Logo Eventkampus

Manfaat dan Kegunaan Tanaman Pisang

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat dan Kegunaan Tanaman Pisang

Manfaat dan Kegunaan Tanaman Pisang

 

Pisang merupakan salah satu tanaman buah yang banyak digemari masyarakat. dan rasa yang beragam. Selain memiliki rasa yang enak sehingga banyak digunakan sebagai “buah meja”, pisang juga memiliki banyak manfaat dan khasiat sebagai obat. Fungsi dan kegunaan pisang tidak hanya sebatas pada buahnya. Hampir semua  memiliki fungsi dan kegunaan bagi manusia. Berikut adalah manfaat dan kegunaan berbagai organ dalam tanaman pisang

 

Umbi batang 

Bonggol pisang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat soda untuk sabun dan juga sebagai pupuk tanaman. Caranya, umbi diiris kemudian dibakar untuk dijadikan abu. Abu yang kemudian digunakan untuk bahan soda dan pupuknya. 

 

Daun pisang 

Daun pisang umumnya digunakan untuk pembungkus anekan makanan dan barang-barang lainnya. daun pisang yang sudah tua dapat digunakan untuk pakan hijauan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, marmot, dan lain-lain. Kompos adalah hasil lain yang dapat dibuat dari daun pisang. 

 

Buah pisang 

Buah pisang adalah yang paling banyak digunakan atau dimanfaatkan. Buah pisang dapat dimakan sebagai buah segar ataupu dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan aneka makanan olahan. Buah pisang mengandung serotonin yang dapat digunakan untuk menghambat pengeluaran adam yang berlebh di lambung. Buah pisang yang dicampur dengan air kelapa dan madu bermanfaat untuk pengobatan campak, hepatitis, tuberkolosis, dan radang tonsil. Pisang mas dapat digunakan sebagai obat hepatitis sedangkan pisang klutuk dapat dimanfaatkan untuk obat penyakit disentri 

 

Bunga pisang 

Bunga pisang atau yang sering disebut jantung pisang memiliki kandungan lemak, protein, karbohidrat dan vitamin yang tinggi. Bunga pisang banyak digunakan untuk bahan baku sayuran. Bunga pisang juga dapat digunakan untuk aneka macam makanan seperti acar, manisan, sayur lalap, sayur lodeh, dan lain-lain. 

 

Manfaat buah pisang

  1. Kaya kandungan vitamin dan serat
  2. Sumber energi
  3. Menurunkan berat badan
  4. Meningkatkan kesehatan otak
  5. Mengobati jerawat
  6. Menghaluskan kulit wajah
  7. Mengatasi diabetes
  8. Menyeimbangkan jumlah cairan
  9. Mengobati sakit maag
  10. Mencegah penyakit jantung
  11. Memperlancar sistem pencernaan dan banyak lagi.

 

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Artikel Terkait

Ternyata Pisang Bukan Buah, berikut penjelasannya!!
27 Juli 2018

Komentar