Logo Eventkampus

PUASA 6 HARI DIBULAN SYAWAL DAN CARA MENGERJAKAN PUASA SYAWAL

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
PUASA 6 HARI DIBULAN SYAWAL DAN CARA MENGERJAKAN PUASA SYAWAL

PUASA 6 HARI DIBULAN SYAWAL DAN CARA MENGERJAKAN PUASA SYAWAL

Kita tahu bersama bahwa puasa Syawal itul punya keutamaan, bagi yang berpuasa Ramadhan dengan sempurna lantas mengikutkan puasa 6 hari di bulan Syawal, maka ia akan mendapatkan pahala puasa setahun penuh. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164). Itulah dalil dari jumhur atau mayoritas ulama yag menunjukkan sunnahnya puasa Syawal.

Kenapa puasa Syawal bisa dinilai berpuasa setahun? Mari kita lihat pada hadits Tsauban berikut ini,
Dari Tsauban, bekas budak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Barangsiapa berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah Idul Fithri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepuluh kebaikan semisal.

” (HR. Ibnu Majah no. 1715. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih). Disebutkan bahwa setiap kebaikan akan dibalas minimal dengan sepuluh kebaikan yang semisal. Ini menunjukkan bahwa puasa Ramadhan sebulan penuh akan dibalas dengan 10 bulan kebaikan puasa.

Sedangkan puasa enam hari di bulan Syawal akan dibalas minimal dengan 60 hari (2 bulan) kebaikan puasa. Jika dijumlah, seseorang sama saja melaksanakan puasa 10 bulan + 2 bulan sama dengan 12 bulan. Itulah mengapa orang yang melakukan puasa Syawal bisa mendapatkan ganjaran puasa setahun penuh.

Oleh karena itu, sebaiknya orang yang memiliki hutang puasa Ramadhan memulai membayarnya di bulan Syawal, karena hal itu mempercepat proses pembebasan dirinya dari tanggungan hutangnya.

Kemudian dilanjutkan dengan enam hari puas Syawal, dengan demikian ia telah melakukan puasa Ramadhan dan mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal.

 

TATA CARA PUASA SYAWAL

Maka dari itu, untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT maka kita dianjurkan untuk berpuasa enam hari di bulan syawal. Adapun tata cara puasa Syawal seperti berikut:

  1. Puasa sunnah Syawal dilakukan selama enam hari
  2. Dilaksanakan sehari setalah Idul Fitri atau pada bulan Syawal
  3. Dilakukan selama enam hari berturut-turut, namun tidak mengapa jika dilakukan tidak berurutan
  4. Usahakan untuk menunaikan qodhopuasa terlebih dahulu agar mendapatkan ganjaran puasa Syawal yaitu puasa setahun penuh

 

Penulis

foto wismaadiawang
wismaadiawang

Komentar