Logo Eventkampus

4 CARA MENGOBATI SAKIT GIGI YANG SANGAT AMPUH

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
4 CARA MENGOBATI SAKIT GIGI YANG SANGAT AMPUH

4 CARA MENGOBATI SAKIT GIGI YANG SANGAT AMPUH

Ada pepatah mengatakan sakit gigi lebih sakit daripada sakit hati. Sakit gigi memang membuat kita kelimpungan atau susah. Sakit gigi membuat kita susah makan. Ujung-ujungnya kita jadi kelaparan. Apalagi sakit gigi membuat kita merasa tidak nyaman, karena gigi yang sakit berkedut-kedut. Mau makan susah, mau minum pun susah. Sakit gigi memang seringkali membuat mood seseorang jadi buruk. Malah kadang yang mengalami sakit gigi sampai menangis karena tidak betah dengan sakit yang dialami.

Sakit gigi sering disebabkan oleh gigi berlubang. Bisa juga ketika gigi hendak tanggal, hal yang biasa terjadi pada anak-anak yang dalam masa berganti gigi susu ke gigi dewasa. Gigi berlubang memang dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa hingga lansia. Banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

PENYEBAB GIGI BERLUBANG

CARA MENYIKAT GIGI YANG SALAH

Jarang kita sadari bahwa kita menyikat gigi dengan cara yang salah. Mungkin ada sebagian yang beranggapan, Yang penting sikat gigi supaya mulut nggak bau. Hal ini tentu merupakan cara berpikir yang salah. Karena jika Anda asal-asalan menyikat gigi, maka sisa makanan yang ada pada gigi Anda tidak akan terbasmi dengan sempurna. Hal ini akan menyebabkan kuman-kuman pada sisa makanan membuat gigi Anda berlubang. Maka dari itu, mulailah terapkan cara menyikat gigi dengan benar selama minimal 2 menit.

JARANG MENYIKAT GIGI

Penyebab gigi berlubang selanjutnya adalah jarang menggosok gigi. Ketika Anda jarang dan malas menggosok gigi Anda, maka bakteri dan kuman dari sisa-sisa makanan akan berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan gigi Anda berlubang. Rajinlah menyikat gigi 2 kali sehari. Setelah sarapan dan sebelum tidur.

ARAH MENYIKAT GIGISALAH

Memakai sikat gigi dan pasta gigi yang tidak sesuai ternyata dapat menyebabkan lubang pada gigi Anda. Misalnya mulut Anda kecil namun memakai sikat gigi yang besar. Hal ini tentu akan membuat sikat gigi tidak dapat menjangkau semua gigi Anda dengan sempurna sehingga sisa makan yang tertinggal dalam mulut tidak terbasmi dengan baik.

TERLALU BANYAK MENGONSUMSIMAKANAN MANIS

Rasanya hampir semua makanan mengandung gula atau perasa makanan manis. Ketika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, bakteri justru semakin nyaman bersarang di mulut Anda. Bakteri yang berkembang akan mengubah zat-zat menjadi asam laktat yang kemudian mulai mengikis gigi secara perlahan.

KARIES GIGI

Penyebab gigi berlubang terakhir adalah karies gigi. Karies gigi merupakan penyakit infeksi pada gigi yang merusak struktur gigi. Jika tidak segera ditangani maka bisa jadi gigi Anda berlubang atau parahnya harus dicabut agar infeksi tidak menyebar. Karies gigi bisa disebabkan oleh enamel gigi yang tidak terbentuk sempurna, masuknya bakteri streptococcus mutans dan lactoballi ke dalam mulut, dan faktor-faktor lainnya

Mengalami sakit gigi memang tidak mengenakkan, apalagi jika gigi sudah berlubang dan sampai harus dicabut. Namun sebelum itu terjadi, ketika sudah terdapat tanda-tanda gigi ngilu, berkedut-kedut, segera atasi. Cara mengobati sakit gigi bisa langsung menuju dokter atau Anda mencoba cara mengobati sakit gigi secara alami.

Berikut cara mengobati sakit gigi secara alami.

1.MENGGUNAKAN BAWANG PUTIH

            Bahan-bahan di dapur juga bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi nyeri nyut-nyutan akibat masalah gigi. Salah satunya dengan penggunaan bawang putih sebagai antibiotik alami. Bawang putih mengandung alisin, yang dipercaya dapat membantu melawan infeksi.

Konsumsi bawang putih melalui masakan sehari-hari telah populer untuk menurunkan kerentanan terhadap infeksi. Agar efeknya lebih cepat dan ampuh, coba haluskan dan hancurkan bawang dengan sedikit garam dan segera dioleskan ke area yang terinfeksi.

Meski tidak akan menyembuhkan infeksi, namun tips ini akan meredakan nyeri dan mencegah infeksi bertambah berat.

2.BERKUMUR DENGAN AIR GARAM

Sebelum pergi ke dokter gigi, coba lah untuk mengurangi rasa nyeri tajam pada gigimu. Salah satu cara mengatasi sakit gigi yang sudah terkenal ampuh yaitu dengan berkumur air garam hangat. Air garam dapat berperan sebagai disinfektan alami.

Sama seperti obat kumur lainnya, air garam mampu membantu melepaskan partikel sisa makanan yang menyangkut di gigi. Selain itu, peradangan dapat mereda serta luka di bagian dalam mulut akan membaik dengan bantuan air garam hangat.

Langkah membuatnya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampur ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk berkumur, ingat untuk tidak menelan larutan tersebut.

 

 

3.MENGUNAKAN MINYAK CENGKEH

Minyak cengkeh mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami. Cara penggunaannya dengan menggigit kapas yang sudah direndam atau diberi minyak cengkeh di bagian gigi yang sakit. Lakukan selama beberapa kali sehari.

Minyak cengkeh dapat bekerja seefektif benzocaine, senyawa yang digunakan untuk meredakan nyeri pada gigi.

4.BERKUMURDENGAN HIDROGEN PEROKSIDA

            Saat mengalami sakit gigi, kamu bisa menggunakan hidrogen peroksida sebagai pereda sakit di rumah. Bahan ini dapat membantu melawan bakteri dan kuman yang ada di mulut dan gigi yang mengalami peradangan.

Tak hanya itu, plak dan gusi berdarah juga dapat kamu atasi dengan cairan ini. Sehingga, rasa sakit dan gejala sakit gigi dapat berkurang.

Sebelum menggunakan hidrogen peroksida kamu harus mencampurnya dahulu dengan air agar gigi dan gusi yang sehat tetap aman. Penggunaan bahan ini tanpa air dapat membahayakan gigi dan gusi.

Campur 3 persen hidrogen peroksida dengan air dalam jumlah yang sama. Lalu, gunakan sebagai cairan kumur. Ingat, cairan ini tidak untuk diminum, ya!

Penulis

foto wismaadiawang
wismaadiawang

Artikel Terkait

7 CARA CEPAT MENYEMBUHKAN SAKIT DIARE SECARA ALAMI
10 Juli 2018
GIGI SENSITIF BIKIN MOOD RUSAK ?? COBA CARA INI UNTUK MENGATASINYA
23 Juli 2018
Manfaat Bawang Putih Tunggal
20 Januari 2020
6 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam, Jaga Kesehatannya
07 Februari 2020
Manfaat Anggrek Hitam Untuk Tubuh:
28 Februari 2020

Komentar