Logo Eventkampus

Penyebab Susah Gemuk

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Penyebab Susah Gemuk

1. Anda Memang Sudah Cukup Banyak Makan, Tapi Masih Kurang Kalori

Bila Anda bertanya-tanya apa penyebab badan Anda susah gemuk, saya yakin kemungkinan besar Anda sudah banyak makan. Tapi tahukah Anda bahwa banyak makan itu tidak ada hubungannya dengan bertambahnya berat badan? Sejatinya, untuk menggemukkan badan, Anda harus memasukkan kalori ke tubuh Anda, melebihi dari kebutuhan kalori tubuh Anda per hari.

2. Ada Gangguan Metabolisme Pada Tubuh Anda

Kerap orang yang badannya kurus itu, kinerja metabolismenya sangatlah cepat. Sehingga, mau seberapa banyak apapun ia makan, maka makanan-makanannya akan segera dibakar oleh tubuh agar menjadi energi.

Makanya Prof dr Bambang Wiratmadi MS, MCN PhD SpGK. Bambang pernah bilang, kurang-lebih, memang salah satu yang membuat seseorang itu dari kurus terus, karena metabolismenya mengalami gangguan.

3. Anda Lagi Stress

Seringkah Anda melihat orang yang ada masalah dengan pasangannya, keluarga, tugas Kantor/Kuliah, dan masalah lain-lain, ketika diajak makan, dia bilang dia lagi nggak selera makan? Padahal aslinya dia belum makan-makan juga hampir seharian iya kan?

Itulah akibat dari stress. Mempengaruhi psikologisnya. Itu sebabnya sampai sekarang ia susah gemuk.

Tidak hanya mempengaruhi psikologis, seperti yang kita ketahui, stress itu kan masalah emosi, nah, masalah emosi kan kerap bisa berpengaruh pada masalah fisik juga. Termasuk, stress itu bisa mempengaruhi kinerja pencernaan Anda.

4. Komposisi Makanan yang Anda Makan Kurang Pas

Bisa jadi Anda sudah banyak makan, tapi tetep susah gemuk, karena Anda tidak mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Tidak bisa dinafikan, supaya berat badan Anda bertambah, otot membesar, dan badan menggemuk, sangat disarankan Anda memakan makanan yang tinggi kalori, yang berprotein tinggi, mengandung cukup karbohidrat, dan serat. Seperti halnya daging dada ayam, ikan salmon, dan putih telur.

5. Banyak Racun di Tubuh Anda yang Belum Dikeluarkan

Inilah salah satu kemungkinan besar yang menjadi penyebab badan susah gemuk. Jelas, kotoran-kotoran yang ada di dalam usus Anda, itu menimbulkan kerak, sehingga tidak sempurnalah penyerapan zat gizi, nutrisi, dan vitamin dari makanan-makanan yang Anda makan.

Biasanya kenapa kok bisa ada banyak racun gitu, datangnya dari makanan cepat saji, makanan instant gitulah, yang bagaimana pengolahanannya pun masih tanda tanya.

Seperti yang kita ketahui, kalau nutrisi makanan yang kita makan nggak bisa meresap secara sempurna, maka terganggulah pertumbuhan tubuh kita. Makanya meskipun udah makan banyak, susah banget gemuk, tidak bisa-bisa juga.

 

6. Anda Masih Muda

Seperti yang kurang-lebih dikatakan oleh dr Soebagijo Adi SpPD KMED, “Adalah alami setiap orang bila semakin bertambah usianya, maka metabolisme bakal menurun, sehingga berat badan pun cenderung bertambah. Selain itu proporsi tubuh pun akan berubah, seiring berjalannya waktu.”

7. Faktor Keturunan

Ada berapa banyak anggota keluarga Anda yang gemuk? Satu orang? Dua orang? Apakah banyak? Atau sedikit? Kalau hampir tidak ada yang badannya gemuk, bahkan memang tidak ada, bisa jadi itulah penyebab kenapa badan Anda susah gemuk.

Sudah selayaknya sih, faktor genetis ini tidak bisa diinterupsi. Karena termasuk area yang di luar kuasa manusia kan?

Lantaran sangatlah cepat pencernaan pada orang yang kondisinya seperti ini. Atau pada kondisi yang berbeda, usus menyerap hanya sedikit makanan, walaupun ada banyak makanan yang masuk. Makanya mau sebanyak gimanapun makanan yang Anda makan, namun badan Anda sangat susah untuk gemuk.

Penulis

foto Isnan Wahyudi
Isnan Wahyudi
SMK Negeri 2 Karanganyar
Berusaha yang terbaik

Artikel Terkait

GALAU? BIASA(!)
19 Januari 2018
MACAM MANFAAT ALPUKAT UNTUK TUBUH
22 Januari 2018
Kisah Penghuni Surga Terakhir
22 Januari 2018
5 CARA MENCEGAH BULLYING
23 Januari 2018
Ingin Sukses UN ??? Simak Tips Artikel Berikut ini
24 Januari 2018
Edan! Peselancar AS Nekat Taklukkan Ombak Setinggi 30 Meter
25 Januari 2018

Komentar