Logo Eventkampus

Berikut Penyebab dan Penanganan untuk Pelupa

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Berikut Penyebab dan Penanganan untuk Pelupa

Apakah seseorang lupa itu wajar?
Pada dasarnya, hal yang biasa dan wajar apabila seseorang pernah lupa. Adapun yang perlu diwaspadai jika masalah lupa sudah terlalu sering terjadi, sehingga benar-benar menganggu aktifitas sehari-hari.

Apa penyebab mudah lupa ingatan?

1. Kurang Tidur
Masalah kurang tidur bisa menyebabkan gangguan pada memori pikiran, terjadi karena otak dan syaraf tidak memperoleh mendapatkan istirahat yang cukup.

Masalah ini akhirnya mempengaruhi konsentrasi, yang berefek seseorang mudah lupa, cemas yang tidak wajar, dll.

Tidak hanya kurang tidur, tidur yang tidak nyenyak (tidur berkualitas) karena beberapa saat sebelum tidur masih sibuk dengan gadget, laptop, komputer, dsb, memberikan dampak buruk pada memori.

Untuk itu, hal yang buruk jika sering begadang sehingga kurang tidur, utamakan untuk tidur di malam hari dibandingkan melakukan urusan lainnya.

Sebagian orang mengganti waktu tidur malam dengan tidur siang, hal ini mengakibatkan meningkatkan resiko cepat pikun dan masalah gangguan memori lainnya.


2. Efek dari sebagian obat-obatan
Berbagai jenis obat-obatan, termasuk obat penenang, obat mengatasi tekanan darah tinggi, dan secara umum obat yang memberikan efek penenang, mengakibtkan peningkatan resiko gangguan ingatan.

Pemakaian pada tahap awal mungkin tidak memberikan dampak yang terasa, tetapi jika penggunaan dalam jangka panjang maka perlu dihindari, karena memberikan dampak buruk berupa gangguan memori serius.

Beberapa jenis obat-obatan yang menurunkan kemampuan memori otak untuk mengingat, seperti:
 

  1. Obat penenang (antidepresan)
  2. Obat tidur
  3. Obat tekanan darah tinggi
  4. Obat tekanan darah rendah
  5. Obat penghilang rasa sakit jenis tertentu
  6. Obat penurun kolesterol
  7. Obat diabetes
  8. Antihistamin


Untuk itu, jika memang terpaksa menggunakan obat-obatan seperti yang dipaparkan diatas, maka perlu bertanya kepada yang paham tentang hal ini, atau berkonsultasi dengan dokter…

...sehingga dapat menghindari (atau meminimalisir) berbagai dampak buruknya.

3. Stres, depresi, cemas, dsb
Saat ini, semakin banyak orang yang seharian hanya memikirkan masalah keuangan karena kebutuhan hidup yang besar. Hal ini karena persaingan di dunia kerja yang semakin ketat...

...demikian juga kebutuhan akan materi (uang) semakin meningkat, karena dipengaruhi gaya hidup. Kondisi seperti ini sering menyebabkan orang-orang mengalami stres dan cemas.

Masalah stres atau pikiran yang berat, berlanjut pada menurunnya kemampuan mengingat. Hal itu karena stres, depresi maupun rasa cemas yang berlebihan akan mengganggu kemampuan daya pikir, termasuk juga daya ingat.

Dan memang, pada faktanya masalah lupa dan kesulitan mencari solusi kerap terjadi pada orang yang panik.

Saat stress, otot akan menegang dan gelisah , hal ini juga membuat otak akan bekerja terlalu keras, sehingga proses menyimpan dan mengingat informasi mengalami gangguan.

Masalah stres dan depresi yang dialami, membuat syaraf dan otak tidak mampu mengendalikan pikiran, yang akhirnya membuat sering lupa.

 

Cara Mengatasi Penyakit Lupa

 

  • Kacang-kacangan

Vitamin E yang terkandung di dalam kacang, dapat mencegah lemahnya memori anda. Karena vitamin E adalah pasokan yang baik untuk meningkatkan sistem kerja otak.

  • Hal yang Unik

Mengatasi sering lupa, apalagi bagi seorang pelajar bisa mencoba cara ini dengan mudah dan tentunya memudahkan daya ingat agar terus ada dipikiran. Misalnya anda ingin mengingat BAB 1, maka dari bab 1 anda berikan patokan di mata misalnya, bab 2 di hidung, bab 3 di mulut, dan seterusnya.

Cara lain bisa juga dengan warna atau gambar :

Misal anda ingin mengingat tulisan "materi kejuruan" maka silakan anda lingkari atau garis bawahi dengan warna merah dan ingin membuat kalimat lagi, misalkan "bab pokok pengetahuan" maka anda garisi atau lingkari dengan warna biru, maka dengan warna tersebut otak anda mudah mengolahnya, misalkan anda lupa, lalu ingat warna merah dan ternyata warna merah adalah "materi kejuruan". Dan terakhir menggunakan gambar, misal gambar dokter adalah kesehatan. Nah intinya, cobalah buat sebisa anda dan sekreatif mungkin agar otak anda tetap bekerja dengan baik. Dan perlu diingat bahwa otak suka dengan warna, gambar, dan musik.

  • Kosumsi Choline

Hati ayam, kedelai, dan telur, adalah tempat utama dari choline. Dengan mengkosumsi makanan tersebut dengan teratur, maka dapat meningkatkan daya pikir yang lebih dari orang yang tidak mengkosumsi makanan tersebut.

 

Penulis

foto Anggun Prastiwi
Anggun Prastiwi
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

GANGSTARASTA ANIVERSARI 16Th
12 Desember 2017
Fakta jihyo twice
12 Januari 2018
Manfaat Jengkol
19 Januari 2018
Kegunaan Jahe Untuk Tubuh
19 Januari 2018
Kalian Hobi Muncak ? Persiapkan ini dahulu!
22 Januari 2018
Sejarah Prestasi yang di ukir oleh si Pangeran Biru PERSIB BANDUNG
22 Januari 2018

Komentar