Perbedaan American English Dan British English

access_time | label Ngampus
Bagikan artikel ini
Perbedaan American English Dan British English

Kamu sering gak sih merasa bingung dengan bahasa inggris? Bukannya kentang goreng itu french fries? Tapi kok ada yang menyebutnya chips? Lalu mana yang benar? Tenang aja, keduanya benar kok. Hanya saja, french fries biasanya diucapkan di American English dan chips biasanya diucapkan di British English. Jadi keduanya berbeda? Sebenarnya keduanya sama - sama bahasa inggris dengan sejumlah kecil perbedaan. Melalui artikel ini kamu akan mengetahui apa – apa saja perbedaan diantara keduanya. Namun sebelumnya, yuk simak dulu sejarah dan penyebab dibalik perbedaan antara American English dan British English.


Sejarah American English dan British English

Menurut sejarah, perbedaan antara American English dan British English terjadi akibat konflik antara Inggris dan Amerika. Pada saat itu rakyat Amerika berusaha untuk melepasan diri dari pemerintahan Inggris yang berujung pada perang kemerdekaan Amerika Serikat.

Di Inggris , kamus disusun oleh pakar bahasa di London. Di Amerika sendiri, kamus disusun oleh Noah Webser. ia diduga merubah ejaan untuk membedaan ejaan Amerika dan Inggris karena ia ingin menujukkan bahwa Amerika mempunyai budaya yang mandiri.


Perbedaan American English dan British English

#1 Pengucapan

Dalam British English, bunyi “r” tidak diucapkan dengan jelas atau bahkan tidak diucapkan sama sekali apabila terletak di depan kata, dalam 1 satu kata, setelah huruf vocal, dan di akhir kata. Banyak orang indonesia yang merasa kesulitan mendengar pengucapan British English karena terkesan kurang jelas. Berbeda dengan American English yang lebih jelas pengucapannya.

#2 Vocabulary

Bukan hanya penguacapan, namun banyak juga vocabulary atau kosakata antara bahasa inggris Amerika dan British yang berbeda. Seperti kata french ries dan chips tadi, meskipun sama sama kentang goreng, keduanya memilliki kosakata yang berbeda. Apa saja sih contohnya:

AMERICAN BRITISH

Movie Film

Elevator Lift

Apartment Flat

Candy Sweets

Fall Autumn

Vacation Holiday

Truck Lorry

Trousers Pants

#3 Tata Bahasa

Misalnya di American English, orang – orang lebih sering menggunakan kata “will” dan “should” dibanding British English yang cenderung menggunakan kata “shall”.

Lalu pada penggunaan kata “have”, dalam British English tidak perlu menambahkan "do" i kalima negatif dan pertanyaan. contoh:

(+)      “i have a book”

(-)       “i have not any book”

(?)       “have you a book?”

Sedangkan dalam American English, semua kalimat tersebut biasanya memakai bentuk "do" didepannya. Contoh:

(+)      “i have a book”

(-)       “i do not have any book”

(?)       “ do you have a book?”

Untuk preposisi, British English menggunakan “at” untuk menunjuk waktu dan tempat. Sedangkan pada American English cenderung menggunakan "on".

Ada lagi pebedaan yang jaran disadari oleh kita yakni bentuk lampau dari British English dan American English sedikit berbeda. Dalam American English, kita hanya perlu menambahkan ed diakhir kata sebagai pertanda verb lampau. Sedangkan pada British English, bentuk lampau tidak hanya menggunakan imbuhan –ed namun juga –t. Contoh:

-         Dreamed - dreamt

-         Burned - burnt

#4 Penulisan

Ejaan di American English biasanya sudah disesuaikan dengan cara melafalkannya. American English cenderung menghapus huruf – huruf yang tidak diperlukan.

Akhiran –our menjadi –oa

-         Bristish: colour, favour, honour

-         American: color, favor, honor

Akhiran –se menjadi -ze

-         Bristish: analyse, memorise, organise

-         American: analyze, memorize, organize

Akhiran –re menjadi –er

-         Bristish: centre, theatre, litre

-         American: center, theater, liter

Akhiran –ce menadi –se

-         Bristish: defence

-         American: defense

Penyerdehanaan konsonan ganda

-         Bristish: dialled, modelling

-         American: dialed, modeling


Nah itulah perbedaan – perbedaan yang ada pada British English dan American English.

 

 

 


Penulis

foto Luthfiana
Luthfiana

Komentar