Logo Eventkampus

Belajar PHP Dengan Mudah di Aplikasikan.

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Belajar PHP Dengan Mudah di Aplikasikan.

PHP merupakan salah satu bahasa yang sangat populer di kalangan developer web. Bagi pemula yang ingin belajar PHP dapat dilakukan dengan mudah, terlebih lagi dokumentasi atau buku mengenai PHP sangat mudah diperoleh. Bagi developer pemula, hal yang pertama dipertanyakan adalah terkait apa itu PHP?

PHP adalah bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat halaman web yang dinamis. PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor yang diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. PHP merupakan script yang menyatu dengan HTML (Hyper Text Markup Language ) dan berada pada server.

Perkembangan PHP cukup cepat, hal ini terbukti dengan adanya versi terbaru PHP 7 serta banyaknya CMS (Content Management System) atau PHP Framework yang dikembangkan dengan PHP sebagai dasarnya seperti Laravel, Yii, CodeIgniter, dan lain-lain. Bagi pemula yang baru mengenal PHP dan ingin belajar PHP, di bawah ini merupakan tips ketika mulai mempelajari PHP.

Memahami HTML

Untuk belajar PHP, pahami juga dasar-dasar dari HTML karena PHP akan disisipkan di antara koding HTML. Secara sederhana, koding HTML yang membuat tampilan sedangkan PHP yang membuat tampilan tersebut menampilkan data secara dinamis. Silahkan pelajari koding dasar HTML pada artikel sebelumnya atau jika ingin lebih bagus silahkan pelajari lebih dalam mengenai HTML pada situs tutorial seperti TutorialsPoint.

Pelajari koding dasar PHP

Setelah mengerti konsep dan dasar HTML, pelajari koding dasar PHP seperti if, else, while, foreach, dan lainnya. Belajar PHP dasar ini bertujuan agar mengerti fungsinya dan kapan harus digunakan masing-masing dari fungsi tersebut. Ketika dasarnya sudah paham, untuk selanjutnya akan lebih mudah dalam belajar PHP.

Buat contoh program PHP

Setelah memahami fungsi dari dasar-dasar PHP, lakukan praktek dengan membuat program dari fungsi PHP tersebut. Bagi developer pemula, hal yang paling penting ketika mempelajari bahasa pemrograman adalah memahami dan mengerti dasar dari bahasa pemrograman tersebut. Untuk mempelajari fungsi dasar PHP dan mempraktekannya bisa kunjungi situs learn-php.org.

Baca dokumentasi

Setelah menguasai perintah dasar dari PHP, cobalah praktekan dalam membuat program dengan menggunakan fungsi-fungsi PHP lainnya. PHP memiliki fungsi yang sangat banyak, untuk mempelajarinya silahkan baca dokumentasi yang tersedia di situs resminya PHP. Dokumentasi sangat berguna ketika para developer kebingungan terkait mengenai fungsi dari PHP.

Pelajari koneksi database

Setelah belajar dasar PHP, sekarang mulai pelajari koding PHP untuk koneksi ke database. Untuk lebih mudahnya, selain belajar melalui dokumentasi, bisa juga belajar dari situs yang membahas pemrograman PHP seperti W3Schools, Codecademy, dan lain-lain.

Pelajari database

Untuk melengkapi pemahaman penggunaan PHP dengan database, silahkan pelajari dasar database seperti cara menampilkan data, memasukan data ke tabel, mengubah data, dan menghapus data. Untuk database, bisa pelajari MySQL, MariaDB, atau database lainnya.

Seiring perkembangan zaman, banyak framework PHP bermunculan. Salah satu framework PHP yang lagi ramai dikalangan developer di tahun 2016 ini adalah Laravel

Penulis

foto Nugroho budi santoso
Nugroho budi santoso
SMK N 02 KARANGANYAR
bekerjalah tanpa suara biarkan kesuksesanmu yang bersuara nyaring.

Artikel Terkait

tips daya ingat
06 Januari 2018
Fakta Martin Garrix
18 Januari 2018
Ini dia ! Manfaat dan Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan
19 Januari 2018
Manfaat Buah Sirsak Untuk Keremajaan Tubuh
22 Januari 2018
Kalian Pengguna WhatsApp ? Simak berikut Fakta Unik WhatsApp!
22 Januari 2018

Komentar