Logo Eventkampus

10 Kegiatan Keren Untuk Mengisi Liburan Semester Agar Lebih Berkesan Ala Mahasiswa

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
10 Kegiatan Keren Untuk Mengisi Liburan Semester Agar Lebih Berkesan Ala Mahasiswa

 Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan agar lebih berkesan selain pulang ke rumah atau tiduran di kost dan maen games. Berikut ini diantaranya 10 kegiatan keren yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan semester agar berkesan.

  1. Mengikuti kursus atau training untuk mengasah skill tertentu

Kegiatan pertama yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan semester adalah dengan mengikuti kursus, pelatihan atau training untuk mengasah skill tertentu.

Pelatihan apa yang sebaiknya diikuti?

Pelatihan apa saja. Namun usahakan pilih jenis pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan skill secara signifikan dan dapat membantu mewujudkan cita-cita. Selain itu, pilihlah jenis pelatihan atau training dengan biaya yang relatif terjangkau dan sesuai dengan minat. Sesuaikan pula dengan durasi waktunya sehingga tidak melebihi waktu liburan Selesai

Materinya macam-macam. Bisa berupa training desain grafis, training presentasi, public speaking, bahasa inggris, TOEFL Preparation, dan sebagainya. Bisa pula training tentang bagaimana memulai usaha dengan modal kecil dan waktu yang terbatas. Atau, training tentang bagaimana mengasah dan meningkatkan kemampuan diri agar mampu mendapatkan karier impian.

  1. Menjadi relawan untuk proyek-proyek sosial

Menjadi relawan? Ya, menjadi relawan. Artinya teman-teman menjalani suatu pekerjaan tanpa bayaran atau imbalan tertentu.

Relawan pada kegiatan apa?

Macam-macam. Misalnya, proyek pembersihan dan pengecatan 15 mushola di sekitar kampus. Proyek pembersihan sampah, penyuluhan kesehatan reproduksi bagi remaja, atau menjadi relawan pada pelatihan keterampilan bagi ibu-ibu PKK atau Dasawisma setempat.

Bekerjasamalah dengan yang lain, atau lembaga nirlaba untuk membantu secara finansial dan legalitas kegiatan. Ajak dan libatkan pula aparat atau dinas-dinas terkait sebagai perwakilan dari unsur pemerintahan.

  1. Mulai membangun personal blog

Personal blog. Idealnya, teman-teman yang sudah hidup di zaman digital ini memilikinya. Sesuai dengan passion dan ilmu yang dimilikinya.

Personal blog adalah kumpulan catatan atau tulisan yang berisi tentang ilmu dan pengalaman atau skill pada bidang tertentu sesuai dengan kecintaan sang pemilik blog. Personal blog menjadi sesuatu yang sudah seharusnya teman-teman miliki karena beberapa pertimbangan, yaitu:

Kepemilikan personal blog menunjukkan bahwa teman-teman cukup melek teknologi. Bukan termasuk kelompok yang gaptek

Personal blog juga menjadi salah satu nilai pembeda yang positif bagi seorang kandidat dibanding kandidat lainnya yang hanya bermodalkan ijazah dan sertifikat saja. Dan tentu saja ini membuka kesempatan lebih lebar untuk meniti karier yang cemerlang.

4. Mencoba Membuka Bisnis atau Jasa

Mencoba membuka bisnis atau jasa dapat dijadikan kegiatan alternatif selanjutnya dalam mengisi liburan semester.Bisnis atau jasa apa kira-kira ya?

 Namun usahakan bisnisnya adalah yang tidak memerlukan modal awal banyak dan dapat dilakukan saat liburan. Lebih baik lagi jika barang yang dijual dapat dikembalikan jika tidak laku. Sehingga resiko ruginya lebih minimal.

Jika layanan jasa, maka usahakan untuk memberikan jasa yang benar-benar anda kuasai. Atau bekerja sama dengan partner yang terpercaya dan telah memiliki reputasi yang baik.

  1. Traveling sebagai backpacker

Traveling sebagai backpacker, bisa menjadi alternatif menarik untuk mengisi liburan semester. Sebagai backpacker sederhananya diartikan sebagai perjalanan liburan tanpa menggunakan jasa agen perjalanan atau angkutan travel. Semuanya diurus sendiri, mulai dari urusan transportasi, penginapan dan makan selama dalam perjalanan maupun di tempat tujuan. Berangkatnya bisa sendirian, berdua atau rombongan

Namun tentu kegiatan ini harus diperhitungkan matang-matang sebelum berangkat. Mulai dari tujuan traveling, rute perjalanan, kondisi keamanan dan sosial budaya setempat, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Menulis buku atau novel

Kegiatan selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan semester adalah menulis buku atau novel. Menulis kumpulan cerpen pun boleh.Liburan semester yang cukup panjang, sangat tepat dimanfaatkan untuk mengsah dan memunculkan kemampuan menulis.

Menulis itu tidak sesulit yang dibayangkan. Jika teman-teman rajin membaca, itu sudah menjadi modal untuk menulis. Asal berani mencoba dan sering dilatih, maka kemampuan menulis teman-teman akan semakin bagus.

  1. Magang di institusi atau perusahaan

Magang di perusahaan menjadi pilihan kegiatan mengisi liburan selanjutnya. Magang artinya ikut bekerja di sebuah perusahaan tanpa atau dengan sedikit imbalan. Tujuan magang adalah untuk mencari pengalaman nyata di dunia kerja sambil menyerap ilmu-ilmu yang sering kali tidak diteukan di ruang kuliah.

Magang biasanya dilakukan pada tempat atau perusahaan yang menjalankan ilmu sesuai dengan yang teman-teman tempuh. Misalnya, teman-teman kuliah di peternakan, maka biasanya magang dilakukan di perusahaan pembibitan (breeding farm) atau di perusahaan penggemukan sapi (feedloter). Jika teman-teman kuliah di jurusan PG PAUD, maka biasanya magang dilakukan di PAUD atau TK.

  1. Menjadi assisten pada proyek penelitian dosen

Ini kegiatan yang asyik untuk mengisi liburan, menjadi assisten pada proyek penelitian dosen.

Menjadi assisten dosen pada proyek penelitiannya merupakan kesempatan langka dan sangat sedikit mahasiswa yang mendapatkan kesempatan tersebut. Dosen yang hendak melakukan penelitian biasanya membutuhkan assisten untuk membantu memberikan perlakuan pada objek penelitian, mencatat data bahkan kadang sampai membantu menghitung dan menganalisis data yang telah dikumpulkan.

Pada penelitian lain, assisten dosen biasanya juga membantu dalam hal menyebar kuisioner, menemui responden, atau menemani dosen melakukan survei lapangan.

Keuntungan jelas mendapat kesempatan untuk melakukan penelitian secara real yang langsung didampingi oleh dosennya. Jika ada hal baru atau tidak dapat difahami oleh ilmu yang telah diterima selama kuliah, bisa langsung bertanya dan berdiskusi dengan dosennya, jika sudah berada pada semester akhir dan sudah saatnya melakukan penelitian untuk skripsi, biasanya kita mendapatkan kesempatan untuk meneliti satu sub bahasan Sub bahasan ini diperbolehkan untuk bahan penelitian skripsi kita. Jadi tidak usah bingung-bingung mencari judul skripsi dan membuat rencana penelitian sendiri.

  1. Menghafal Al-Quran

Ini khusus muslim.

Menghafal Al-Quran adalah kegiatan yang mulia dan bermanfaat dunia akhirat. Manfaat dunia, otak teman-teman akan terpacu membentuk sinaps dan jaringan yang lebih kompleks sehingga meningkatkan kemampuan berfikir. Keuntungan akhiratnya, teman-teman akan dimuliakan oleh Allah SWT sesuai dengan kadar hafalan Al-Qurannya.

  1. Berangkat umroh ke tanah suci

Ini khusus muslim juga. Mengisi liburan semester dengan berangkat umroh ke tanah suci, mungkin hanya dapat dilakukan oleh sebagian orang. Karena biayanya yang memang di luar kemampuan sebagian besar kantong mahasiswa. Namun demikian, alternatif kegiatan ini layak teman-teman coba untuk menemukan suasana dan sentuhan spiritualitas baru.

 

 

Penulis

foto rinikurniamega
rinikurniamega
SMK WIKARYA KARANGANYAR

Artikel Terkait

MANFAAT JALAN KAKI PAGI HARI
03 Juli 2017
Membaca buku adalah salah satu aktivitas yang memiliki seribu manfaat.
04 Juli 2017
Tips Menjadi Cewek/Cowok Yang Terkenal Disekolahan Atau Dikampus
06 Juli 2017
MAKANAN YANG SEHARUSNYA DIKONSUMSI KETIKA SARAPAN
10 Juli 2017
Manfaat Telur Ayam Kampung Mentah Bagi Kesehatan Manusia
24 Juli 2017
Tips Tips Agar Kamu Gak Salah Pilih Jurusan Kuliah
15 Februari 2018

Komentar