Logo Eventkampus

5 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
5 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

5 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

mungkin mempunyai badan yang kurus kering bukan suatu badan yang ideal tetepi juga menurunkan percaya diri juga menurun inilah 5 cara menggemukkan badan

  1. Menambah Frekuensi Makan

Cara paling sederhana untuk menambah berat badan adalah menambah frekuensi makan. Jika biasanya Anda hanya makan 2-3 kali sehari, cobalah untuk makan 4-5 kali sehari. Atur menu serta waktu makan dengan cermat sehingga selera tetap terjaga.

Acap kali, berat badan tidak kunjung naik karena nafsu makan berkurang. Berkurang atau hilangnya nafsu makan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya masalah emosional dan masalah pencernaan. Apabila penyebabnya masalah emosional, misalnya Anda sedang mengalami kesedihan mendalam, strategi yang dapat dilakukan adalah makan dalam porsi kecil, tetapi sering.

2.Menambah Nafsu Makan

 Pencernaan yang terganggu dapat membuat perut Anda terasa penuh setiap saat, sehingga mempengaruhi nafsu makan Anda. Selain itu, penyerapan makanan pun juga terganggu karena masalah pencernaan ini.

Anda juga bisa menambah berat badan dengan strategi mengudap atau makan penganan di luar waktu makan. Misalnya, di antara jam sarapan dan makan siang atau di antara jam makan siang dan makan malam. Ada banyak pilihan kudapan sehat dan bernutrisi yang bisa dipilih, seperti jagung rebus, buah kurma, kacang kedelai, salad sayur, dan sebagainya.

3.Cermat Memilih Menu Makanan

Selain menambah frekuensi makan, cara menambah berat badan lainnya adalah cermat memilih menu yang akan dikonsumsi. Alangkah baiknya jika menu tersebut bernutrisi lengkap dan seimbang. Selain itu, jika Anda bertujuan menambah berat badan, makanan yang sebaiknya dipilih adalah jenis makanan yang memiliki kandungan kalori tinggi.

Perlu diketahui, kebutuhan kalori tiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, dan aktivitas fisik yang dilakukan. Dengan tambahan 500-1000 kalori per hari, berat badan dapat naik 1 kg per minggu. Namun, hal ini harus dilakukan secara bertahap supaya pencernaan tidak kaget dan bermasalah.

Sumber kalori bukan hanya karbohidrat, tetapi lemak dan protein. Sama seperti karbohidrat, tiap 1 gram protein mengandung 4 kalori. Sementara itu, tiap 1 gram lemak mengandung 9 kalori. Dengan perhitungan ini, pilihan menu pun bisa lebih beragam. Contohnya, Anda bisa menambahkan keju parut pada roti lapis atau telur dadar pada sup untuk menambah jumlah kalori.

4.Berolahraga

Salah satu cara menambah berat badan dengan alami dan tanpa efek samping adalah rajin berolahraga. Dengan berolahraga, otot akan terbentuk sehingga hal ini secara tidak langsung berpengaruh terhadap berat badan. Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan adalah aerobik, berenang, bersepeda taktis, dan mengangkat beban.

5.Istirahat yang Cukup

Waktu tidur yang tidak berkualitas akan membuat metabolisme tubuh tidak lancar. Akibatnya, nutrisi yang masuk ke tubuh tidak bisa diolah secara maksimal. Meskipun frekuensi makan bertambah atau pilihan menu sudah seimbang, jika tidak didukung oleh metabolisme tubuh yang bekerja dengan baik, hasilnya akan sama saja. Untuk itu, jika Anda berniat menambah berat badan, aturlah waktu bangun dan tidur seideal mungkin.

 

Penulis

foto vikrinurwidianto
vikrinurwidianto

Artikel Terkait

BUAH PIR MERUPAKAN SUMBER SERAT DAN VITAMIN C
03 Juli 2018
8 BUAH YANG COCOK UNTUK KAMU YANG SEDANG DIET
23 Juli 2018

Komentar