Logo Eventkampus

Mendidik Karakter Sejak Dini

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
 Mendidik Karakter Sejak Dini

 Mendidik Karakter Sejak Dini

Usia dini merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter seseorang,melalui pendidikan karakter sedini mengkin kepada anak-anak adalah kunci utama membangun bangsa.Itulah masa-masa yang dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak akan mulai terbentuk. Anak merupakan asset terbesar orang tua untuk masa depan. Banyak harapan besar yang ditumpukan oleh orang tua kepada mereka. Demi kemajuan anak orang tua bisa mengorbankan apa saja termasuk pendidikannya. Setiap orang tua menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anak. Namun sebagian besar orang tua masih kurang tepat dalam memberikan tuntutan pendidikan bagi anak. Inilah cara mendidik karakter sejak dini :

  1. keagamaan

Dimanapun anda berada dan apapun agama yang dianut, pendidikan aan takut mengenai Tuhan, bagaimana anda beribadah dan memiliki keyakinan harus ditanaman dari kecil.

tidak memanjakan anak

Bagi orang tua yang memanjakan anaknya itu sebenarnya keliru,sebaiknya anak di latih mandiri agar tidak manja.

mengajarkan anak hidup mandiri

Mandiri sendiri berarti tidak selalu bergantung kepada orang lain namun bukan berarti mandiri itu tidak membutuhkan orang lain. Jadi bagaimana menumbuhkan sikap mandir dalam diri anak? agar sikap mandiri bisa tumbuh dalam diri anak sebaiknya anda tidak terlalu memanjakan anak, biarkan anak anda sendiri melakukan sendiri apa yang bisa ia lakukan seperti mengajarkan anak untuk membersihkan sendiri tempat tidurnya, memakai baju sendiri, mengikat tali sepatunya.

biarkan anak bermain dengan anak seusianya

Jika anda menganggap bermain sebagai hal yang tidak penting bagi anak maka hal tersebut adalah hal yang kurang tepat. Ada banyak nilai positif yang bisa didapatkan anak saat dia bermain bersama teman sejawatnya (seusianya) salah satunya dengan bermain bersama anak akan belajar bagaimana cara bergaul dan berinteraksi yang baik.

mengajarkan anak hidup sederhana

Kesedarhaan akan menghindarkan anak dari sikap sombong dan angkuh selain itu anak akan belajar untuk menghargai apa yang dia miliki. Kesederhanaan bisa diajarkan kepada anak dengan cara tidak berlebih-lebihan dalam menggunakan sesuatu atau memakai sesuatu, mengajarkan kepada anak untuk lebih mengutamakan hal yang dibutuhkan dari pada hal yang diinginkan, mengajarkan anak untuk tampil sederhana meskipun dia punya segalanya untuk bisa tampil woow dan hebat.

Munkin itu cara yang baik untuk mendidik karakter usia dini, silahkan coba untuk menerapkan pada kehidupan sehari-hari.

Penulis

foto ilham rizki kurniawan
ilham rizki kurniawan

Artikel Terkait

6 Kode Rahasia Android Ini Wajib Kamu Ketahui
09 Maret 2018
inilah 5 manfaat hidup hemat bagi kita....!!!
12 Maret 2018
8 Sifat Aneh Wanita yang jadi Misteri bagi para Pria
13 Maret 2018
5 RANGKAIAN FESTIVAL 'TAK BIASA' UNTUK MEMPERINGATI KEMATIAN
14 Maret 2018
8 Fakta Menarik Seputar Tentara Nasional Indonesia (TNI)
15 Maret 2018
Pria Pendiam Wajib di Pertahankan
15 Maret 2018

Komentar