Logo Eventkampus

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Daging Bebek Bagi Kesehatan Tubuh

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Daging Bebek Bagi Kesehatan Tubuh

Daging bebek merupakan daging yang gurih dan lezat, namun daging bebek juga memberikan banyak kolesterol yang buruk bagi tubuh. Bila ada sisi negatif pasti ada postifnya pula. Apakah makan daging bebek sehat? Mari kita lihat dulu apa saja nutrisi yang terkandung didalamnya.

Nutrisi yang terkadung dalam Daging Bebek

Satu potong daging bebek ( 45 gram ) terdapat 150 kalori, 13 gr lemak, dan 7 gr protein seimbang dengan 45 gr daging ayam.

1.     Lemak pada daging bebek

85 gr daging bebek yang telah dimasak tanpa kulit terdapat 4 gram lemak jenuh, serta mengandung 75 mg kolesterol. Dan bila,  85 gram daging bebek yang telah dimasak dengan kulit terdapat 8 gram lemak jenuh dan 70 mg kolesterol. sekitar 25 persen dari yang disarankan yaitu 300 mg kolesterol per harinya untuk orang dewasa yang sehat. Bila Kamu memiliki riwayat penyakit jantung atau kolesterol tinggi, batasi  kolesterol di tubuh Kamu dalam waktu sehari hari Kamu sampai 200 mg per hari.

2.     Vitamin dan mineral pada daging bebek

Daging bebek terdapat kandungan vitamin dan mineral yang sangat melimpah. Termasuk, zat besi, zink, selenium, vitamin B, kalium, serta fosfor.

Bahkan daging bebek juga memberikan sumber zat besi yang sangatlah baik bagi tubuh, yaitu zat besi heme. Itu merupakan kelompok zat besi yang sering ditemukan pada daging, tidak hanya dalam daging bebek, Namun juga pada daging sapi ,ayam, serta ikan. Zat besi ini sangat mudah untuk diserap oleh tubuh Kamu daripada zat besi non-heme yang ditemukan dalam makanan nabati. Zat besi mengatur berbagai aktivitas metabolik, membantu mengatur pertumbuhan sel, dan membantu dalam produksi enzim tertentu dalam tubuh.

Daging bebek juga terdapat vitamin B12 dan B6. Vitamin B membantu tubuh Kamu untuk menghasilkan energi dari makanan yang Kamu makan.

Selain itu semua, terdapat zink dan selenium adalah komponen yang tidak bisa ditinggalkan. Keduanya berfungsi untuk meningkatkan sistem imun Kamu

3.     Protein dalam daging bebek

Protein adalah zat yang sangatlah dibutuhkan oleh tubuh Kita. Fungsi dari protein yang utama adalah sebagai zat pembangun bagi tubuh. Protein membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan untuk melawan infeksi. Dalam 100 gr daging bebek terdapat 55 persen kebutuhan protein dalam satu hari bagi Kamu.

 

Beberapa manfaat daging bebek bagi kesehatan

 

1.     Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh rentan terkena penyakit disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang kurang. Mineral zinc yang terkandung dalam daging bebek baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

2.     Mencegah penyakit anemina

Daging bebek memiliki kandungan zat besi yang sangat berguna untuk memenuhi hemoglobin didalam tubuh. Dengan hemoglobin telah terpenuhi dengan baik maka akan sangat kecil peluang tubuh terkena anemia

3.     Melacarkan system kerja saraf

Sistem kerja saraf sewaktu-waktu dapat terjadi kerusak dan dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal bagi kesehatan. Daging bebek terdapat kandungan vitamin asam pantotenat yang baik untuk system kinerja saraf. 

 Manfaat daging bebek sangatlah baik bagi kesehatan tubuh. Namun harus Kamu ingat  mengonsumsi yang secukupnya.

 

 

Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Komentar