Logo Eventkampus

Cara Bedakan Barang Original dan Barang Tiruan (KW)

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Bedakan Barang Original dan Barang Tiruan (KW)

Bisa memiliki tas, baju, atau sepatu bermerek memang satu kebanggaan tersendiri. Apalagi kalau barang beremerek yang kamu miliki tergolong langka. Vintage atau second pun tak masalah, yang penting kualitas nomor satu.

 

Tetapi jangan keburu senang kalau bisa mendapatkan barang bermerek dengan harga miring, ya. Jangan sampai kamu jadi sasaran korban penipuan karena barang bermerek palsu. Tetapi membedakan barang bermerek asli dan palsu kadang memang tidak mudah. Terutama kalau si pemalsu cukup ahli dalam membuat tiruan produk.

1. Lihat jahitan

Tas, dompet, pakaian, atau jenis aksesoris lain yang bermerek biasanya dibuat dengan sangat hati-hati, bahkan sampai ke jahitan terkecil. Karena itu perhatikan baik-baik kerapian jahitannya. Kamu tidak akan menemukan jahitan yang berantakan pada produk bermerek yang asli. Barang bermerek yang asli biasanya juga dijahit rangkap dengan rapi.

2. Lihat pola pada bahan 

kulit Desainer biasanya akan membuat tas, dompet, atau sepatu dari kulit asli yang berkualitas. Kamu bisa membedakan kulit asli dan palsu ini dengan beragam cara. Kulit asli biasanya memiliki motif pori yang tidak beraturan, lembut, dan beraroma khas kulit hewan dan bahan penyamak.

 

3. Perhatikan kualitas ritsleting 

Ritsleting pada barang bermerek asli biasanya cukup kuat dan terbuat dari logam yang bagus. Ritsleting biasanya disertai logo yang sama dengan merek barang. Tetapi barang palsu pun kadang memiliki ciri yang sama. Untuk membedakannya, coba tarik ritsleting. Ritsleting pada barang yang asli biasanya tidak akan mudah tersangkut.

 

4. Cek logo Saat membeli barang bermerek terkenal, perhatikan baik-baik logonya dan bandingkan dengan produk yang akan kamu beli. Biasanya akan terdapat perbedaan yang mencolok dari bordiran logo atau posisi huruf.

Untuk logo yang terbuat dari logam, perhatikan pemasangannya. Logo yang asli biasanya rata dengan permukaan tas atau dompet. Sementara yang palsu akan menyembul dari permukaan barang karena hanya dilem dengan cara biasa.

5. Cek kancing 

Pakaian bermerek yang orisinal biasanya memiliki kancing yang khusus dilabeli merek produk. Selain itu di label baju yang tersembunyi di bagian dalam biasanya disertakan kancing cadangan.

 

6. Cek label 

Pastikan penulisan kata pada label, tag, dan guarantee card benar. Produk yang asli biasanya ditulis dengan nama negara tempat pembuatan (misalnya Made in Italy), bukan kota (Made in Milan).

 

7. Cek barcode dan nomor seri 

Barcode pada produk yang asli biasanya akan mengarahkan kita ke situs resmi perusahaan jika discan. Kamu juga bisa mengecek keaslian nomor seri di beberapa situs otentifikasi produk bermerek yang bisa kamu googling dengan mudah.

 

8. Perhatikan kualitas packaging 

Dustbag atau kantong kain pembungkus produk yang asli biasanya jauh lebih bagus daripada produk palsu. Dustbag disertai logo resmi, silica gel, dan masih disertai dengan buku petunjuk perawatan.

 

9. Kain pelapis dalam 

Produk tas dan dompet tak jarang dilengkapi kain pelapis pada bagian dalam. Kain pelapis ini biasanya memiliki motif khas yang dijahit dengan hati-hati. Motif pada kain pelapis barang orisinal tidak akan terbalik letaknya.

 

10. Cermati harga

 Cara paling mudah dan paling efektif untuk membedakan barang asli dan palsu adalah dengan mengecek harganya. Barang yang diklaim asli namun dijual dengan harga sangat miring jelas palsu.

 

Itulah beberapa cara efektif untuk membedakan barang bermerek yang asli dan

palsu.

Penulis

foto Rizky Mahendra Giri Kuncoro
Rizky Mahendra Giri Kuncoro

Komentar