Logo Eventkampus

MENGENAL APA ITU TAUHID

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
MENGENAL APA ITU TAUHID

Pada dasarnya tauhid bukan hanya sekedar memahami, mengerti, dan mengenal bahwa pencipta alam dan seisinya adalah Allah SWT, tidak hanya sekedar bukti rasional akan kebenaran wujud-Nya, dan bukan juga sekedar mengenal nama dan sifat-Nya. Tauhid merupakan pemurnian ibadah kepada Allah SWT yang dilakukan dengan cara menghambakan diri kepada-Nya secara konsekuen dengan mentaati segala perintahnya yang menjauhi segala larangan-Nya. Hal tersebut dilakukan dengan penuh rasa rendah diri dan cinta kepada Allah SWT. Oleh karena itu, dengan selalu mengingat penjelasan di atas kita tahu bahwa tauhid memiliki peranan yang penting bagi kehidupan manusia, dan tentunya hal ini menjadi kewajiban untuk setiap umat islam untuk mempelajarinya.

Kata tauhid berasal dari kata-kata wahhada, yuwahhidu, tauhidan, yang artinya mengesakan, menyatukan. Jadi, tauhid adalah suatu ajaran yang mengesakan Allah. Arti kata tauhid adalah mengesakan, yang dimaksud dengan mengesakan Allah Swt adalah dzat-Nya, sifat-Nya, asma‟-Nya dan af‟al-Nya. Tauhid pun ada beberpa macam nya antara lain:

1. Tauhid Rububiyah

Artinya mengesakan Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam hal perbuatanNya. Seperti mencipta, memberi rezeki, menghidupkan dan mematikan, mendatangkan bahaya, memberi manfaat, dan lain-lain yang merupakan perbuatan-perbuatan khusus Allah Subhanahu wa Ta’ala. Seorang muslim haruslah meyakini bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak memiliki sekutu dalam RububiyahNya.

2. Tauhid Uluhiyah

Artinya mengesakan Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam jenis-jenis peribadatan yang telah disyariatkan. Seperti ; shalat, puasa, zakat, haji, do’a, nadzar, sembelihan, berharap, cemas, takut, dan sebagainya yang tergolong jenis ibadah.

3. Tauhid Asma was Sifat

Yaitu menetapkan nama-nama dan sifat-saifat untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Allah untuk diriNya maupun yang telah ditetapkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ; serta meniadakan kekurangan-kekurangan dan aib-aib yang ditiadakan oleh Allah terhadap diriNya, dan apa yang ditiadakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Tauhid itu sendiri pasti memilki manfaat yang bisa kita dapatkan. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

1. Aman di akhirat dari siksa yang selama-lamanya,

2. Dapat hidayah di dunia,

3. Diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT.

Tauhid pun bisa rusak, ada beberapa hal yang bisa merusak Tauhid, diantaranya sebagai berikut:

1. Syirik

Syirik yaitu menyamakan sesuatu selain Allah dengan Allah pada apa yang menjadi kekhususan Allah.

2. Kufur

Dalam bahasa Arab, Kufur berarti menutupi. Dalam terminology syariat, kufur berarti mengingkari suatu bagian dari ajaran Islam dimana tanpa bagian itu keislaman seseorang menjadi batal atau tidak sempurna.

3. Nifaq

Nifaq dalam bahasa Arab diambil dari akar kata Nafiqul Yarbu’ yang berarti lubang tikus, karena biasanya tikus selalu menampakkan jalan masuknya ke lubang, namun tidak menampakkan jalan keluarnya. Jadi, arti dasarnya adalah menampakkan sesuatu dan menyembunyikan lawannya.

4. Murtad

Istilah murtad jika dimaknai secara umum merupakan perbuatan yang mengingkari, meninggalkan agama Islam dan ajarannya, kemudian berpindah dari agama Allah saw ke agama lain, misalnya Nasrani atau yahudi tanpa ada paksaaan dan memang atas kesadarannya sendiri.

Penulis

foto Anjan
Anjan

Komentar