Logo Eventkampus

PENYEBAB DAN PANTANGAN BAGI PENDERITA MAAG

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
PENYEBAB DAN PANTANGAN BAGI  PENDERITA MAAG

PENYEBAB DAN PANTANGAN BAGI  PENDERITA MAAG

Penyakit maag sangat banyak sekali di alami oleh masyarakat karena kelalaiannyan pada pola makan yang tidak teratur. Banyak masyarakat yang menyepelekan pola makan seperti menunda nunda waktu makan dan mengkonsumis makanan yang tidak sesuai dengan aturan makan . Hal hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti asam lambung, kekurangan cairan tubuh , maag , dan lain lainnya . Pada artikel ini saya akan menjelaskan pantangan mengkonsumsi makanan bagi penderita maag.  

Maag merupakan penyakit yang sangat menggangu aktifitas , hal ini di sebabkan rasa sakit yang terdapat di bagian perut , penyakit ini dapat menjadi lebih parah jika penangannanya tidak tepat. banyak juga makanan yang dapat memperparah penyakit maag karena kandungan yang terdapat di dalamnya.  

Berikut adalah penyebab muncuknya penyakit maag di dalam tubuh kita :

1.       Kadar asam yang tinggi

Mengkonsumsi makan makanan yang mengandung asam tinggi yang menyebabkan asam dalam tubuh meningkat.

2.       Makan sebelum tidur

Mengkonsumsi makanan sebelum tidur dapat menyebabkan sakit maag karena grafitasi dari posisi terbaring saat posisi tidur yang menyebabkan asam lambung masuk kembali ke tengorokan.

3.       Cara makan dan pola makan yang tidak benar.

Mengkonsumsi makanan tidak sesuai aturan dapat menjadi pacuan beberapa jenis penyakit salah satunya maag.

4.       Terlalu banyak mengkonsumsi susu dan olahan susu.

 

Berikut adalah pantangan makanan bagi penderita maag :

1.       Kurangi Mengkonsumsi daging merah

Mengkonsumsi daging merah  dapat menimbulkan penyakit maag, karena kandungan yang terdapat pada daging merah yaitu protein merupakan jenis kandungan yang sulit di cerna.  Jadi butuh waktu yang lama untuk mencerna. Hal ini menyebabkan daging lebih lama berada di perut menimbulkan banyak asam yang membuat maag menjadi lebih parah.

2.       Makanan Pedas dan Berlemak

Makanan ini dapat memicu timbulnya penyakit maag karena kandungan zat zat yang berada di dalamnya. Mengkonsumsi makanan ini juga dapat menimbulkan rasa emosi yang tinggi .

3.       Susu dan prokduksi olahan susu

Pantangan yang satu ini memang sangat sulit di lakukan karena banyak makanan yang bahan dasarnya terbuat dari susu.

4.       Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada lambung dan saluran pencernaan , hal ini dapat meningkatkan kemungkinan penyakit maag . pantangan ini harus benar benar di hindari agar penyakit maag anda tidak menjadi kronis atau lebih parah lagi .

5.       Kopi

Kopi dapat mengiritasi dan meningkatkan kandungan asam lambung yang memicu sakit maag, hal ini di yakini banyak orang dan di buktikan oleh peneliti tampa terkecuali kopi non kafein .

6.       Makanan dan minuman asam

Makanan dan minuman asam seperti lemon , saus tomat , limau, jeruk , jus anggur , pir dan lain lain ini sebaiknya tidak terlalu sering di konsumsi oleh penderita penyakit maag mengingat kandungan masam di dalamnya .

7.       Jus Nanas & jus anggur.

Jus nanas & jus anggur mengandung banyak asam yang dapat membuat pencernaan yaitu lambung menerima kandungan masam yang sangat banyak, hal ini menyebabkan penyakit salah satunya maag.

8.       Donat dan kentang goreng.

sekian artikel yang dapat saya buat, semoga bermanfaat untuk kalian yang menderita penyakit maag, semoga cepat sembuh dan jangan lupa baca artikel selanjutnya yaaa , terimakasih J

 

 

 

 

 

Penulis

foto Nunik.Dws
Nunik.Dws
SMK N Matesih

Komentar