Logo Eventkampus

Kaki Kalian Kesemutan ? Ikuti Tips Berikut Untuk Mengatasinya!

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Kaki Kalian Kesemutan ? Ikuti Tips Berikut Untuk Mengatasinya!

Hampir setiap orang sepertinya pernah mengalami kesemutan. Bagian tubuh yang sering mengalami kesemutan adalah kaki. Kaki sering kesemutan biasanya terjadi karena duduk bersila terlalu lama ataupun ketika kaki tertindih. Namun Anda jangan khawatir, kesemutan yang seperti ini adalah normal dan tidak berbahaya, karena pada saat kaki tertindih ataupun saat duduk bersila terjadi tekanan pada pembuluh darah sistem saraf. Cara paling efektif untuk mengatasi hal ini adalah dengan meluruskan kaki.

Inilah penyebab dan cara mengatasi kaki yang sering kesemutan

Malnutrisi

Penyebab yang pertama adalah karena malnutrisi. Malnutrisi sendiri yaitu kekurangan vitamin B, terutama vitamin B1, B6 dan juga B12. Gejala kesemutan yang disebabkan oleh hal ini adalah kesemutan terjadi pada kedua kaki. Cara mengatasinya pun sangat mudah, yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut ataupun dengan cara mengonsumsi suplemen vitamin kompleks.

Diabetes

Diabetes juga dapat menjadi salah satu penyebab kaki kesemutan. Hal ini dikarenakan gula darah tinggi dapat merusak saraf-saraf tepi. Biasanya kesemutan yang disebabkan oleh diabetes, terjadi pada kedua kaki dan ujung-ujung jari dan disertai dengan gejala awal diabetes lainnya, seperti sering haus, sering buang air kecil, sering merasa lapar dan lainnya. Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin, pola makan yang baik serta berolahraga secara teratur.

Saraf terjepit

Penyebab kaki sering kesemutan selanjutnya adalah karena saraf terjepit. Kesemutan yang terjadi akibat saraf terjepit biasanya terjadi pada salah satu kaki ataupun pada bagian tertentu sesuai dengan saraf yang terjepit. Selain kesemutan, bagian tubuh yang terkena saraf terjepit juga akan mengalami gejala lainnya seperti rasa kebas serta rasa nyeri pada area saraf yang terjepit. Jika kesemutan disebabkan oleh hal ini maka Anda harus berobat ke dokter untuk mendapatkan penangangan lebih lanjut.

Kecanduan alkohol

Berikutnya adalah karena alkohol. Seseorang yang sering mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan kesemutan. Hal ini dikarenakan mengonsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan keusakan saraf yang ditandai dengan terjadinya kesemutan.

Cara mencegah kesemutan

  • Melakukan peregangan

Melakukan peregangan adalah cara paling efektif untuk mencegah kesemutan. Jika Anda seringkali duduk ataupun berdiri dalam jangka waktu yang lama, cobalah untuk menggerakkan badan dalam  beberapa menit. Anda bisa melakukan peregangan setiap satu jam sekali.

  • Menghindari alkohol

Seperti yang Anda ketahui salah satu penyebab kesemutan adalah kecanduan minuman beralkohol. Untuk itu, cara terbaik untuk mencegahnya adalah menghindari minuman beralkohol. Hal ini karena minuman beralkohol dapat menyebabkan defisiensi vitamin B, termasuk vitamin B1. Dimana fungsi dari vitamin tersebut adalah menjaga kesehatan jaringan saraf.

  • Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum tidur juga dapat memberikan manfaat kesehatan. Selain dapat membuat tubuh rileks, mandi air hangat juga dapat membantu mengendurkan otot-otot tegang di tangan dan juga di kaki.

Penulis

foto Nugroho budi santoso
Nugroho budi santoso
SMK N 02 KARANGANYAR
bekerjalah tanpa suara biarkan kesuksesanmu yang bersuara nyaring.

Artikel Terkait

GALAU? BIASA(!)
19 Januari 2018
MACAM MANFAAT ALPUKAT UNTUK TUBUH
22 Januari 2018
Kisah Penghuni Surga Terakhir
22 Januari 2018
5 CARA MENCEGAH BULLYING
23 Januari 2018
Ingin Sukses UN ??? Simak Tips Artikel Berikut ini
24 Januari 2018
Edan! Peselancar AS Nekat Taklukkan Ombak Setinggi 30 Meter
25 Januari 2018

Komentar