GIGI SENSITIF BIKIN MOOD RUSAK ?? COBA CARA INI UNTUK MENGATASINYA

access_time | label Berita
GIGI SENSITIF BIKIN MOOD RUSAK ?? COBA CARA INI UNTUK MENGATASINYA

GIGI SENSITIF BIKIN MOOD RUSAK ?? COBA CARA INI UNTUK MENGATASINYA

Rasa ngilu di gigi sangatlah mengganggu, terutama ketika kita makan atau meminum minuman yang dingin. Ngilu di gigi bisa saja disebabkan oleh gigi berlubang. Jika gigi berlubang, maka gigi tersebut harus ditambal agar lubang tidak bertambah besar.

Berikut ini ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi maupun mencegah rasa ngilu pada gigi ada beberapa cara alami yang bisa kalian coba dan cara alami tersebut terbukti ampuh bin mujarab .

1. Minyak Cengkeh

Pengobatan gigi ngilu secara tradisional ini cukup ampuh meredakan rasa ngilu akibat gigi berlubang. Pengobatan ini menggunakan minyak cengkeh yang dipercaya mengandung antioksidan untuk membasmi kuman penyebab ngilu di gigi. Anda harus meminum minyak cengkeh ini untuk mengatasi rasa ngilu tersebut. Rasa dari minyak cengkeh ini tawar dan aman untuk dikonsumsi.

2. Susu Sapi

Siapa yang tak kenal dengan minuman lezat yang satu ini? Selain bagus untuk kesehatan dan pertumbuhan, susu sapi murni ternyata dapat menstabilkan ion fosfat, kalsium, dan flouride untuk memperbaiki kerusakan pada email gigi.

Seperti yang kita ketahui, gigi sensitif disebakan karena email yang terkikis atau rusak. Dengan meminum segelas susu sapi murni sebelum tidur Anda dapat membantu proses perbaikan email gigi yang menipis atau rusak.

Namun, hindari konsumsi susu sapi kemasan karena umumnya produk tersebut sudah ditambahkan pemanis yang dapat membuat gigi jadi berlubang. Minumlah susu sapi murni tanpa pemanis untuk mengatasi rasa ngilu karena gigi sensitif.

3. Es Batu

Nyeri atau ngilu di gigi bisa di atasi secara cepat dengan cara mengompresnya menggunakan es batu. Rasa dingin dari es batu ini dapat membius saraf secara alami sehingga saraf tersebut akan kebal dan rasa sakitnya akan menghilang.

Cara penggunaan es batu untuk mengompres gigi ngilu adalah dengan menempatkan es batu di dalam handuk. Kemudian, tempelkan handuk di bagian luar gigi yang ngilu. Akan tetapi, cara ini hanya bersifat sementara saja. Anda tetap harus mencari cara lain untuk mengatasi gigi ngilu

 

4. Gunakan Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Dewasa ini, sangat mudah untuk menemukan pasta gigi yang dirancang khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi ini memang diformulasikan untuk meredakan gejala gigi sensitif, seperti gigi ngilu. Ciri umum dari pasta gigi sensitif ini adalah busanya tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan pasta gigi biasa.

5. Air Garam

Tahukah Anda bahwa air garam dapat berperan sebagai obat kumur alami untuk meredakan gigi ngilu? Bahkan, kandungan dalam garam dapat membasmi kuman dan bakteri yang menyebabkan ngilu di area gigi. Campurkan beberapa sendok garam dengan air hangat, lalu gunakan untuk berkumur selama beberapa menit. Ketika berkumur jangan sampai air garam tersebut ikut tertelan.

6. Bawang Merah dan Bawang Putih

Cara mengatasi gigi ngilu ini memang terbilang sedikit ekstrem. Pasalnya, Anda harus mengunyah bawang merah dan bawang putih mentah. Kedua bawang ini memiliki rasa yang tidak enak saat mentah. Namun, cairan dalam bawang merah dan bawang putih mengandung enzim yang ampuh untuk membunuh bakteri penyebab ngilu di gigi.

Dengan mengunyah bawang merah dan bawang putih selama 3 menit, kuman di mulut akan mati dalam sekejap. Anda pun bisa menambahkan garam saat mengunyah bawang. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi gigi ngilu yang tak tertahankan.

7. Hindari Jenis Makanan Tertentu

Bagi penderita gigi sensitif, mereka harus menghindari beberapa jenis makanan agar tidak memicu timbulnya rasa ngilu di gigi. Beberapa makanan yang harus dihindari antara lain adalah makanan yang terlalu dingin, panas, dan manis.

8. Pilih Sikat Gigi Berbulu Lembut

Beberapa merk sikat gigi menawarkan model dengan bulu yang lebih lembut. Nah, sikat gigi jenis inilah yang paling ideal untuk gigi sensitif atau gigi yang sedang ngilu karena berlubang atau pemakaian behel. Bulu sikat yang kasar akan semakin membuat rasa ngilu di gigi bertambah parah.

 

 

9. Kurangi Minuman Bersoda

Minuman bersoda bersifat asam. Karena sifat asam inilah minuman bersoda sangat berpotensi mengikis email gigi. Penderita gigi sensitif wajib mengurangi konsumsi minuman ini agar tidak menimbulkan rasa ngilu.

10. Hindari Menyikat Gigi Langsung Setelah Makan

Sehabis makan berilah jeda 1 jam sebelum menggosok gigi, terutama saat Anda habis mengkonsumsi makanan yang bersifat asam. Karena jika Anda langsung menggosok gigi pasca menyantap makanan bersifat asam, maka email gigi akan menjadi lebih lunak dan mudah terkikis. Setelah makan, segera minum 1-2 gelas air putih untuk menetralkan asam di dalam mulut.

Sepuluh cara mengatasi gigi ngilu ini cukup ampuh untuk meredakan rasa ngilu akibat gigi sensitif, berlubang, atau karena pemakaian behel. Apabila rasa ngilu masih berlanjut, itu artinya Anda harus segera berkonsultasi ke dokter gigi. Nantinya, dokter gigi akan mencari penyebab masalah gigi ngilu dan mengatasinya secara medis.

Sebenarnya ada banyak cara lain untuk mengatasi masalah gigi ngilu tapi author saranin cob acara di atas dulu ,tapi keadaan semakin memburuk silahkan datangi dokter gigi untuk konsultasi tentang masalah tersebut.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang mengalami gigi ngilu.

Penulis

foto indra
indra

Artikel Terkait

Share

Komentar