteria sehat mental antara lain memiliki pengetahuan diri, penerimaan diri, harga diri, kepercayaan diri, mampu mengendalikan dan mengembangkan diri, dan memiliki kemauan untuk berhubungan dengan orang lain baik secara interpersonal maupun sosial.

Aisah juga menjelaskan bahwa terdapat tiga aspek penting untuk mencapai kearifan di masa tua. Yang pertama, memiliki rasa kepuasan dalam hidup (life satisfaction) artinya walaupun memiliki banyak kekurangan dalam diri, namun tetap merasa puas dan bersyukur. Kedua, memiliki keterbukaan dalam hidup (openness the experience) yaitu mau kemampuan untuk mau belajar dari orang lain. Dan yang terakhir  memiliki kebermaknaan hidup atau berharga.

“Openness juga termasuk mengomunikasikan rasa sakit yang dirasakan baik secara fisik maupun psikologis. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang perlu dipendam sendiri justru dengan adanya keterbukaan dapat menjadi salah satu media untuk tercapainya kesehatan mental dan kebijaksanaan,” ujarnya.

Selalu positif thinking terhadap suatu hal yang akan terjadi dan ketika suatu peristiwa tidak sesuai kehendak maka harus dihadapi dengan sabar, evaluasi, dan terima apa adanya karena manusia tidak ada yang sempurna. Dua hal tersebut merupakan kiat-kiat yang dilaksanakan oleh Aisah yang menjadikan dirinya pribadi yang periang dan aktif hingga masa tua ini.

“Cara mencapai kebijaksanaan sebenarnya sangat sederhana untuk diucapkan, namun terkadang memang terasa sulit untuk dilakukan,” imbuhnya.

Penulis: Khansa



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/21053-menghadapi-masa-tua-dengan-bijaksana

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Tim Peneliti UGM Tingkatkan Produksi Pengrajin Minyak Nilam Kulonprogo
28 Oktober 2019
UGM Dorong Kebijakan Pengelolaan Generasi Sehat
12 November 2019
UGM Kenalkan Jamu ke Generasi Milenial
17 November 2019
UGM Dorong Gerakan Memanen Air Hujan Untuk Atasi Kekeringan
22 November 2019
Menumbuhkan Minat Generasi Muda Berwirausaha Pertanian
29 November 2019
Tim UGM Juarai Kompetisi Advanced Innovation Jam di Jepang
11 Desember 2019

Komentar