Logo Eventkampus

Tips Tips Agar Kamu Gak Salah Pilih Jurusan Kuliah

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Tips Agar Kamu Gak Salah Pilih Jurusan Kuliah

"eh lo pas lulus mau lanjut ambil kuliah apaan dah?"

"gak tau nih gue masih bingung"

Yhaa pertanyaan ini pasti sering lo dapetin apalagi bagi kalian yang masih SMA. Emang sih nggak gampang untuk memilih jurusan yang cocok untuk diri sendiri, malah banyak yang setelah masuk jurusan itu malah menyesal krn bukan minat bakat lo, well jadinya salah pilih deh. Nah, lo nggak mau kan kaya gitu? nih P! Ada tips tipsnya biar lo ga salah pilih 

1. Pilih sesuai Passion lo

Ini nih termasuk tips yang paling penting, why? karena dgn mengetahui passion kalian, kalian bakal tau minat/bakat kalian ke arah yang tepat. Kan rugi kalo lo belajar 3-4 tahun tapi di bidang yang gak sesuai dengan minat dan bakat lo. Kalo lo belajar di bidang yang lo suka, pasti bakal semangat dan enjoy ngejalanin nya!

2. Minta masukan dari orang tua

Ini gak kalah penting gaes, kalo kalian bingung kalian bisa minta pendapat nyokap or bokap, pastinya mereka lebih berpengalaman dan juga tau apa kelebihan, kekurangan diri lo. Siapa tau setelah itu lo bakal lebih yakin dgn pilihan lo sendiri.

3. Nggak usah terpengaruh temen

Jaman sekarang banyak nih anak muda yang hanya ingin ikut ikutan dan gengsi. Mereka janjian masuk universitas, jurusan dan daftar nya secara bersama sama, tapi siswa yang belum menentukan mau masuk mana akhirnya ikut aja yang penting sama sama ehhh, malah akhirnya nyesel dan ngerasa salah pilih jurusan. So kalian gak usah terpengaruh ya! Pikir dan pilih jurusan yang sesuai dgn passion kalian

4. Pertimbangkan dengan citacita kalian di masa depan

Jurusan kuliah yang kalian pilih tentunya akan jadi penentu career yang akan lo kerjakan selanjutnya. Mulai lah dari sekarang untuk menyesuaikan jurusan dan pekerjaan kalian yang kalian sukai.

5.Siapkan plan B

Ketika lo nggak di terima di universitas dgn jurusan yang lo pilih, lo bakal udh ada rencana alternative kedepannya. Bisa aja lo memilih jurusan dan universitas lain yang jadi pilihan kedua lo. Dengan lo menyusun plan B kalian bakal siap secara mental dan nggak bingung nantinya.

Nggak usah cemas, pilih jurusan yang tepat emang penting, tapi ini bukan penentu hidup lo, cuman lebih baiknya lo mempersiapkan secara matang. Putuskan lah dengan percaya diri dan ikuti kata hati. Gimana gaes setelah baca artikel ini udah tau kan mau milih jurusan apa?

Oleh: wulan suci puspita dewi

Penulis

foto Wulan Suci Puspita D
Wulan Suci Puspita D
SMA ANGKASA ADISUTJITO

Artikel Terkait

Surat Terbuka Siswa untuk Pak Semangat
05 Juni 2017
10 Kegiatan Keren Untuk Mengisi Liburan Semester Agar Lebih Berkesan Ala Mahasiswa
20 Juni 2017
Merasa belum pas dengan pilihan prodi dan perguruan tinggi yang sudah dipilih? Bersyukurlah.
04 Juli 2017
10 Cara Instan Meningkatkan Percaya Diri Dalam Hitungan Detik
10 Juli 2017
Cara Mengatasi Malas Belajar
27 Januari 2020
Ingin Kuliah? Jangan Sampai Salah Pilih Jurusan!
18 Februari 2022

Komentar