kelebihan hidup di desa yang menyenangkan

access_time | label Lainnya
kelebihan hidup di desa yang menyenangkan

kelebihan hidup di desa yang menyenangkan

desa adalah wilayah yang mempunyai kegiatan utama pertanian, termasuk pengelolaan sumber daya alam dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman perdesaan, pelayanan jasa, pemerintahan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi.

Kelebihan hidup di desa :

Udara yang segar

Kehidupan di desa masih tergantung dengan pertanian. Oleh karena banyaknya tumbuhan, ditambah tidak adanya gedung tinggi berjejer, membuat udara segar dengan bebas masuk ke celah-celah ventilasi rumah kita. Sehingga tanpa AC pun kita sudah mendapatkan angin segar yang alami.

Bebas polusi

Lokasi yang jauh dari perkotaan, menjadikan tidak adanya kebisingan, bau asap kendaraan, steril nya sungai dari limbah pabrik. Itulah sebabnya tingkat stres penduduk perkotaan lebih tinggi dari penduduk desa.

Budaya gotong royong

Kehidupan di desa masih kental dengan budaya gotong-royong nya, sehingga tidak perlu terlalu banyak uang untuk membangun rumah, jalan, jembatan, maupun infrastruktur lainnya. Dalam mengadakan acara, mereka juga saling bantu-membantu, acara pernikahan misalnya, para tetangga akan datang sendirinya tanpa diundang sekalipun.

Kebutuhan hidup yang murah

Kebutuhan akan sandang, pangan dan papan masyarakat seringkali dipengaruhi oleh gaya hidup sosial disekitarnya. Jika diperkotaan biaya akan kebutuhan hidup cenderung lebih mahal, maka di pedesaan biaya hidup akan jauh lebih murah. Hal tersebut dikarenakan segala kebutuhan di kota tidak lagi tersedia di lingkungan secara gratis (misalnya air, sayuran, lauk dan sebagainya) belum lagi ditambah gaya hidup akan sandang dan papan yang cenderung hedonis. 

Saudara yang lebih banyak

Jiwa solidaritas dan juga kepedulian sosial terhadap sesama lebih dimiliki oleh warga desa. Hal tersebut dikarenakan norma-norma sosial lebih bisa diterapkan, sehingga membuat warganya selalu guyup rukun untuk membantu sesama. 

 nah itulah kelebihan hidup di desa yang menyenangkan di bandingkan hidup di perkotaan                                          

Tags

Penulis

foto ilham rizki kurniawan
ilham rizki kurniawan

Share

Komentar