Logo Eventkampus

Bahan Alami Mengatasi Rambut Rontok

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Bahan Alami Mengatasi Rambut Rontok

Bahan Alami Mengatasi Rambut Rontok

Memiliki rambut yang sehat adalah dambaan setiap orang. Maka tak heran jika rambut menjadi salah satu anggota tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Terutama bagi wanita, perawatan rambut menjadi rutinitas yang tak boleh tertinggalkan. Bahkan sebagian dari mereka rela menghabiskan banyak uang untuk perawatan rambut agar terlihat indah.

Masalah yang sering dialami jika memiliki rambut lebat ialah rambut rontok. rambut yang rontok juga bisa disebabkan karena memilih shampoo yang salah dan kurang menutrisi rambut. Rambut rontok dapat di cegah dengan:

1.       Saripati jahe

Salah satu cara alami mengurangi rambut rontok ialah dengan menggunakan saripati jahe. Caranya sangat mudah, gosokkan jahe yang sudah di blender ke kulit kepala dan biarkan selama 30 menit atau di diamkan semalaman setelah itu bilas dengan air bersih.

2.       Kayu manis

Kayu manis mengandung gizi gula, vitamin A, protein, karbohidrat, dan senyawa antioksidan yang mampu mengobati kerontokan rambut secara alami. Caranya campurkan bubuk kayu manis dengan minyak zaitun dan di tambah dengan madu, setelah itu oleskan pada kepala dan diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

3.       Santan kelapa

Kelapa dianggap mampu menjadi pelembab alami untuk rambut. Salah satu cara yaitu dengan mengoleskan santan ke akar rambut dan diamkan hingga 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4.       Bawang

Blender bawang merah atau putih hingga lembut tanpa menggunakan air, oleskan pada kepala dan diamkan sekitar 30 menit atau diamkan selama seharian kemudian bilas dengan air bersih.

5.       Bubuk cabai

Cabai rawit mengandung capcaisin yang bisa meningkatkan aliran darah dan bisa mengatasi keronntokan rambut. Caranya, campurkan bubuk cabai dengan minyak zaitun, lalu usapkan di kepala dan diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

6.       Daun bunga rosemary

Rosemary memiliki sifat antiseptik yang kuat yang mampu mengobati ketombe dan infeksi yang semuanya bisa menimbulkan resiko kerontokan pada rambut. Caranya dengan mengoleskan minyak rosemary pada rambut, karena mengandung antibakteri dan antioksidan yang unggul sehingga membuat rambut cepat tumbbuh kembali.

7.       Lidah buaya

Selain bermanfaat untuk kerontokan, lidah buaya juga bisa membuat rambutmu lebih berkilau, menghilangkan ketombe, dan membuat rambut lebih lembab. Caranya dengan membersihkan rambutmu terlebih dahulu, oleskan lidah buaya yang telah dikupas kulitnya ke kepala  dan diamkan beberapa saat, setelah itu bilas hingga bersih.

8.       Jus akar bit

Umbi berwarna ungu ini mengandung vitamin C, vitamin B, protein, karbohidrat, fosfor, kalium dan kalsium yang bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok dan dapat melancarkan sirkulasi darah. Caranya dengan mengkonsumsi jus akar bit ini agar rambutmu terawat dan sehat selalu.

9.       Daun sage

Daun sage dipercaya sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat salah satunya untuk mengatasi masalah rambu rontok dengan mudah. Caranya rebus 1 liter air hingga mendidih, kemudian masukkan daun sagenya dan dinginkan selama 30 menit sambil diaduk secara perlahan. Gunakan air rebusan tersebut untuk membilas rambut.

10.   Jus lemon

Lemon memiliki kadar PH rendah yang efektif untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan mengurangi minyak penyebab rambut tidak sehat di kepala. Selain itu, lemon juga dapat menghilangkan ketombe di kepala.

Demikian di atas bahan-bahan alami yang digunakan untuk mengatasi rambut rontok. rawatlah rambut sebaik mungkin, gunakan jenis shampoo yang cocok untuk karakter rambut anda supaya tetap sehat dan tidak mudah rontok.

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar