Logo Eventkampus

3 Mitos Tentang Pemanis Buatan yang Ternyata Hanya Hoax

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
3 Mitos Tentang Pemanis Buatan yang Ternyata Hanya Hoax

3 Mitos Tentang Pemanis Buatan yang Ternyata Hanya Hoax

Jika Anda sedang berusaha mengendalikan gula darah, pemanis buatan mungkin adalah jawaban yang tepat untuk memaniskan makanan atau minuman Anda tanpa risiko. Namun terkadang ada beberapa hal yang mungkin membuat Anda ragu. Banyak mitos tentang pemanis buatan beredar di luar sana, sebagian memang ada yang benar, namun sebagian lagi tidak terbukti secara ilmiah.

Apa saja anggapan tentang pemanis buatan yang harus dihilangkan dari benak Anda?

Sejak awal kehadirannya, pemanis buatan telah menuai kekhawatiran berbagai pihak. Efek racun yang mungkin ditimbulkan pemanis buatan kerap dikaitkan dengan berbagai risiko kesehatan. Sebut saja kanker, stroke, berat badan lahir bayi yang rendah, tekanan darah tinggi, muntah, pusing, hingga kejang.

Lantas, mitos pemanis buatan mana yang benar-benar fakta dan mana yang hanya menjadi mitos? Anda bisa cek di bawah ini.

1. Mitos: pemanis buatan sebabkan kanker

Anda mungkin pernah membaca artikel bahwa pemanis buatan bisa menyebabkan kanker. Pemanis buatan yang sering disebut memiliki efek karsinogenik atau senyawa kimia penyebab kanker adalah aspartam.

Faktanya, keamanan penggunaan aspartam telah diteliti dan diakui oleh banyak organisasi nasional dan internasional, termasuk FAO/WHO Commitee of Experts on Food Additives (JEFCA) dan disetujui oleh badan parlemen Eropa untuk digunakan sebagai pemanis buatan di bahan makanan pada 30 Juni 1994.

Bahkan, di Prancis telah disetujui sejak 1988. Nilai ambang batas/acceptable daily intake (ADI) yang telah disetujui oleh JEFCA adalah 40 mg/kgBB/hari yang apabila dikonversikan sebanyak 18-19 kaleng diet cola pada individu yang mempunyai berat badan 68 kg.

Kontroversi penggunaan aspartam tak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di Amerika dan sejumlah negara lainnya. Namun, sejauh ini FDA dan beberapa organisasi kesehatan lainnya masih menyatakan aman untuk dikonsumsi berdasarkan banyaknya penelitian yang dilakukan di berbagai belahan dunia dari masa ke masa.

Jadi, Anda tidak boleh lagi percaya mitos pemanis buatan menyebabkan kanker, Anda hanya perlu mengonsumsinya secara wajar dalam batas aman dan tidak berlebihan.

2. Mitos: Pemanis buatan menyebabkan gula darah naik

Mitos. Mitos pemanis buatan yang satu ini sering kali membuat takut diabetesi. Sebuah penelitian di Israel melaporkan bahwa pemanis buatan dapat mengubah komposisi normal dari bakteri baik di dalam usus. Hal ini tampaknya juga mempengaruhi bagaimana tubuh mengendalikan gula di dalam makanan yang Anda konsumsi, yang membuat kadar gula darah meningkat.

Hal ini menyebabkan terjadinya intoleransi glukosa, yang pada akhirnya dapat memicu diabetes. Faktanya, jumlah pemanis buatan yang diberikan pada para peserta penelitian ini lebih banyak daripada yang biasa dikonsumsi oleh seseorang setiap harinya, walaupun masih dalam batas yang direkomendasikan setiap harinya.

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai benar tidaknya hasil penelitian tersebut. Seperti yang dilansirMayo Clinic, salah satu keunggulan pemanis buatan dibandingkan dengan gula adalah tidak menimbulkan kenaikan kadar gula darah. Berbeda dengan gula, pemanis buatan bukanlah karbohidrat. Karena keunggulan inilah pemanis buatan sering direkomendasikan bagi seseorang yang memiliki diabetes.

Meski sering dijadikan rujukan, pemakaian pengganti gula tetaplah tidak bisa sembarangan. Sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum Anda, khususnya para diabetesi, ingin mengganti asupan gula dengan pemanis buatan.

3. Mitos: Pemanis buatan hanya berasal dari bahan kimia

Mitos. Meskipun namanya buatan, pemanis sintetis bisa saja ia berasal dari tumbuhan atau bahkan gula itu sendiri.

Jika selama ini Anda hanya tahu aspartam, sukralosa, atau sakarin, ada pemanis buatan atau pengganti gula yang berasal dari tumbuhan yaitu stevia. Stevia adalah pengganti gula yang diekstrak dari daun tanaman Stevia rebaudiana.

Stevia terasa manis berkat kandungan steviol glycosides yang ada di dalamnya. Senyawa tersebut membuat stevia terasa 250-300 kali lebih manis dari sukrosa atau gula biasa.

Satu penelitian melaporkan bahwa selain tidak mengandung karbohidrat dan kalori, stevia juga tidak memengaruhi gula darah atau respons insulin. Dengan mengonsumsi stevia, para diabetesi pun diduga bisa mengonsumsi lebih banyak jenis makanan dan memenuhi rencana makan sehat.

Penelitian lain melaporkan jika stevia sangat sedikit, bahkan tidak memberikan efek apa pun terhadap kadar insulin, glukosa darah, hipertensi, dan berat badan. Kadar gula darah setelah makan pada diabetesi pun dilaporkan berkurang ketika mengonsumsi stevia.

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018

Komentar