Logo Eventkampus

Cara Membangun Rasa Percaya Diri

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Cara Membangun Rasa Percaya Diri

Cara Membangun Rasa Percaya Diri

 

Rasa percaya diri, yang merupakan kombinasi antara keyakinan pada kemampuan dan penghargaan kepada diri sendiri, adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan seorang manusia. Keyakinan pada kemampuan adalah perasaan atau percaya bahwa kita dapat melaksanakan berbagai tugas atau mencapai tujuan dalam hidup. Penghargaan kepada diri sendiri juga sama, tetapi lebih kepada percaya bahwa pada umumnya kita kompeten dalam hal apa pun yang kita lakukan dan kita layak berbahagia dalam hidup. Orang yang percaya diri biasanya menyukai dirinya sendiri, mau mengambil risiko untuk mencapai tujuan pribadi dan profesional, dan selalu berpikir positif akan masa depan. Akan tetapi, orang yang yang tidak memiliki kepercayaan diri merasa kurang mampu mencapai tujuannya, dan cenderung memiliki pandangan negatif kepada dirinya sendiri dan apa yang ingin dia capai dalam hidup.Kabar baiknya, rasa percaya diri bisa Anda ciptakan sendiri!

Menanamkan Sikap yang Baik Kenali pikiran negatif

Anda Pikiran negatif biasanya berwujud dalam kalimat "aku tidak bisa", "aku pasti gagal", "tidak ada yang mau mendengarkan apa yang ingin kukatakan". Suara-suara ini pesimis, tidak membantu, dan akan menghalangi Anda untuk memiliki harga diri yang tinggi dan rasa percaya diri yang besar.

Gantilah pikiran negatif dengan pikiran positif

Jika Anda sadar bahwa Anda berpikir negatif, alihkan ke pikiran yang positif. Mungkin di sini Anda membutuhkan afirmasi positif,  seperti "akan kucoba", "aku bisa berhasil jika mau berusaha", atau "orang-orang pasti mau mendengarkan aku". Setiap hari, mulailah memikirkan beberapa hal positif.

Jangan biarkan pikiran negatif muncul lebih sering daripada pikiran positif

Nantinya, pikiran positif harus mengisi lebih banyak “ruang otak” Anda dibandingkan pikiran negatif. Semakin sering Anda melawan pikiran negatif dengan pikiran positif, Anda akan semakin terbiasa melakukannya.

Kenali bakat Anda

Setiap orang mempunyai keahlian, jadi carilah apa yang mampu Anda lakukan dengan baik, lalu berfokuslah pada bakat Anda. Anda boleh merasa bangga. Ekspresikan diri Anda melalui seni, musik, menulis, atau menari. Temukan apa yang Anda sukai lalu kembangkan bakat yang sesuai dengan minat Anda tersebut.

Memiliki berbagai minat atau hobi dalam hidup tidak hanya membuat Anda lebih percaya diri, tetapi juga memperbesar peluang Anda untuk bertemu teman-teman yang cocok.

Mengikuti minat tidak hanya dapat memberikan efek terapeutik, tetapi juga akan membuat Anda merasa unik dan berhasil, dan semua ini bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Banggalah kepada diri sendiri

Anda tidak cuma harus bangga dengan bakat atau keahlian, tetapi juga harus memperhatikan semua hal yang membuat kepribadian Anda istimewa. Misalnya, rasa humor, kasih sayang, keahlian mendengarkan, atau kemampuan mengatasi stres. Anda mungkin tidak menyadari bahwa kepribadian Anda layak dikagumi, tetapi jika digali lebih dalam, Anda akan menyadari bahwa Anda punya begitu banyak kualitas mengagumkan. Fokuskan perhatian Anda pada kualitas tersebut dengan mencatatnya.

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

MALIMPA UMS gelar Seminar Nasional Lingkungan Hidup
28 November 2017
Ketiga Kalinya dalam 4 Dekade, Salju Turun di Gurun Sahara
12 Januari 2018
Inilah El Gordo, Galaksi Terbesar, Terpanas, dan Paling Terang
19 Januari 2018
3 Zodiak dengan Kesabaran Luar Biasa,Apakah Anda salah satunya ?
19 Januari 2018
Falsafah Kopi Wong Jowo
22 Januari 2018
PANIK! APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN(?)
22 Januari 2018

Komentar