Logo Eventkampus

Tanaman Penyebab Kanker Darah

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Tanaman Penyebab Kanker Darah

Baru-baru ini diisukan ada tanaman penyebab kanker darah yaitu tanaman dolar. Kanker darah biasa disebut dengan Leukimia, yaitu berupa penyakit yang dapat menyerang sel darah putih pada tubuh. 

Penyebab penyakit leukemia sangat beragam, biasanya muncul di usia dini yang di sebabkan oleh perkembangan sel darah putih yang tidak normal. 

Jika seseorang terkena leukemia maka akan menyebabkan berbagai macam gejala seperti pendarahan, anemia dan mudah terserang infeksi. 

Kanker ini merupakan satu dari semua jenis kanker yang mempunyai tingkat kematian yang cukup tinggi. Bagaimana tidak, karena diserangnya jaringan darah akan membuat daya tahan tubuh penderitanya menurun darstis.

Benarkah tanaman DOLAR dapat menyebabkan kanker?

Mengingat isu yang beredar tentang hal ini tentunya membuat resah masyarakat. Pasalnya banyak orang yang menggunakan tanaman ini sebagai hiasan untuk halaman rumah. Bahkan ada kabar lagi bahwa dinegara lain banyak yang memusnahkan dan membakartanaman ini.

Tanaman ini berasal dari benua afrika dengan nama latin zamioculcas zamiifolia, tanaman ini mampu tumbuh di tanah yang kering dan berbatu tidak perlu repot repot untuk merawatnya. Maka dari itulah tanaman dolar sering dijadikan tanaman hias.

Perlu diingat bahwa tanaman ini mengandung kalsium oksilat yang dapat membuat gatal pada kulit, tapi itu terjadi hanya pada orang orang yang mempunyai kulit sensitive saja. Dan tidak semua orang yang terkena tanaman dolar akan merasakan gatal gatal.

Tapi disekitar Tanzania terdapat suku bernama suku Sukuma yang sering menggunakan tanaman dolar untuk menyembuhkan luka luar seperti obat koreng dan kulit. Bahkan  di daerah Malanje Tanzania tanaman ini sering dijadikan untuk obat masalah pada telinga.

Mendengar bukti tersebut maka membuat orang kembali meragukan isu tersebut, karena tanaman ini ternyata dapat menyembuhkan berbagai macam luka. Pada suatu penelitian juga menyatakan bahwa pada tumbuhan dolar tidak mengandung karsinogen, melainkan ada kandungan asam kafeat yang bisa mengobati kanker. Maka dari itulah isu tersebut dibantah dengan tegas karena adanya bukti dari penelitian tersebut.

Intinya penyebab leukimia belum dapat dipastikan karena apa, namun leukimia bisa berkembang karena factor lingkungan dan factor genetik.

Penulis

foto CASPER
CASPER
SMK TAURUS

Komentar