Logo Eventkampus

Rawat Kebhinekaan, IPB Gelar Konser Cinta Tanah Air

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Rawat Kebhinekaan, IPB Gelar Konser Cinta Tanah Air

Dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional, Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Konser Cinta Tanah Air yang merupakan rangkaian yang bermula dari pelaksanaan Ikrar Mahasiswa IPB pada 20 Mei 2017 lalu. Ungkapan cinta kepada negeri ini mengusung tema “Mengobarkan Semangat Bhineka Tunggal Ika”. Acara digelar di Auditorium Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga Bogor, Jumat (26/5).

Rektor IPB, Prof. Dr. Herry Suhardiyanto, mengatakan bahwa semangat nasionalisme adalah semangat masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama walaupun berbeda ras, agama, suku, ethis atau golongan. Semangat ini tidak terlepas dari Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi norma hidup sehari-hari, saling menghargai antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya tanpa memandang suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, warna kulit dan lain-lain.

“Oleh karena itu, harapannya melalui Konser Cinta Tanah Air ini, seluruh warga IPB dapat memahami makna dan arti dari Bhinneka Tunggal Ika lebih mudah, serta meyakini bahwa keanekaragaman yang ada bukanlah merupakan perbedaan yang menimbulkan pertentangan. Namun justru makna keanekaragaman itu merupakan kesatuan yang akan memperkaya sifat dan makna persatuan bangsa dan negara Indonesia. Konser ini juga sebagai ruang untuk dapat menjalin kebersamaan diantara sivitas akademika IPB menuju IPB Jaya,” ujarnya.

Rangkaian acara konser diawali dengan menampilkan  lagu-lagu untuk mengobarkan rasa cinta tanah air dan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Selanjutnya Pernyataan Sikap IPB tentang Menjaga Nilai-nilai Pancasila dan Semangat Bhineka Tunggal Ika dibacakan oleh Rektor didampingi Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, Dewan Guru Besar, para Wakil Rektor, Sekretaris Institut, dan para Dekan, di hadapan peserta yang hadir diantaranya para ketua departemen, para direktur/kepala kantor/kepala biro, para dosen, dan tenaga kependidikan. Berikut isi pernyataan tersebut:

PERNYATAAN SIKAP IPB

MENJAGA NILAI-NILAI PANCASILA DAN SEMANGAT BHINNEKA TUNGGAL IKA

Memperhatikan perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini, serta pentingnya terus menerus menjaga nilai-nilai Pancasila dan semangat Bhinneka Tunggal Ika, dengan ini IPB menyatakan sikap sebagai berikut:

  1. IPB akan terus menerus memperkuat semangat Bhinneka Tunggal Ika, mengamalkan Pancasila, mematuhi Undang-Undang Dasar 1945, dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana tercantum dalam pasal 3 Peraturan Pemerintah No.66 Tahun 2013 tentang Statuta IPB.
  2. IPB berkomitmen tinggi untuk menjaga kemaslahatan bangsa dan berlandaskan prinsip pendidikan yang diselenggarakan secara inklusif, demokratis, dan berkeadilan dengan menjunjung tinggi norma dan etika akademik, serta nilai-nilai keagamaan, hak asasi manusia, nilai kultural, kemajemukan, kerukunan, dan persatuan bangsa.
  3. IPB memegang teguh dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip kejujuran, obyektivitas, taat asas, dan bebas kepentingan dalam cara berfikir untuk memperoleh kebenaran ilmiah, menjunjung tinggi nilai-nilai universal kemanusiaan, pemeliharaan keserasian, dan keberlanjutan kehidupan di muka bumi, memiliki keberpihakan terhadap kepentingan bangsa.
  4. IPB melarang kegiatan partai politik, organisasi ekstra kampus, dan gerakan radikal di dalam bentuk apapun dalam seluruh aktivitas kampus IPB sesuai dengan Peraturan Rektor Nomor 13/IT3/KM/2015 tertanggal 27 April 2015 tentang Tata Tertib Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Institut Pertanian Bogor diantaranya:
    • Dilarang melakukan kegiatan keagamaan yang bertentangan dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
    • Dilarang melakukan kegiatan politik di lingkungan kampus.
    • Dilarang menyebarluaskan ideologi yang bertentangan dengan ideologi negara di lingkungan kampus.
    • Dilarang mengadakan kegiatan termasuk membentuk, melakukan rekrutmen, menggunakan atribut dan propaganda ormas dalam bentuk apapun di lingkungan kampus IPB.

Pernyataan ini sebagai bentuk komitmen dan tanggungjawab IPB dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Pancasila dan melestarikan semangat Bhineka Tunggal Ika. (*)

Sumber : ipb.ac.id

Penulis

foto Eventkampuscom
Eventkampuscom
EventKampus

Komentar