Logo Eventkampus

5 Cara Sederhana Mengatasi Rasa Takut Berlebihan kepada Kucing

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
5 Cara Sederhana Mengatasi Rasa Takut Berlebihan kepada Kucing

Ada memang sebagian orang yang merasa takut berlebihan atau bahkan phobia saat bertemu dengan kucing. Ailurophobia merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang menderita phobia pada kucing.Rasa takut pada kucing ini sebenarnya bisa dihilangkan atau minimal dikurangi. Penderita ailurophobia dapat  mengunjungi psikiater untuk diterapi.Jika ingin mengatasinya sendiri, Anda juga dapat mencoba cara-cara sederhana seperti berikut ini.

1.Gunakan Foto Kucing

Pilihlah satu foto kucing yang menurut Anda tidak menakutkan. Banyak sekali foto kucing imut dan lucu yang bisa didapat dari internet. Lakukan latihan untuk menatap foto kucing selama beberapa kali dalam sehari.Foto kucing dapat disimpan di handphone untuk memudahkan Anda melihatnya.

2.Melihat Video Kucing

Setelah rasa takut sedikit mulai menghilang dari latihan melihat foto kucing, mulailah dengan melihat video kucing. Pilih video kucing lucu,, jangan video kucing yang sedang marah atau berkelahi.Semakin sering Anda melihat video kucing, rasa takut akan banyak berkurang. Sampai di fase ini mungkin Anda tak akan ketakutan dlan kaget lagi saat melihat kucing tiba-tiba melintas di dekat Anda.

3.Berkunjung Ke Rumah Teman yang Memiliki Kucing 

Mintalah bantuan pada teman Anda yang memiliki kucing untuk memperkenalkan Anda dengan kucingnya. Sampaikan bahwa Anda memiliki rasa cemas dan takut berlebihan pada kucing dan ingin menghilangkannya.Pemilik kucing akan mengerti bagaimana memperlakukan kucing supaya tenang dan tidak agresif saat bertemu dengan Anda. Mulailah dari melihat kucing asli dalam jarak dekat.Jika Anda sudah bisa mengatasi rasa cemas, mulailah dengan menyentuh dan membelainya kepala atau dagunya.

4.Meningkatkan Waktu Berinteraksi dengan Kucing 

Perlu diingat, semakin sering berinteraksi langsung dengan kucing membuat perasaan takut menghilang dengan cepat. Agendakan untuk sering berkunjung ke rumah teman yang memiliki kucing atau bermain di cat cafe yang ada di kota Anda.

5.Membangun Pikiran Positif 

Phobia terbentuk sebagai respon atas rasa takut yang bersumber di otak dan Anda kesulitan untuk mengontrolnya.Seseorang bisa jadi mengalami phobia karena pernah mendapatkan pengalaman buruk dengan kucing, lalu otak secara tidak sadar terus mengaitkan kucing dengan hal-hal negatif, seperti penyakit, virus, kuman dan sebagainya.Latihlah otak agar kembali dapat berfikir positif dan merespon kucing secara berbeda. Sebagian besar orang yang takut terhadap kucing sebenarnya menyadari bahwa kucing tidaklah berbahaya.

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

MALIMPA UMS gelar Seminar Nasional Lingkungan Hidup
28 November 2017
Ketiga Kalinya dalam 4 Dekade, Salju Turun di Gurun Sahara
12 Januari 2018
Inilah El Gordo, Galaksi Terbesar, Terpanas, dan Paling Terang
19 Januari 2018
3 Zodiak dengan Kesabaran Luar Biasa,Apakah Anda salah satunya ?
19 Januari 2018
Falsafah Kopi Wong Jowo
22 Januari 2018
PANIK! APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN(?)
22 Januari 2018

Komentar