Logo Eventkampus

CARA MEMBERSIHKAN SEPATU BERDASARKAN BAHANNYA

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
CARA MEMBERSIHKAN SEPATU BERDASARKAN BAHANNYA

CARA MEMBERSIHKAN SEPATU BERDASARKAN BAHANNYA

                                                                                                                                                                          

Sepatu merupakan salah satu penunjang bagi penampilan kita sehari-hari. Kita nggak bakal PD juga kan kalau pergi mengenakan sepatu yang kotor dan dekil, wkwk . sepatu yang kotor tidak hanya mengandung banyak bakteri dan kuman, tapi juga merusak penampilan kita. Nah kali ini, kita akan membagikan tips dan cara membersihkan sepatu berdasarkan bahannya. Berdasarkan jenisnya, sepatu terdapat beberapa jenis yaitu sepatu olahraga, flat shoes, boot, sneakers, dan lain sebagainya. Berdasarkan bahanya, terdapat sepatu kulit, kanvas, suede, dan rajut.

1.       Cara membersihkan sepatu olahraga

Sepatu olahraga di desain khusus dan di buat dengan bahan yang khusus pula. Bersihkan sepatu olahraga menggunakan sikat gigi, dan gunakan deterjen untuk bahan pembersihannya. Paska pembersihan sepatu, pastikan area dengan bahan yang berbeda tidak terkena sikat. Pertama, sikat sepatu menggunakan sikat khusus  agar debu rontok perlahan. Lalu, celupkan sikat gigi kedalam larutan satusendok detergen dan segelas air, gosokkan pada bahan karet, janga sampai terkena kain sepatu. Gunakan spons basah atau kain basah untuk menghilangkan busa.

2.       Cara membersihkan sepatu kulit

Membersihkan sepatu kulit sangatlah mudah. Bersihkan sepatu kulit dengan menggunakan sikat yang halus, jika kotoran sudah hilang, lap permukaan sepatu dengan kain yang halus. Jika kotoran susah hilang, gunakan air atau busa detergen untuk membersihkannya. Caranya cukp mudah, selupkan kain halus ke air dengan campuran detergen, kemudian ambil busanya untuk membersihkan kotoran yang menempel di sepatu kulit. Untuk membuat sepatu mengkilap, gunakan semir sepatu.

3.       Cara membersihkan sepatu berbahan suede

Sepatu berbahan suede   biasannya jangan sampai terkena air, jika sudah terlanjur terkena air segera keringkan dengan kipas atau hair dryer. Membersihkan sepatu yang berbahan suede kita bisa menggunakan sikat gigi yang berbulu sangat halus. Untuk membersihkan depu atau nida yang menempel pada sepatu, cukup gosokkan sikat agar noda yang menempel pada sepatu rontok. Kalian juga bisa memanfaatkan karet penghapus berwana putih untuk membersihkan noda pada sepatu kesayangan anda. Caranya cukup gosokkan karet penghapus. Simpan sepatu di tempat yang ejuk dan tidak lembab.

4.       Cara membersihkan sepatu bahan kanvas

Sepatu yang berbahan kanvas sangat mudah kotor. Tips untuk membersihkan sepatu yang berbahan kanvas kita membutuhkan bebapa alat, diantaranya sikat sepatu atau sikat cuci, kemudian detergen, dan air secukupnya.  Caranya cukup mudah, gosokkan dengan sedikit keras pada bagian sepatu yang  terdapat noda membandel. Setelah di sikat secara menyeluruh, bersihkan buda dengan air dengan cara di siram sedikit demi sedikit.  Gunakan gumpalan koran untuk membantu proses pengeringan sepatu pada bagian dalam.

5.       Cara membersihkan sepatu rajut

Sepatu rajut kini telah menjadi sepatu yang paling banyak di mintai remaja masa kaini bahkan sampai ibu ibu pun. Cara merawat dan membersihkan sepatu rajut cukup mudah. Siapkan detergen dan air secukupnya, kemudian rendam sepatu rajut dengan air hangat dan campuran detergen secukupnya saja.  Gunakan sikat yang lembut untuk membersihkan noda yang menempel pada sepatu rajut kesayangan kalian. Sikat perlahan saja agar bahan sepatu rajut tidak rusak. Jangan menggunakan sikat yang kasar karena bisa menimbulkan kerusakan pada bahan sepatu rajut. Bilas sepatu rajut hingga bersih. Kemudian rendam di dalam air dengan campuran pewangi. Lalu keringkan sepatu rajut dengan mesin pengering.

Penulis

foto Fardilla Yuliningrum
Fardilla Yuliningrum
SMK NEGERI MATESIH

Komentar