Logo Eventkampus

8 Fakta Menarik Seputar Tentara Nasional Indonesia (TNI)

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
8 Fakta Menarik Seputar Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Nggak terasa, TNI (Tentara Nasional Indonesia) sudah berulang tahun yang ke-72. Menyambut HUT TNI kali ini, Pegipegi ingin berbagi soal 8 fakta menarik TNI yang kudu kamu tahu. Seperti apa faktanya? Simak bareng Pegipegi, yuk!

1. DIBENTUK TIDAK JAUH DARI HARI KEMERDEKAAN

Ketika Indonesia baru merdeka (17 Agustus 1945), pemerintah berinisiatif untuk membentuk satuan keamanan di Indonesia agar tidak terjadi kerusuhan. Namun, TNI tidak langsung dibentuk begitu aja. Yang menjadi keraguan saat itu untuk langsung membentuk satuan keamanan adalah karena takut akan memancing kecurigaan dari tentara luar bahwa Indonesia akan menyerang balik dan membuat sekutu. Dikhawatirkan Jepang akan menyerang Indonesia kembali. Sehingga, TNI baru dibentuk tanggal 5 Oktober 1945.

2. SERING BERUBAH NAMA

Ketika awal-awal dibentuk, satuan keamanan tersebut bukan bernama TNI. Awalnya bernama BKR (Badan Kesatuan Rakyat), lalu sempat berubah lagi namanya menjadi TKR (Tentara Keamanan Rakyat), TRI (Tentara Republik Indonesia) hingga akhirnya menjadi TNI (Tentara Nasional Indonesia).

Mulanya hanya merupakan satuan keamanan yang terpisah di setiap daerah. Ketika namanya masih BKR, Tentara Nasional Indonesia yang kita kenal sekarang ini awalnya cuma satuan keamanan khusus setiap daerah, yang bertugas untuk melindungi keamanan masing-masing daerah (kewajibannya belum mencakup nasional). Misal, Pemuda Indonesia Maluku (PIM), Barisan Banteng Kebaktian Rakyat Indonesia Sulawesi (KRIS), Pemuda Sosialis Indonesia (Pesindo, Barisan Pemberontakan Rakyat Indonesia (BPRI), Hisbullah Sabillah, Pemuda Republik Indonesia (PRI), Barisan Pemuda Indonesia (BPI), dan sebagainya.

3. JUMLAH TNI BANYAK

Indonesia memiliki sekitar 328.517 prajurit TNI Angkatan Darat, 74.963 prajurit TNI Angkatan Laut, dan 34.930 prajurit Angkatan Udara.

4. TNI BERGABUNG DENGAN POLISI REPUBLIK INDONESIA (POLRI)

Saat telah berskala nasional, TNI sempat bergabung dengan POLRO dan namanya berubah menjadi ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia). Baru berdiri sendiri beberapa tahun kemudian di bawah pimpinan Presiden Megawati Soekarno Putri.

5. KOPASSUS TERKENAL HINGGA INTERNASIONAL

KOPASSUS (Komando Pasukan Khusus) adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. KOPASSUS memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat, menembak, mengintai, dan anti teror. Hebatnya, KOPASSUS masuk dalam jajaran 5 pasukan khusus di dunia.

6. TEKNIK PERANG GERILYA MILIK TNI DIPELAJARI VIETNAM

Amerika pernah kalah perang dari Vietnam. Ternyata, Vietnam melakukan teknik perang gerilya yang biasanya dilakukan oleh TNI. Perang gerilya adalah teknik mengepung lawan dengan cara tidak terlihat (invisible). Ketika itu, yang memimpin perang gerilya adalah Jenderal Sudirman.

7. LATIHAN PRAJURIT TNI EKSTREM

Latihan prajurit Intai Amfibi Angkatan Laut adalah melintasi Selat Sunda yang jaraknya sekitar 38 km. Sedangkan latihan TNI KOPASSUS Angkatan Darat adalah long march (perjalanan jauh ratusan km). Dan latihan latihan Pasukan Pleton Intai Tempur Angkatan Laut adalah bernapas di dalam air selama dua jam dan hanya berbekal buluh bambu.

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

Kedokteran gigi unsoed kembali membuat gebrakan di bidang seni
23 Desember 2017
cara menghentikan rasa pusing
13 Januari 2018
Terungkap, Inilah Jawaban Atas Misteri Segitiga Bermuda !
19 Januari 2018
Makanan Yang Bisa Membahayakan Jika Dimakan Berlebihan
27 Agustus 2018
Beregu putri Indonesia menang 2-1 dari China
29 Agustus 2018
Usaha Cowok Dalam Memahami Ceweknya. Karena Remeh, Seringnya Dianggap Angin Lalu Saja
30 Agustus 2018

Komentar