Logo Eventkampus

Hati-Hati, Makanan Ini Bisa Memperparah Infeksi Lambung

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Hati-Hati, Makanan Ini Bisa Memperparah Infeksi Lambung

Infeksi lambung bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah terlalu banyak minum alkohol, makan terlalu sering, atau karena asam lambung yang berlebihan. Nah, bagi kamu yang menderita penyakit ini, minum obat penyakit lambung bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri karena infeksinya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menghindari makanan berikut ini karena bisa memperparah infeksi lambung.

  1. Makanan berlemak. Untuk kamu yang suka mengonsumsi makanan-makanan berlemak seperti daging, produk olahan tinggi lemak, makanan yang digoreng, atau sayur berkuah santan, maka hati-hati, nih. Sebab makanan berlemak bisa memperparah infeksi di lambung, nih.
  2. Makanan manis. Senang mengonsumsi cake atau makanan manis lainnya? Well, siapa sih yang tidak suka? Memang, makanan manis punya banyak manfaat untuk tubuhmu, seperti menaikkan mood dan membuat bahagia. Hanya saja, jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan manis ini bisa membuat produksi asam lambung menjadi lebih tinggi.
  3. Sudah menjadi kebiasaan bagi mayoritas masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi teh atau kopi setiap harinya. Jika kamu termasuk salah satunya, baiknya mulai batasi kebiasaan ini, ya. Sebab kafein bisa memicu peningkatan asam lambung menjadi lebih tinggi dan membuat perut terasa kembung.
  4. Makanan mengandung gas. Beberapa jenis makanan seperti sayur sawi, kol, serta buah nangka ternyata mengandung gas yang cukup banyak sehingga bisa membuat kamu merasa begah dan tidak nyaman.
  5. Makanan pedas dan asam. Ini dia nih jenis makanan yang harus banget kamu hindari jika kamu memiliki infeksi lambung. Yap, pasalnya makanan pedas dan asam bisa mengiritasi lambung dan menambah kadar asam lambung. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan makanan berkuah asam, ya.

Itu dia beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena bisa memperparah infeksi lambung. Tidak hanya itu, jika kamu punya kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol, sebaiknya dihentikan juga, ya. Jaga gaya hidup agar tetap sehat, rutin olahraga, dan jangan lupa perhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bisa mencegah dan mengatasi infeksi lambung. Jika rasa sakit karena infeksi tak juga berkurang, kamu bisa lakukan pemeriksaan ke dokter. Semoga bermanfaat!

Penulis

foto Rizky Mahendra Giri Kuncoro
Rizky Mahendra Giri Kuncoro

Komentar