Logo Eventkampus

Hobi Belanja? Ini 7 Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Hobi Belanja? Ini 7 Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman

Banyak sekali alasan yang membuat masyarakat akhirnya memilih belanja online sebagai solusi pemenuhan kebutuhan hidupnya. Selain tidak perlu capek-capek pergi ke toko

dan memilih barang, beberapa keuntungan lain seperti kemudahan dalam belanja karena dilengkapi sistem yang baik, banyak pilihan toko dan barang kebutuhan, harga bersaing, dan proses pengiriman yang cepat juga menjadi alasannya. Bahkan, masyarakat juga dipermudah dengan fasilitas retur atau kembalikan barang jika pesanannya kurang sesuai.

Namun, bagaimanapun juga kita harus lebih waspada saat melakukan belanja online. Berikut ini beberapa tips belanja belanja online yang aman dan nyaman yang bisa kamu simak.

1. Pilih situs web yang sudah dikenal

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memilih situs belanja yang terpercaya dan sudah terbukti kualitasnya. Jangan terburu-buru melakukan pencarian melalui search engine misal “beli jam tangan murah”, karena bisa saja mesin pencarian akan mengarahkan kamu ke situs belanja yang kurang terpercaya, apalagi jika sudah melewati banyak halaman dalam search engine tersebut. Coba tanyakan pada teman mengenai situs belanja apa saja yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Pastikan juga kalau situs web ini memiliki reputasi yang baik dan tidak terlalu banyak komplain dari pelanggannya. Beberapa situs belanja terpercaya yang bisa kamu kunjungi di Indonesia adalah Tokopedia, Blibli, Lazada, Zalora, dan masih banyak lagi. Nah, untuk mempermudah dalam belanja di berbagai merchant terpercaya ini, kamu juga bisa melakukannya via ShopBack. Selain banyak merchant, kamu juga bisa mendapatkan cashback dari setiap transaksi yang dilakukan.

2. Perhatikan situs web dengan lebih detil

Jangan sekali-kali belanja apalagi menggunakan kartu kredit sebagai pilihan pembayaran pada situs belanja yang tidak mempunyai SSL (secure socket layer). Biasanya alamat situs belanja seperti ini akan diawali dengan “HTTPS://”, sedangkan situs belanja yang baik hanya diawali “HTTP://” saja. Selanjutnya, jangan pernah berikan informasi seputar kartu kredit melalui email, ya!

3. Jangan beritahukan informasi pribadimu

Tidak semua situs belanja online memerlukan informasi pribadi (termasuk di dalamnya adalah tanggal lahir dan nomor penting lainnya) untuk menjalankan bisnisnya. Maka dari itu, isilah beberapa informasi yang menurut kamu penting saja, ya!

4. Gunakan password yang kuat

Daripada menggunakan tanggal lahir atau nama kamu, ada baiknya untuk memikirkan hal lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai password untuk situs belanja yang dikunjungi. Buat seunik mungkin, namun tetap mudah kamu ingat. Kalau perlu, catatlah semua password kamu dalam sebuah note agar suatu saat kamu bisa menggunakannya kembali saat lupa.

5. Cek mutasi saldo setiap saat

Untuk menghindari kemungkinan buruk yang terjadi, seperti saldo berkurang secara tiba-tiba untuk barang yang tidak kamu beli, usahakan untuk mengecek mutasi saldo uang kamu secara rutin, ya. Jika terjadi keanehan, segera lapor ke bank terkait.

6. Go mobile!

Ada cara mudah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa belanja online meski sedang bepergian. Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi belanja dari situs belanja yang kamu pilih di smartphone kamu. Kamu juga bisa lho mengunduh aplikasi ShopBack secara gratis melalui Google Store atau App Store di handphonemu. Dengan begini, kamu bisa belanja di mana saja dan kapan saja tanpa harus ke toko atau situs webnya, bukan?

7. Lakukan di rumah dan gunakan gadget pribadi

Agar lebih aman, usahakan untuk melakukan aktivitas belanja online di rumah (jika belanja di situs web) dengan menggunakan komputer pribadi. Jika memang terpaksa menggunakan fasilitas umum, pastikan kamu melog out akun belanja agar tidak ada orang yang usil dan menggunakan akun belanja kamu untuk kepentingan mereka sendiri. Sedangkan jika kamu sedang mobile, pastikan juga untuk berbelanja dengan menggunakan akun pribadi di aplikasi belanja yang ada di gadget kamu, ya!

Penulis

foto Rizky Mahendra Giri Kuncoro
Rizky Mahendra Giri Kuncoro

Komentar