Logo Eventkampus

Microsoft Access

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Microsoft Access

Microsoft Access

 

Pengertian Microsoft Access

 

Apa itu Microsoft Access ? Microsoft Access adalah program aplikasi basis data (database) yang dikeluarkan oleh Microsoft dalam satu paket Microsoft Office.

Apa itu database ? Database (basis data) yaitu kumpulan informasi yang secara sistematik disimpan dalam komputer sehingga dapat diperiksa oleh software komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Sejarah Microsoft Access

Microsoft Office Access versi 1.0 dirilis pada 13 November 1992,lalu Mei 1993 oleh 1,1 Akses untuk meningkatkan kompatibilitasd ari produk Microsoft lain dan termasuk bahasa pemrogram Akses Dasar. Awalnya, perangkat lunak bekerja dengan baik dengan database yang relatif kecil tapi terdapat beberapa kondisi menyebabkan korupsi data . Sebagai contoh, file ukuran lebih dari 10 MB yang bermasalah (perlu diketahui bahwa sebagian besar hard disk lebih kecil dari 500 MB pada saat ini digunakan lebar), dan manual yang dibawanya memperingatkan bahwa beberapa keadaan di mana usang driver perangkat atau konfigurasi yang tidak benar menyebabkan kehilangan data . Microsoft Office Access database format aslinya adalah (Jet DB Database) juga telah berevolusi format termasuk akses 1.0, 1.1, 2.0, 7.0, 97, 2000, 2002, dan 2007. Yang paling signifikan adalah transisi dari Access 97 ke format 2000 Akses; yang tidak kompatibel dengan versi sebelumnya Access. Semua versi baru mendukung akses Access 2000 format. Fitur-fitur baru yang ditambahkan ke Access 2002 format yang dapat digunakan oleh Access 2002, 2003 2007, dan 2010. Di Microsoft Office Access 2007, sebuah format database baru diperkenalkan: ACCDB . ACCDB kompleks ini mendukung tipe data seperti multivalue dan bidang lampiran.

Fungsi Microsoft Access

Fungsi utama dari Microsoft Access adalah untuk menangani proses manipulasi data dan berperan dalam pembuatan sebuah sistem. Dengan hadirnya microsoft access ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar yang berkaitan dengan media untuk membuat aplikasi web dasar. Fungsi lain dari program microsoft access diantaranya :

  1. Untuk membuat program aplikasi berkaitan dengan jumlah peserta didik.
  2. Untuk membuat laporan keuangan.
  3. Untuk membuat program aplikasi gaji karyawan.
  4. Untuk membuat form dan sub form.
  5. Untuk membuat basis data (database).
  6. Untuk membuat program aplikasi penyimpanan buku perpustakaan.
  7. Untuk membuat program aplikasi daftar hadir.
  8. Untuk membuat program aplikasi persediaan barang (inventory), dan juga fungsi-fungsi tambahan lainnya sesuai dengan tujuan penggunaan microsoft access.

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Komentar