Logo Eventkampus

6 MANFAAT BUAH KERSEN (TALOK)

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
6 MANFAAT BUAH KERSEN (TALOK)

6 MANFAAT BUAH KERSEN (TALOK)

Di masyarakat Jawa pohon ini dikenal dengan nama pohon talok. Buahnya otomatis bernama buah talok. Ada juga yang bilang kersen.

Pohonnya rimbun dengan daun-daun yang kecil sehingga bikin kesel jika sudah gugur karena akan mengotori tanah di bawah pohon.

Buahnya berwarna hijau dan menjadi merah ketika matang. Lebih sering dimangsa burung atau kelelawar. Padahal rasanya manis meski daging buahnya kecil dan tak umum kulitnya dimakan, sementara amat susah untuk mengupas kulitnya.

Nama Latin dari tanaman ini adalah Muntingia calabura. Tanaman ini sebenarnya mudah dan cepat tumbuh. Tingginya bisa mencapai 10 meter.

Meski terkesan diabaikan, namun tanaman ini memiliki banyak manfaat. Terlebih buahnya. Julia F Morton dalam bukunya “Fruits of Warm Climates” tahun 1987, menguraikan, setidaknya, ada 12 jenis senyawa yang terkandung dalam buah talok.

Setiap 100 gr buah talok terkandung:

Air: 77,8 g Serat: 4,6 g Vitamin C (antioksidan): 80.5 mg
Lemak: 1,56 g

Zat besi: 1,18 mg ?Karotin: 0,019 mg
Protein: 0,324 g Fosfor: 84 mg Niacin: 0,554 mg
Kalsium: 124,6 mg Vitamin B1 (Tiamin): 0,065 mg Riboflavin: 0,037 mg

Selain itu ada juga manfaat buah kersen (talok) tersebut antara lain:

1.sebagai anti radang

            Buah kersen (talok)  juga sangat berkhasiat dalam mencegah peradangan serta dapat membantu dalam menurunkan demam, hal ini di karenakan buah kersen dapat berfungsi sebagai antiinflamasi.

2.mengatasi asam urat

            Mengkonsumsi Buah kersen (talok)  secara rutin setiap hari dapat bermanfaat dalam mengobati asam urat, karena kandungan buah kersen dapat menormalkan asam urat di dalam tubuh sehingga asam urat kembali nomal.

3.sebagai anti septic alami

            Mengkonsumsi Buah kersen (talok)   atau meminum rebusan daun buah kersen dapat berkhasiat dalam membunuh microba yang berbahaya serta dapat digunakan sebagai antiseptic untuk membunuh bakteri berbahaya seperti C. Diptheriea, S. Aureus, P, Vulgaris, S. Epidemidis dan K. Rizhophil

4.membantu kesehatan mata

            Buah kersen (talok)  juga ternyata dapat meningkatkan kesehatan mata, hal ini dikarenakan tingginya kandungan vitamin A dan betakaroten yang terdapat pada buah kersen sehingga daya penglihatan akan tetap terjaga.

5.mengatasi jerawat

            Buah kersen (talok)  juga dapat bermanfaat mencegah dan menghilangkan jerawat, caranya yaitu dengan mengoleskan buah kersen yang telah dihaluskan pada kulit wajah yang berjerawat. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur setiap malam, maka dalam beberapa kali perawatan jerawat akan hilang

6.membantu menurunkan berat badan

            Menurunkan berat badan juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah kersen secara rutin, karena buah kersen mengandung karbohidrat yang cukup sehingga dapat menahan lapar lebih lama

Penulis

foto wismaadiawang
wismaadiawang

Komentar