Langkah Yang Tepat Untuk Memulai Usaha

access_time | label Tips & Trik
Langkah Yang Tepat Untuk Memulai Usaha

Sudah bosan dan jenuh dengan rutinitas kerja ikut orang lain atau sebuah perusahaan?

Apakah anda berfikir untuk mempunyai sebuah usaha?

Bila jawaban dari pertanyaan diatas adalah iya, maka kita harus mengetahui dan mempelajari langkah-langkah yang tepat untuk memulainya. Karena jika tidak, usaha yang kita jalankan bisa-bisa malah menjadi rugi.

Berikut akan saya paparkan langkah-langkah yang tepat untuk memulai usaha:

Cari referensi

Saat memulai usaha, lihat dan pelajari di sekeliling dan carilah contoh sukses tentang bisnis yang ingin anda jalankan,. Setidaknya anda punya gambaran bagaimana anda mau melangkah, dan bagaimana cara mengatur usaha anda.

Cari partner

Karena usaha  mempunyai resiko yang cukup tinggi, maka carilah partner yang mengetahui seluk beluk tentang usaha yang akan anda jalankan.

Bekerja keras

Istilah kasarnya adalah perbudak diri sendiri. Dengan bekerja keras tak mengenal lelah, anda akan merasakan kenikmatan apabila suatu saat usaha anda berkembang dengan pesat. Dan tanpa kerja keras, mungkin usaha anda akan mengalami kegagalan. Dan uang yang sudah anda investasikan akan terbuang sia-sia.

Waktu adalah uang

Perhitungkan waktu yang anda habiskan untuk menjalankan usaha, karena waktu juga merupakan modal pokok dalam berbisnis. Hitung untung ruginya setiap kita mau melangkah. Dengan demikian tidak akan ada waktu yang erbuang secara percuma.

Utamakan pelayanan

Utamakan pelayanan atau servise terlebih dahulu daripada harga. Konsumen atau nasabah yang akan dilihat adalah pelayananya terlebih dahulu, maka dari itu usahakan melayani konsumen kita dengan sebaik-baiknya, ibarat kata pembeli adalah raja. Karena dengan pelayanan yang baik, maka konsumen akan merasa dihargai.

Ketahui modal awal

Anda harus mengetahui dan menghitung modal yang akan digunakan untuk memulai sebuah usaha. Ini menentukan dalam menghitung harga produksi nantinya.

Beriklanlah di sosmed

Teknologi memudahkan kita dalam memasarkan produk. Sosial media salah satunya. Dengan memanfaatkan sosmed, baik facebook, tweeter, atau yang lain, usaha atau produk anda akan dengan cepat dikenal orang. Ini efektif, selain ongkosnya yang murah, pengoperasianya juga tidak rumit.

Cari mitra yang terpercaya

Usaha takan berjalan tanpa mitra, baik sebagai suplier atau pemasaran, juga sebagai konsumen. Sasaran dari mitra yang tepat dan terpercaya, maka anada akan lebih mudah mengelola usaha anda, karena anda di kelilingi orang yang tepat.

Jadilah yang terbaik

Optimis dan percaya, bahwa usaha yang anda jalankan adalah produk terbaik. Dengan kepercayaan yang tinggi, maka anda tidak akan menjalankan usaha anda dengan setengah-setengah.

Itulah langkah-langkah yang tepat untuk anda yang akan memulai usaha. Berusaha dan berdoa adalah kunci kesuksesan anda.

Penulis

foto Rizky Mahendra Giri Kuncoro
Rizky Mahendra Giri Kuncoro

Share

Komentar