Logo Eventkampus

4 MACAM JAMAU YANG HARUS KAMU MINUM SETIAP MINGGU

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
4 MACAM JAMAU YANG HARUS KAMU MINUM SETIAP MINGGU

4 MACAM JAMAU YANG HARUS KAMU MINUM SETIAP MINGGU

Jamu merupakan minuman herbal khas Indonesia yang dikenal dengan khasiat yang berbeda beda. Jamu biasanya terdiri dari berbagai jenis tanaman herbal dan rempah pilihan. Jamu tradisional nggak kalah manfaatnya dengan obat-obatan di apotek. Malah, jamu tradisional lebih alami dan bisa turut serta merawat warisan bangsa kita.

Jamu tradisional bisa kita diperoleh di kios tradisional, meskipun saat ini sudah banyak perusahaan obat yang membuat jamu instan. Namun tentu saja rasanya beda, jika minum langsung dari gelas yang dituang langsung oleh Mbok jamu-nya.

1. Cabe Puyang

Jamu cabe puyang atau jamu pegal linu ini khasiat utamanya adalah menghilangkan pegal-pegal karena kecapekan, maupun sakit pinggang. Selain itu juga bermanfaat untuk menghilangkan kesemutan. Jamu cabe puyang ini terdiri dari cabe jamu dan puyang, ditambahkan rempah dan bahan lainnya. "Cabe puyang ini favoritnya bapak-bapak, karena bisa menyembuhkan pegal linu," Ujar Yanti yang sudah berjualan jamu secara turun-temurun dari sang nenek.

2. Kunyit asam

Jamu kunyit asam juga jamu yang biasanya paling banyak dicari. Bahkan karena khasiatnya kini sudah banyak produsen jamu yang membuat jamu kunyit asam sachet. Jamu kunyit asam ini bahan utamanya jelas kunyit dan asam jawa, namun diberi beberapa tambahan bahan seperti gula merah, temulawak dan rempah lain. Biasanya setiap penjual memiliki "ramuan khusus" yang membuat rasa kunyit asam menjadi segar. "Yang beli biasanya remaja putri, karena bisa mengatasi sakit perut saat datang bulan," jelas Yanti. Selain mengatasi masalah haid, kunyit asam juga cocok bagi kamu yang sedang diet dan juga bisa mencerahkan kulit karena kunyit banyak mengandung antioksidan yang membantu meremajakan sel-sel tubuh.

3. Sinom

Jamu sinom ini hampir mirip dengan kunyit asam hanya saja bahan utamanya adalah sinom atau daun asam yang masih muda. Dengan tambahan bahan biasanya temulawak, kunyit, kapulaga, kayu manis, pala, gula merah, serta gula pasir. Jamu sinom bermanfaat untuk menambah nafsu makan, mengatasi peradangan lambung atau maag dan mengatasi masalah keputihan pada wanita.

4. Beras kencur

Jamu beras kencur pasti sudah tidak asing lagi kan? Seperti namanya, jamu ini terdiri ekstrak kencur, beras, ekstrak jahe, dan ekstrak asam. Rasanya, manis dan segar. Cocok untuk anak-anak sampai dewasa. Manfaatnya antara lain : menambah nafsu makan, menghilangkan pegal linu dan meningkatkan stamina. Seperti yang dikatakan Yanti (50), penjual jamu yang ada di salah satu pasar tradisional Yogyakarta, kepada brilio.net Kamis (7/1), "Beras kencur ini biasanya untuk menghilangkan capek dan pegal-pegal, sehabis minum ini dijamin seger waras (sehat) lagi mbak," tuturnya.

Penulis

foto joni saputra
joni saputra
SMKN MATESIH

Artikel Terkait

Manfaat Kunir Asem bagi Kesehatan
10 Januari 2020
Manfaat Kunir Asem bagi Kesehatan
10 Januari 2020

Komentar