Logo Eventkampus

Ingin Tau Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan?

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Ingin Tau Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan?

Teh merupakan,salah satu minuman paling populer di dunia. Tak hanya itu banyak penelitian yang mengungkapakan bahwa teh hijau menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat teh hijaupun sangatlah banyak, Teh hijau juga mengandung zat antioksidan yang dipercaya ampuh menolak racun yang akan masuk kedalam tubuh. Antioksidan juga dapat dipercaya memperbaiki sel-sel yang rusak, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh, mencegah kanker, mengurangi kolesterol dalam darah dan melancarkan sirkulasi darah.

Sejak ribuan tahun lalu, teh hijau telah dikenal sebagai minuman berhkasiat. Hingga sekarang, penelitian mengenai teh hijau masih terus dilakukan. Menurut sebuah penelitian, teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang menyumbang sekitar 30% dari berat daun teh hijau kering.

Selain itu, teh hijau atau daun teh hijau yang telah melalui proses pengeringan memiliki kandungan 40% polifenol. Selain zat ini dapat memerangi  kanker payudara, zat ini juga diyakini dapat menurunkan resiko kanker lambung, paru-paru, dubur, pankreas, usus besar, dan hati.

Teh hijau juga mengandung vitamin E dan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh yaitu untuk memperkuat daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan kesehatan rambut.

Berikut ini manfaat daun teh hijau bagi kesehatan tubuh Anda, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

1. Dapat menurunkan resiko kanker

Kandungan Zat antioksidan yang tinggi didalam teh hijau diketahui bahwa dapat menurunkan resiko berbagai jenis kanker. Diketahui bahwa kerusakan oksidatif berkontribusi terhadap perkembangan kanker, misalnya kanker prostrat, kanker payudara, kanker usus dan kandungan zat antioksidan didalam teh hijau mampu menangkalnya.


2. Mampu meningkatkan fungsi  otak

Teh hijau juga mengandung bahan aktif yaitu kafein yang berguna untuk mendukung fungsi otak. Jika saat kafein masuk ke dalam otak, maka kafein akan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut dengan Adenosine. Didalam tubuh akan terjadi penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmitter seperti dopamine dan norepinefrin, Hasilnya fungsi otak akan meningkat.


3. Menurunkan resiko diabetes

Dengan manfaat teh hijau dapat menurunkan resiko diabetes. Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa mereka yang rajin minum teh hijau memiliki resiko 42% lebih rendah untuk terkena diabetes.


4. Mengurangi resiko penyakit kardiovaskular

Penyakit ini termasuk penyakit jantung dan stroke, penyakit seperti ini bisa dicegah dengan manfaat daun teh hijau. Si peminum teh hijau dapat memiliki resiko untuk terkena penyakit kardiovaskular lebih rendah 31%


5. Dapat meningkatkan kesehatan oral

Katein yang terkandung dalam teh hijau mamberi manfaat untuk mendukung kesehatan mulut dan gigi. Beberapa penelitian telah menghasilkan bahwa zat katekin ini akan membunuh bakteri Streptococcus mutans dalam mulut yang menyebabkan pembentukan plak dan menurunkan resiko gigi berlubang.

 

Cara yang tepat dalam penyeduhan teh hijau ini dengan tidak menambahkan gula ke dalam olahan minuman teh hijau yang akan anda minum.

 

Cara Menyeduh Teh Hijau Dengan Benar

  Ambil satu sendok makan teh hijau kurang lebih 10 gram lalu masukkan kedalam satu liter air mendidih, tutup rapat dan biarkan 5 – 10 menit tunggu hingga siap diminum. Lalu untuk membuat segelas cukup satu sendok teh atau kerang lebih 2 gram.

Jika ingin lebih terasa manfaat dari teh hijau ini, dianjurkan minum teh hijau secara teraatur setiap hari 3 sampai 5 kali dalam sehari.

  

Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Komentar