Logo Eventkampus

Kaum Millenial? Harus Pandai Public Speaking!

access_time | label Opini
Bagikan artikel ini
Kaum Millenial? Harus Pandai Public Speaking!

Di era modern ini banyak sekali skill-skill yang harus dikuasai yang berpotensi mengembangkan karirmu kedepan. Skill-skill tersebut harus ada pada diri seorang pelajar untuk survive di dunia pendidikan mereka, juga jenjang karir mereka kedepan. Di era modern banyak sekali skill yang menarik untuk dipelajari, mulai dari SEO, media sosial (Instagram, TikTok, Fb Ads, IG Ads) content creator, dan public speaking menjadi salah satunya juga.

           Mengawali pembahasan ini, ada quotes menarik dari mantan presiden United States of America (USA), John F Kennedy berkata “Public speaking adalah salah satu seni mencairkan ide 2 menit dengan 2 jam kosakata”. Menjadi hal yang menarik bahwa sebuah ide harus bisa dibahasakan dengan sebaik-baik mungkin agar dapat diterima oleh orang lain. Public speaking menjadi salah satu skill penting untuk bersaing di era modern ini. Pasalnya, untuk menyampaikan suatu gagasan yang dapat didengar dan diterima dengan baik oleh khalayak umum, kita perlu menyampaikannya dengan metode yang baik. Sebaik-baiknya gagasan akan menjadi sangat luar biasa bilamana kita dapat menyampaikannya secara jelas, terperinci, dan mudah dipahami.

           Skill berbicara di depan umum sangat mempengaruhi jenjang karirmu kedepan, sebab banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan public speaking, mulai dari; guru, sales marketing, businessman, leader, manager, CEO, dll. Karir-karir tersebut harus ditunjang dengan skill public speaking yang baik, terlebih-lebih untuk memimpin orang lain. Seni berbicara digunakan untuk mempengaruhi orang lain agar dapat menerima gagasan kita. Konon, skill ini dianggap pula sebagai cuci otak. Karena disetiap kata yang diucapkan mengandung sebuah pengaruh kuat yang dapat mendorong orang lain untuk melakukan suatu perubahan baik yang kecil maupun yang signifikan. Untuk mempengaruhi orang lain, maka kita harus berlatih public speaking.

           Melatih public speaking adalah suatu usaha menuju kesuksesan pula. Latihan harus selalu dilakukan karena untuk menjadi seorang yang professional pada suatu bidang, diperlukan latihan yang cukup serius dan panjang. Mungkin kamu pernah mendengar kaidah 10 ribu jam oleh Malcolm Gladwell dalam bukunya Outliers, Rahasia di balik sukses, bahwa seorang ahli memerlukan waktu latihan selama 10 ribu jam untuk menjadi ahli dalam suatu bidang. Apabila kita berlatih selama 8 jam setiap harinya, maka untuk mencapai 10ribu jam kita memerlukan waktu sekitar 4 tahun 8 bulan. Latihan yang rutin akan membuat kita menjadi semakin ahli dalam menguasai suatu bidang.

           Untuk melatih public speaking, pertama-tama kamu perlu banyak membaca buku dan menambah wawasan akan kualitas diri, character building, time management, self management, juga suatu bidang yang kamu minati yang menjadi tujuan kamu kelak. Selanjutnya, kamu dapat mencari suatu komunitas yang mendukung akan minat dan bakatmu, dan mulailah berdiskusi akan suatu hal yang menjadi minatmu. Ajaklah kawanmu untuk berdiskusi denganmu, mulailah pembicaraan tersebut seperti air mengalir. Sering-seringlah berpikir sendiri dan juga melatih berbicara di depan kaca, dan juga berbicara di kamar mandi untuk meningkatkan kualitas berbicaramu dan mentalmu. Jangan ragu-ragu untuk mengambil panggung bilamana ada kesempatan untuk berbicara di depan umum. Semakin kamu mengasah kemampuanmu, maka semakin cepat kamu berkembang dan menjadi ahli dalam berbicara di depan umum.

           Public speaking sangatlah perlu, karena sedari kecil pun kita sudah dilatih untuk berbicara oleh kedua orang tua kita. Mulai dari mengucapkan satu kata, hingga dapat berbicara dengan lancar. Berbicaralah maka idemu akan didengar oleh orang lain, berbicaralah karena dari situlah dirimu akan dikenal. 


Penulis

foto Arjuna Pranadya
Arjuna Pranadya

Artikel Terkait

Surat Terbuka Siswa untuk Pak Semangat
05 Juni 2017
Merasa belum pas dengan pilihan prodi dan perguruan tinggi yang sudah dipilih? Bersyukurlah.
04 Juli 2017
SEMINAR NASIONAL BEM FT UNSADA 2018
24 Januari 2018
SEMINAR PROPERTI SYARIAH : Menjadi Entrepreneur Melalui Investasi dalam Properti Syariah
15 Mei 2018
Ngampus : Daftar Kampus Yang Memiliki Jurusan "Game"
13 Februari 2020
10 Universitas Yang Ada Di Kota Solo
26 Februari 2020

Komentar