Logo Eventkampus

Cara Jitu Mengatasi Sariawan

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Jitu Mengatasi Sariawan

Meski sariawan tidak berbahaya, rasa perihnya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sariawan pun bisa sangat lama sembuhnya, sekitar satu sampai dua minggu. Maka, bukannya tidak mungkin sariawan bikin Anda jadi tidak nafsu makan dan malas berbasa-basi dengan orang sekitar.

Cepat atasi sariawan membandel dengan berbagai pilihan obat sariawan ampuh berikut ini:

1. Madu

Madu adalah salah satu pilihan obat sariawan alami yang cukup ampuh. Caranya cukup dengan mengoleskan madu di atas sariawan tersebut.

Dilansir dari Prevention, madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan. Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian asal Saudi Arabia terhadap 94 partisipan yang rutin mengoleskan madu pada sariawan di mulut mereka selama empat hari berturut-turut.

2. Air garam

Berkumur dengan air garam selama kurang lebih 1-2 menit menit dapat meredakan sariawan tanpa obat. Garam memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk mencegah sariawan Anda berkembang makin parah. Garam juga membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain sebagai obat sariawan alami, garam bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut.

Untuk membuat air larutan garam, cukup tambahkan satu setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Aduk rata dan kumur-kumur air di dalam mulut. Jangan ditelan. Segera buang setelah selesai dan bilas dengan minum air putih. Ulangi berkumur air garam untuk beberapa kali dalam sehari sampai sariawan terlihat mengempis.

3. Kelapa

Kelapa diyakini mampu menjadi obat sariawan di lidah atau di bibir. Kelapa bekerja mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan. Kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh, yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat sariawan alami sebenarnya cukup mudah. Campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa, lalu oleskan ramuan tersebut di luka sariawan Anda. Ulangi sebanyak 3-4 kali dalam sehari, sampai sariawan mulai tampak mengempis.

4. Kantong teh bekas

Mengompreskan kantong teh bekas juga bisa Anda jadikan obat sariawan di lidah dan bibir. Kantong teh bersifat basa dapat menetralisir lingkungan mulut yang asam agar tidak memperburuk rasa sakit akibat sariawan tersebut.

Daun teh mampu melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan. Terlebih, sisa teh yang diseduh dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi, menurut American Academy of Periodontology.

Caranya cukup dengan menempelkan kantong teh celup bekas pakai selama kira-kira lima menit pada sariawan Anda.

5. Lidah buaya

Satu sariawan di lidah bisa membuat seluruh mulut Anda terasa tak nyaman dan panas. Untuk itu, siapkan daun lidah buaya asli dan cuci sampai bersih sebagai obat sariawan di lidah. Kemudian, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan Anda. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali sehari. Lidah buaya ampuh untuk menghilangkan sariawan di lidah karena fungsinya sebagai antiperadangan dan pereda nyeri yang alami.

6. Es batu

Dalam beberapa hari, sariawan di lidah bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar sariawan cepat kempis dan sembuh, Anda bisa mengompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut. Rasa sejuk es batu bisa menjadi obat sariawan alami yang meringankan rasa nyeri. Jika sulit, kulum es batu pada bagian lidah yang sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut.

7. Menghindari makanan asam

Makanan asam dapat memperburuk peradangan dan menyebabkan kerusakan permukaan jaringan lunak tubuh. Maka, batasi dulu porsi makanan asam Anda selama sedang sariawan. Gantikan dengan sayuran hijau yang rasanya netral atau manis, susu, air kelapa, dan teh. Pilihan makanan dan minuman ini tidak bersifat asam sehingga aman untuk sariawan Anda.

8. Kumur pakai obat kumur

Tidak semua obat kumur bisa dijadikan obat sariawan, lho! Kebanyakan produk obat kumur di pasaran hanya bisa mengobati sariawan ringan dan dangkal, misalnya karena tergores makanan atau lidah tergigit saat mengunyah. Beberapa sariawan tertentu yang diakibatkan infeksi bakteri juga masih termasuk

Peneliti di University of Pennsylvania mengatakan sampai saat ini belum ada obat kumur yang benar-benar ampuh sebagai obat sariawan. Namun, pastikan obat kumur yang Anda pilih mengandung salah satu dari empat hal di bawah ini untuk mengobati sariawan:

·         Zat antiseptik/antibiotik, untuk membunuh bakteri di sekitar luka

·         Zat antihistamin atau anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan dalam mulut

·         Zat antijamur untuk mengurangi pertumbuhan jamur dalam mulut

·         Zat kortikosteroid untuk mengobati peradangan akibat sariawan

Tentu saja Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab sariawan yang Anda alami untuk mengetahui obat kumur dengan kandungan apa yang tepat untuk mengatasi sariawan tersebut.

9. Obat kortikosteroid

Kadang, mencari obat sariawan di lidah yang ampuh itu cukup sulit. Jika berbagai obat sariawan alami di atas tidak cukup, Anda bisa mampir ke apotek atau toko obat terdekat untuk membeli obat kortikosteroid yang bisa melawan peradangan dan meredakan nyeri. Biasanya obat kortikosteroid untuk sariawan tersedia dalam bentuk salep mulut, obat kumur, atau obat minum.

 

Penulis

foto Rizky Mahendra Giri Kuncoro
Rizky Mahendra Giri Kuncoro

Komentar